Cara Mudah dan Gratis Membaca File PDF di Blackberry

Membaca ebook di laptop/tablet tentu menyenangkan. Nah, bagi Anda yang kepikiran membaca ebook atau file lain yang berformat pdf (Portable Document Fomat)di Blackbery, tentu akan kecewa karena file pdf tidak bisa dibuka / dibaca di Blackberry handset, karena memang di Blackberry tidak ada aplikasi pdf reader sebagai aplikasi bawaan. Jika ingin menginstalnya, Anda harus merogoh sekitar $9,9 (Rp 90 ribu-an) untuk membelinya di Blackberry Applicaton World.

Namun, ada cara lain yang mudah dan gratis agar file pdf bisa terbaca di Blackberry, bahkan tanpa instal aplikasi apapun! Bagaimana caranya? Berikut petunjuknya.

Yang pertama, tentunya Anda harus berlangganan BIS (Blackberry Internet Service)/BES (Blackberry Enterprise Service) terlebih dahulu. Blackberry tanpa BIS/BIS ibarat sayur tanpa garam, fitur – fitur canggih Blackberry jadi tidak berguna (tinggal buat gaya-gaya-an doang :-)  ).  Yang kedua buat dua  email yang memiliki service POP3 (yang gratisan misalnya gmail atau yahoo), salah satunya daftarkanlah di Blackberry sebagai push email. Pastikan service push email Anda sudah jalan.  Kemudian kirim file pdf sebagai attachment dari email yang tidak terdaftar di Blackberry melalui internet ke alamat push email yang telah terdaftar tadi. Tunggu beberapa saat sampai email yang tadi Anda kirim sampai ke Blackberry handset sebagai push email. Setelah itu bukalah file attachment yang berisi file pdf, dan ……… akhirnya Anda bisa membaca file pdf di Blackberry. Alhamdulillah :-)

Jadi, inti dari trik ini adalah membaca file pdf sebagai attachment di email, jadi Anda harus mengirimnya terlebih dahulu sebagai email :-). Agak ribet memang, tapi yang jelas cara ini gratis, tanpa perlu instal aplikasi, dan tidak melanggar hak cipta (bukan bajakan).

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *