Menampilkan Tab Screensaver yang Hilang di Windows XP

Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan dan menggunakan komputer/laptop sebagai fasilitas perusahaan tersebut, kadang mengalami pengalaman yang kurang mengenakkan karena komputer Anda terlalu cepat ‘terkunci’ screensaver. Saat Anda ingin mengubah setting screensaver, ternyata tab screen saver sudah di-disable oleh administrator kantor Anda secara remote. (Cat : Untuk melihat setting display properties, klik kanan pada dekstop Anda, kemudian pilih ‘Properties’ ).

tab screensaver tidak ada

tab screensaver tidak ada

Untuk menampilkan kembali tab screen saver yang hilang, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Dari Start Program, pilih ‘Run…’ dan ketik regedit. Setelah itu akan muncul window dari program ‘Regedit.EXE’.

2. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System. Disebelah kanan terdapat nilai DWORD yang bernama “NoDispScrSavPage”. Jika datanya bernilai 1, ini artinya tab scrensaver Anda di-disable. Oleh karena itu ubahlah nilai tersebut menjadi 0 (nol) agar tab screensaver muncul kembali (enable)

nodispscrsavpage=1

nodispscrsavpage=1

Sampai di langkah, tab screensaver sudah muncul dan Anda sudah bisa mengganti tipe screen saver yang Anda inginkan. Namun Anda masih belum bisa mengatur ‘password protect’ saat screen saver muncul karena masih ‘abu-abu’ (disable). Jika anda menginginkan untuk mengaktifkan menu ini, silahkan dilanjut ke langkah ketiga sebagai berikut :

3. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\Control Panel\Desktop. Kemudian hapuslah nilai
“ScreenSaverIsSecure” di window sebelah kanan. Caranya dengan meng-klik kanan nilai “ScreenSaverIsSecure” dan pilih menu ‘delete’.

delete screensaverissecure

delete screensaverissecure

Tunggu beberapa saat atau restart komputer Anda. Kini tab screen saver sudah aktif dan menu pengaturan password protect screen saver juga sudah aktif. Sekarang Anda bisa mengatur screen saver sesuka Anda :-)

tab screensaver sudah tampil

tab screensaver sudah tampil

Incoming search terms:

screensaver windiws xp tidak bisa, setting screensaver xp hilang

ajie

Hai. Saya suka menulis tentang hal-hal yang berbau teknologi. Kompetensi saya di pemrograman Delphi, Android dan Arduino. Sedang memperdalam pemrograman PHP, javascript, JQuery, AJAX dan sejenisnya. Hobi juga jalan-jalan :)

2 thoughts on “Menampilkan Tab Screensaver yang Hilang di Windows XP

  1. Mohon bantuannya….yang saya alami screensaver sudah saya setting sudah saya aktifkan, tapi tidak muncul juga di monitor, saya nyalakan laptop semalam menunggu, tapi tdk ada perubahan, saya pake windows xp,
    makasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">