Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

WinPAD, Tablet PC dengan Citarasa Netbook

winpadSetelah beberapa waktu mendapat profit dari jual saham, kini saatnya untuk berbelanja gadget terbaru. Pilihan jatuh pada tablet PC yang sekarang lagi naik daun di pasaran. Tablet PC merupakan perangkat komputasi mobile yang memiliki ciri ringan, layar sentuh, resolusi layar 7 – 10 inch,  dan biasanya sudah diinstal perangkat lunak untuk keperluan bisnis (office) dan networking melalui internet (facebook, twitter, dll). Tablet PC secara umum hampir sama dengan netbook, kecuali dengan perangkat inputnya yang meniadakan mouse dan keyboard yang diganti dengan perangkat touchscreen.

Kebanyakan tablet PC yang beredar belakangan menggunakan OS (Operating System) Android (Samsung Galaxy Tab, Motorolla Xoom), iOS (Apple) maupun WebOS (HP TouchPad). Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jarang ada tablet yang menggunakan OS Windows, karena sejatinya OS Windows diperuntukkan untuk PC, notebook maupun netbook. Oleh karena itu penulis mencoba me-review tablet PC pilihan penulis sebagai ‘tablet PC citarasa netbook’. Disebut tablet karena bentuknya yang kecil dan multi touch, serta menggunakan Windows 7 sebagai OS-nya.

Adalah WinPAD, yang digadang-gadang sebagai ‘IPAD killer’ karena dengan harga yang lebih murah sudah mampu berfungsi layaknya netbook yang ber-OS Windows 7 dan memiliki port USB. Winpad ini adalah nama pasarannya, yang berasal dari kata Windows Pad. Nama atau merk sesungguhnya adalah M1Touch yang merupakan produk Cina (www.m1touch.com). Sekali lagi kita harus mengakui kedigdayaan teknologi Cina, Indonesia kapan ya ???. Kembali lagi ke topik, dengan OS Windows kita bisa menginstal semua aplikasi yang sehari-hari kita pakai beraktivitas seperti MS-Windows (Word, Excel, Powerpoint), Winamp, Flash Player, Acrobat Reader, dll. Tentunya kita semua sudah familiar dengan software-software tersebut. Ini tentu akan sangat membantu pekerjaan kita dengan satu tambahan credit point : menyelesaikannya dalam sebuah gadget yang mungil dan keren!

Berikut adalah review dari Winpad. Layarnya beukuran 10,1 inch tipe wide screen, jadi agak memanjang, beda dengan iPad yang melebar walaupun sama-sama 10 inch. Namun tipe touch screennya sudah mengadopsi teknologi kapasitif, jadi sifatnya multi touch atau sentuhan dengan lebih dari satu titik, dan satu lagi : benar-benar responsif. Dengan karakteristik multitouch Anda dapat melakukan zoom in dan zoom out  (memperbesar dan memperkecil tampilan layar) dengan cara baru yakni dengan melakukan “pinch” atau mencubit layar. Keren bukan? Kabarnya m1touch ini memesan layar touchscreen di pabrik yang sama dengan ipad. Untuk konektivitas winpad sudah dipersenjatai dengan WIFI, Bluetooth dan modem 3G internal. Kalau modem 3G internal sebenarnya fitur tambahan karena default pembelian adalah tanpa modem internal. Namun dengan menambah uang kita sudah dapat menikmati berselancar di dunia maya tanpa ada stick USB yang ‘keluar’. (Sekali lagi) keren bukan? Selidik punya selidik ternyata di motherboard winpad ini memiliki slot miniPCI, jadi kita dapat dengan mudah menambah sendiri modem 3G internal yang bertipe miniPCI. Kelebihan menggunakan modem internal adalah minimnya penggunaan daya listrik sehingga dapat menghemat penggunaan baterai, jika dibandingkan dengan modem eksternal. Sedangkan Simcard yang digunakan di modem internal ini adalah tipe biasa bukan yang tipe micro Simcard seperti pada ipad.

Processor Winpad sudah di atas 1 GHz lebih tepatnya 1,66 GHz dan menggunakan processor Intel Atom N450, sama seperti netbook kebanyakan. Untuk storage data, winpad jagonya, tablet lain ngga’ ada mengalahkan. Harddisk bawaan berukuran 250 GB, sungguh sangat besar untuk kelas tablet. Bayangkan Ipad maksimal hanya memiliki storage 64 GB, sedangkan Samsung GTab hanya 4 GB. Apalagi harddisk yang digunakan merupakan harddisk dengan port SATA, dengan mudah kita dapat mengupgrade-nya sendiri sesuai kebutuhan, karena harddisk yang digunakan sama seperti harddisk SATA pada netbook kebanyakan. Sedangkan memori (RAM) yang digunakan beukuran 1 GB dan upgradable, jadi Anda dapat melakukan multi tasking dengan smooth dan ringan. Hmmm, benar-benar seperti netbook biasa ya…

