Membuat Alarm Anti Maling untuk Sepeda Motor dengan G-Sensor

Ketika menimang – nimang Winpad dan mencoba – coba fitur auto rotate-nya, hmm jadi terbersit ide baru : Membuat Alarm Anti Maling untuk Sepeda Motor dengan G-Sensor. Lho kok, apa hubungannya? xixixixi. Ngga tau, tiba – tiba terlintas aja di pikiran :-) . Bagi para mahasiswa yang mau TA silahkan yang mau membuatnya, bagi para manufacturer sepeda motor jika menggunakan ide saya harap hormati HAKI hihihihi (ngarep.com).

Bermula dari leyeh leyeh di sofa, dan mencari posisi yang nyaman buat browsing, tak sengaja orientasi layar jadi berubah. Kalo dalam MS Word mungkin bisa dianalogikan portrait dan landscape, kurang lebihnya seperti itulah J. Fitur auto rotate / auto orientation sekarang memang lagi nge-trend, apalagi sejak kedatangan tablet PC semacam Galaxy Tab, iPad dan Winpad sendiri. Setiap pabrikan pasti tak lupa untuk menyematkan fitur baru ini. Hmmm hidup terasa lebih menyenangkan sekarang, Anda bisa mengubah orientasi layar hanya dengan memutar tablet PC 900 (atau lebih) sesuai keinginan Anda.  Bagi penggemar games balap mobil, pasti sensasi seperti menyetir mobil sendiri akan lebih terasa, karena tangan Anda akan dilibatkan secara aktif dalam permainan, jika Anda memutar tablet ke kiri mobil akan belok kiri, jika putar kanan mobil juga ikut ke kanan. Susah dech kalau dijelaskan, mending dicoba aja sendiri he he he.

Dari googling di internet ternyata secara fisik tablet PC dilengkapi dengan sensor tertentu agar mendukung fitur auto orientation ini. Sensor tersebut adalah sebuah accelerometer yang lebih populer disebut G – Sensor (bukan G – Spot lho :-)   ).  G sensor ini mampu mendeteksi perubahan orientasi kemudian ditangkap koordinat X – Y – Z- nya oleh prosesor tablet kemudian diterjemahkan oleh sistem operasi (bisa Android, iOS atau Windows 7) menjadi posisi yang diinginkan pengguna tablet. Jika memenuhi syarat settingan (derajat perubahan), maka layar akan berubah orientasi sesuai perubahan pergerakan orientasi. Jika masih bingung penjelasan saya, bisa lihat gambar di bawah, pasti Anda akan mengerti fitur auto rotate / auto orientation ini (ingat, lihat winpad-nya ya……jangan istri saya :-)   ).

Kembali  ke ide awal, sewaktu saya kuliah dulu, kos – kosan teman saya pernah mengalami kemalingan sepeda motor dengan cara yang tidak biasa, yakni dengat diangkat dan diangkut ke truk !!!. Heran satu kosan ngga ada yang dengar tuh motor – motor pada dicuri. Bukan cuma satu motor yang dicuri tapi tiga (atau lima ya, dah lupa, yang pasti lebih dari satu). Disirep kali ya satu kosan itu, sampai ngga ada satupun orang yang bangun. Kalau sudah kayak gini, alarm kendaraan secanggih apapun ngga akan mampu melawan maling model kayak gini hihihi. Nah, waktu menimang – nimang Winpad itulah, memori lama saya jadi muncul kembali, dan langsung muncul ide baru bagaimana jika sensor auto rotate ini saya pasang di kendaraan maka ketika digeser sedikit saja alarm akan bunyi, apalagi jika diangkut, pasti akan terjadi perubahan derajat pada sensor. Alarm modem begini yang ampuh mengatasi maling main angkut kendaraan target operasi. Sensor accelerometer ini sebenarnya sudah banyak di pasaran, tentu bukan sensor untuk konsumsi tablet. Jika Anda hobi elektronika, terutama mikrokontroller, Anda pasti sudah mengenal sensor ini. Bentuknya kecil, bulat, hitam, tinggal dihubungkan dengan sistem kontroler yang bisa menerjemahkan koordinat X – Y – Z sehingga bila terjadi perubahan derajat, kontroler tadi akan langsung menghidupkan alarm. Sistem kontroller yang digunakan bisa mikrokontroller atau bisa juga dengan rangkaian logika biasa.

Yang penting ketika kendaraan Anda sendiri yang pakai, alarmnya harus dimatikan, jangan sampai nanti alarmnya bunyi terus :-) , karena sensor ini sangat sensitif. Anda tertarik? Silahkan membuatnya. Kalau sudah jadi hubungi saya ya…..karena saya juga mau membelinya :-)


Share This Post

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

7 Comments to “Membuat Alarm Anti Maling untuk Sepeda Motor dengan G-Sensor”

  1. taufiq says:

    assalamu’alaykum..
    pak,sya berminat utk bikin ide tsb jd judul TA,sjalan dgn pmikiran sya :D
    yg mau sya tnyakn,utk type g sensornya sendiri,ap yah pak..
    mohon pencerahannya :)
    trimakasih.,

  2. dedy irvanata munawan says:

    wah istrinya cantik apalagi pak saptaji nya,hehe….maaf bercanda!saya dari pertama teurus mengikuti artikel anda dan semua bagus-bagus!sampai saya download 7G terminal nya..terus ber aspirasi dan berkarya pak saptaji…

  3. jarskym says:

    Finally i found your blog sir :) ,
    very informative and educative web, when i was reading some topics, so interested about this topics, and hope you will develop alarm anti hypnosis :) :), just kidding sir :) :)

  4. akukau says:

    bagus bagus nih artikelnya…soalnya mo bikin sms gateway nih..pokoknya sekitar AT command deh…thanks..

  5. yefta says:

    Tertarik pak, tapi kurang mengerti soal mikro,, hehehe :)
    TErimakasih Pencerahannya,,

Leave a Reply

Shopping Cart

Loading...

My Books

Buku App Web dg Delphi-Raudus buku delphi raudus

Buku SMS Gateway-Delphi buku SMS Gateway

Buku Android-Pascal buku Android-Pascal

Chat

Contact Me :

HP:081910026910 (WhatsApp ready)
PIN BB : 75E964C9
email : saptaji2011@yahoo.co.id
Facetime : saptaji@icloud.com

Recent Comments