Mau Setting Email di Blackbery tapi Lupa Password? Ini Solusinya

Bagi pelanggan Blackberry, layanan push email memang terasa menyenangkan. Layaknya SMS, email yang datang akan langsung tertampil dalam handset Blackberry. Sebagian dari kita mungkin tidak hanya men-define satu push email, bisa dua, tiga atau bisa juga lebih email dari provider yang berbeda.

Saat kita ingin meng-create push email baru dalam handset Blackberry kita, biasanya kita akan masuk ke menu Setup | Email Setting

Setelah itu kita akan menemui halaman login yang menanyakan username dan password kita di Blackberry (jika Anda baru pertama kali akan melakukan settingan email, Anda akan diminta untuk menciptakan satu username dan password).

Nah bagi Anda yang sudah melakukan settingan email dan ingin menambah layanan push email baru, pasti sebelumnya akan ditanyai username dan password seperti pada halaman di atas. Bagaimana jika kita lupa passwordnya? Di halaman login ada fitur ‘Forgot password?’, yang kalau kita klik maka password recovery akan dikirim ke email kita (tapi pengalaman penulis  mencoba fitur ini berulang kali, ternyata tidak ada password yang dikirim). Jika Anda mengalami hal yang sama dengan saya, mungkin Anda bisa mencoba solusi sederhana yang tidak sengaja saya temukan : Buka web browser, dan ketikkan http://xl.blackberry.com (jika Anda pengguna BIS – Blackberry Internet Service XL, untuk operator lain menyesuaikan).

Jika Anda pernah login menggunakan username dan password (pertama kali setelah define pasti login, kan), Anda akan dibawa langsung ke halaman setting email seperti gambar di bawah. Setelah itu Anda bebas melakukan settingan layanan push email Anda.

Hmmm, rupanya website BIS – nya masih menyimpan cookies login kita, jadi kita masih bisa ‘melewati’ proses autentifikasi username dan password di halaman login. Ini disengaja atau tidak oleh webmaster RIM, penulis juga enggak tau, yang penting masih bisa melakukan setting email-lah xixixixi.

Disclaimer. Tips di atas adalah berdasar pengalaman penulis, bisa jadi tidak berlaku untuk handset Anda karena suatu hal. Jika Anda mengalami pengalaman yang lain silahkan di-share di halaman comment. Pastikan juga layanan BIS / BES dari operator pilihan Anda sudah aktif.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *