Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Merapi Live View Supported by XL

UPDATED : live streaming merapi sudah dapat dinikmati di LIVE STREAMING MERAPI

Mohon maaf karena ada PLN blackout di sekitar merapi, live streaming belum bisa dinikmati, karena IP camera juga ikut mati. Jarak aman juga ditingkatkan pemerintah menjadi 20 km, sehingga sepertinya lokasi ip kamera juga akan dipindah. Tim XL sedang berupaya sebaik mungkin agar ip camera bisa online kembali sampai situasi kembali memungkinkan

merapi snapshot

Tampak pada gambar di atas adalah pandangan ke arah Merapi dari posko pengungsi di Hargobinangun. Lokasi inilah yang paling jauh yang dapat dicapai tim XL karena sudah tidak diperbolehkan mendekat lagi ke lokasi oleh pihak berwenang.

Ip Camera yang digunakan adalah merk TP-Link tipe SC3171 dan diletakkan pada monopole setinggi 3 m, menghadap ke arah Merapi

Beberapa hari yang lalu posko XL mendapat kunjungan dari Bp. Gatot S. Dewo Broto (Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo) beserta staff, dan XL mendapatkan apresiasi dan sudah dilaporkan ke Bp. Menkominfo sebagai “Operator Seluler Pertama” yang paling tanggap dan ready pada saat terjadi bencana Merapi. Bravo XL
tim xl merapi

IP Camera, How It Works

IP Camera merupakan perangkat seperti kamera biasa yang bisa menangkap dan merekam gambar situasi namun memiliki fitur dapat di dihubungkan melalui jaringan IP. Dengan memiliki keunggulan ini, IP camera dapat ditempatkan di lokasi yang jauh dan dapat di remote view melalui jaringan LAN. Bahkan dapat dikembangkan lebih jauh lagi bila IP camera terhubung dengan internet, maka gambar yang ditangkap IP camera dapat disaksikan oleh siapa saja dan di mana saja asal terhubung dengan internet.

Untuk case Merapi Live View ini paket data IP dilewatkan melalui jaringan GSM XL yang berbasis PDH network. Oleh karena itu membutuhkan converter dari ethernet (IP based) dan E1 (sebagai satuan terkecil PDH).

desain jaringan ipcamera

Berikut penjelasan dari gambar di atas:
1. Gambar ditangkap IP camera dan diubah menjadi paket data berbasis IP
2. Karena masih berbasis IP dan akan dilewatkan ke jaringan GSM berbasis PDH, maka dibutuhkan converter Ethernet to E1
3. Sesudah paket data IP camera ditumpangkan ke jaringan PDH, kemudian di-routing-kan ke arah last mile yang memiliki akses internet dan IP public. Last mile dalam hal ini adalah posko Hargobinangun. Routing data ini masih bersifat physical E1. Agar paket data IP camera dapat dilihat melalui internet maka diperlukan IP public dan untuk melewatkan data dari jaringan lokal dibutuhkan router yang bertugas untuk mem-forward paket data melalui port forwarding.

4. Data capture camera dapat diakses melalui internet melalui komputer, laptop maupun handphone

IP camera tipe ini juga memiliki fitur mobile view, artinya memiliki kapabilitas untuk dilihat melalui handphone khususnya 3G phone yang mendukung video streaming melalui protokol RTSP (Real Time Streaming Protocol).

Akhir kata, semoga dengan implementasi Live View Merapi ini dapat membantu memantau aktivitas Merapi dengan cara yang aman, dan semoga dapat membantu semua pihak. Amin

Note: Bagi yang ingin menyumbang korban bencana alam merapi, dapat melakukan langkah mudah yaitu dengan mengirim SMS sbb:
Ketik MERAPI kirim ke 5000 (pulsa akan terpotong Rp5000,-) atau
Ketik MERAPI kirim ke 2000 (pulsa akan terpotong Rp2000,-)
Hanya buat pelanggan XL ya ….

Incoming search terms:

desain jaringan lokal, ip addres cctv merapi, ip cctv sawungsari, live view kominfo cctv
24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!