Winpad ini juga memiliki port untuk handshaking dengan dunia luar seperti 3 buah port USB, 1 port mini HDMI, dan sepasang port Line in-Line out untuk speaker dan microphone. Cukup lengkap bukan? Dengan port USB Anda bisa menambah device lain yang Anda perlukan seperti USB mouse, USB keyboard (penulis menggunakan keyboard flexible), external harddisk, flashdisk, modem 3G eksternal, dll. Sangat-sangat customable untuk ukuran tablet PC. Sedangkan port mini HDMI digunakan untuk menghubungkan winpad dengan perangkat display lain seperti TV LCD, proyektor untuk presentasi dll. Bagi Anda yang sering melakukan presentasi saat seminar atau training, gadget yang satu ini sangat cocok untuk menambah style Anda 🙂 . Untuk multimedia, Anda tinggal mencolokkan kabel speaker aktif Anda ke port Line in Winpad, sehingga sensasi suara 3D akan mampir ke telinga Anda. Sedangkan untuk chatting, jangan kuatir karena sebuah kamera internal berkualitas VGA telah disematkan di hadapan Anda sehingga Anda dapat melakukan internet video call dengan teman Anda dengan mudah.

Tak ada gading yang tak retak. Setalah penulis mengulas habis berbagai kelebihan winpad, kini saatnya kekurangan winpad diungkapkan. Kekurangan yang pertama terletak pada daya tahan baterai. Dengan kekuatan 2200 mAH, baterai winpad hanya mampu menghandle pekerjaan Anda sampai dengan 2 jam. Cukup merepotkan jika Anda sedang bepergian jauh dan tidak ada colokan listrik. Namun Anda dapat mengatasinya dengan membeli baterai cadangan atau baterai eksternal untuk sekedar menambah ‘nafas’ winpad. Anda dapat membandingkan dengan ipad yang mampu bertahan di angka 10 jam dan Samsung GTab yang berada di kisaran 4 jam. Kekurangan yang kedua terletak pada beratnya yang hamper mencapai 1 kg. Cukup berat untuk ukuran tablet. Anda bisa membayangkan dengan dengan ipad yang super ringan dengan 0,44 kg dan Samsung GTab yang memiliki bobot 0,45 kg. Winpad ini mungkin agak kurang cocok bagi kaum wanita yang akan mengeluh karena memang winpad ini agak berat namun dapat dengan mudah diatasi dengan membawanya dengan tas. Dan yang terakhir, kekurangan yang terakhir adalah terletak pada OS nya sendiri. Seperti yang kita ketahui OS Windows sangat rentan dengan virus, malware, adware yang sangat mengganggu. Namun Anda dapat dengan mudah menginstal antivirus kesukaan Anda. Dan jika masih bandel juga virusnya Anda dapat dengan mudah pula untuk menginstal ulang windows-nya.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, sekarang tergantung pada kebutuhan Anda sendiri sebelum membeli gadget/tablet. Jika Anda ingin gadget yang ringan dengan grafis yang mumpuni namun minim konektivitas, dan harga relatif mahal Anda bisa memilih ipad. Jika Anda membutuhkan tablet yang kecil, memiliki dual camera dan bisa melakukan fungs handphone seperti SMS, call dan video call, sepertinya pilihan Anda akan jatuh pada Samsung Galaxy Tab. Namun Anda harus menebusnya dengan harga yang cukup mahal. Dan terakhir jika Anda membutuhkan kemudahan-kemudahan seperti layaknya menggunakan laptop yang ber-OS Windows namun berukuran kecil dan touch screen, dan dengan harga yang lebih ‘miring’, maka WINPAD ini sangat cocok untuk anda.

Berapa harga yang harus Anda tebus demi sebuah winpad. Cukup Rp 4.999.000 Anda sudah dapat membawa pulang tablet impian Anda dengan fitur lengkap (sudah ada modem 3G internal). Cukup murah bukan??? Dalam paket pembelian Anda akan mendapat leather case stand (winpad dapat anda sandarkan pada leather case ini), CD driver, dan  1 unit charger, sedangkan kabel mini HDMI to VGA harus Anda beli secara terpisah.

Spesifikasi :

CPU / Processor / Hard drive

  • Intel(R) Atom(TM) N450 @1.66GHz
  • Intel NM10
  • 1GB RAM (upgradeable)
  • 250GB Hard drive (5400rpm)

Networking

  • WiFi wireless, IEE 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
  • Internal 3G WCDMA\TD-SCDMA\CDMA2000 Modem (optional)

I/O Port

  • 1*Two in one Audio Port
  • Microphone port
  • Headphone port
  • 3*USB 2.0
  • Mini HDMI to VGA
  • 1*DC port

Audio Device

  • VIA High Definition Audio
  • Headphone Output
  • Microphone Input

Others

  • Auto rotate (G Sensor)
  • Webcam 1,3 MPix

Operating System

  • Windows 7

Incoming search terms:

harga winpad, memperkecil keyboard touch windows, harga ipet winpad, harga ipad winpad, tablet windows 10 inch murah, winpad terbaru, driver window tablet merk cina, harga tablet winpad 7, harga touchscreen winpad, harga winpad 10
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!