Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

7G Terminal, Software Gratis Pengganti Hyper Terminal

Buat Anda yang ingin belajar AT COMMAND untuk membuat SMS Gateway atau sekedar hanya berkomunikasi dengan modem atau handphone dapat menggunakan software ini. Saya namakan software ini “7G Terminal”. “7” dalam bahasa sansekerta adalah “sapta”, dan “G” kalau dibaca dengan lidah orang Inggris adalah ‘ji’ jadi “7G” bisa dibaca “sapta-ji” (maksa.com xixixixi).

Software ini  bisa dikatakan versi lite dari hyper terminal, baik dari sisi fitur maupun ukuran file (hanya 500 kb). Untuk fitur sementara hanya bisa berkomunikasi dengan device melalui serial/COM port sementara hyper terminal selain bisa melewatkan data melalui COM Port juga bisa berkomunikasi melalui protocol TCP/IP (Winsock – Windows Socket). Tapi dengan fitur sederhana ini Anda sudah bisa belajar dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan modem/handphone yang support AT Command. Syaratnya cuma satu : modem/handphone tersebut harus memiliki  satu serial port (COM)sebagai ‘jalan masuk’ protokol komunikasi serial. Jika Anda menggunakan USB modem (3G/HSDPA) yang tidak memiliki port serial secara fisik, jangan takut, Anda masih bisa menggunakannya dengan ‘7G Terminal’ ini. Asal driver USB modem tersebut mampu menciptakan virtual serial port, maka USB modem tersebut dapat digunakan untuk SMS gateway dan kompatibel dengan software ‘7G Terminal’ ini. Cara mengetahui virtual serial port dari USB modem bisa Anda baca di artikel saya terdahulu.

Tanpa basa-basi, silahkan download ‘7G Terminal’ di sini. Software ini sifatnya portable, jadi tidak perlu menginstal, cukup double click saja software ini. Pun, jika ingin memindahkan software ini, cukup di-copy and paste di tempat baru. Cara menggunakan software ini juga sangat mudah, yakni tinggal melakukan setting parameter komunikasi serial (klik tombol ‘Setting’) dan klik tombol ‘Open’) untuk melakukan koneksi dengan device yang terhubung melalui serial port (COM) baik koneksi fisik maupun virtual. Setelah itu Anda cukup ketikkan perintah-perintah yang ingin Anda kirim melalui serial port dan tekan tombol enter, bila ada balasan dari device yang terhubung, maka data yang dikirim device tersebut akan langsung tertampil. Jika Anda sudah pernah menggunakan hyper terminal, Anda tidak akan kesulitan menggunakan software ini.

7G Terminal

Pada gambar di atas tampak saya sedang berkomunikasi dengan modem yang terhubung melalui port USB menggunakan AT Command. Software ini sebenarnya tidak terbatas hanya untuk aplikasi AT Command, namun bisa juga untuk meng-capture data lain yang masuk melalui serial port, misalnya jika Anda melakukan interfacing dengan mikrokontroller.

Semoga software ini bermanfaat buat Anda, terutama bagi Anda yang menggunakan OS Windows 7, karena sepertinya di Windows 7 sudah tidak menyediakan Hyper Terminal. Dan saya pastikan tidak ada virus, Trojan, malware di dalamnya. Bagi Anda yang sudah menggunakannya, mohon feedback jika Anda menemukan bugs atau semacamnya, dan bisa disampaikan ke email saya di ajie@saptaji.com

Tips : Jika Anda melakukan komunikasi menggunakan AT COMMAND dan tidak ingin command yang Anda berikan muncul dua kali, cobalah kirim command ‘ATE0’. Perintah ini akan mematikan fungsi echo (pengulangan perintah) di modem. Jika ingin memfungsikan kembali fungsi echo, cukup berikan command ‘ATE’.

Bersambung

Incoming search terms:

pengganti hyperterminal adalah, software selain hyperterminal, buat hp jadi 7g, aplikasi7G, aplikasi sejenis hyperterminal, aplikasi mirip hyperterminal, aplikasi hypeterminal untuk handphone, aplikasi hyperterminal android, aplikasi hiper terminal untuk android, aplikasi 7g
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!