Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Program Cek Pulsa Dengan Delphi

Ada kalanya kita ingin mengecek seberapa banyak pulsa yang tersisa di nomor simcard kita atau sekedar ingin tahu masa aktifnya. Jika Anda menggunakan handphone, ini sangat mudah dilakukan. Jika misalnya Anda adalah pelanggan XL, Anda hanya perlu men-dial nomor 123, nantinya Anda akan dituntun mesin penjawab telepon untuk mengetahui jumlah pulsa dan masa aktif nomor seluler Anda. Cara lain adalah dengan  mengetikkan kode *123# [enter/OK] melalui keypad handphone, maka Anda akan mendapat balasan berupa teks di layar handphone yang berisi informasi jumlah pulsa dan masa aktif nomor Anda.

Cara yang kedua ini disebut juga dengan  shorcode USSD (Unstructured Supplementary Service Data). USSD ini merupakan salah fitur yang dimiliki teknologi GSM yang memungkinkan user/customer untuk berinteraksi dengan USSD gateway di sisi operator melalui kanal (channel) signaling (SDCCH), jadi tidak mempengaruhi/mengurangi kapasitas TCH (Traffic Channel) yang digunakan untuk kanal suara (voice attempt). Berbeda pula dengan SMS yang menduduki dedicated channel  dan bersifat transaksional, USSD ini bersifat session oriented yang dibatasi oleh waktu. Jadi jika anda menggunakan fitur ini, waktu Anda akan dibatasi dan akan diputus oleh sistem jika Anda terlalu lama memberi respon. Jika Anda penasaran dengan fitur USSD, cobalah untuk mengakses tiap-tiap menu jika Anda menekan kode *123# (jika Anda pelanggan XL).

Nah, bagaimana dengan program yang akan kita buat? Kita tahu bahwa sebagian besar modem 3G (atau modem GPRS) yang beredar tidak memiliki fitur mendukung panggilan suara (telepon). Jadi satu-satunya cara bagi modem tipe ini adalah dengan menggunakan teknologi USSD untuk mengetahui sisa pulsa dan masa aktif nomor. Berikut ini adalah contoh program sederhana untuk melakukan pengecekan pulsa melaiui USSD. Inti dari program yang akan kita buat adalah memanfaatkan at command AT+CUSD. Command ini berfungsi untuk mengirimkan shorcode USSD kepada operator dengan syntax :

AT+CUSD=<n>,<str>,<dcs>

Dengan parameter-parameter sebagai berikut :

Parameter Nilai deskripsi
<n> 0 disable result code (jawaban) USSD gateway operator (default setting)
1 enable result code (jawaban) USSD gateway operator
2 Terminate USSD dialogue (mengakhiri session USSD)
<str> String/karakter USSD (contoh: *123#)
<dcs> integer Cell Broadcast Data Coding Scheme

Setelah Anda mengirim command USSD ke operator, Anda akan mendapat salah satu ‘jawaban’ (result code) sebagai berikut :

+CUSD=<m>

Dengan opsi  dari nilai <m> adalah sebagai berikut

0 Tidak ada langkah lanjutan yang diperlukan
1 Ada info/langkah lanjutan yang diperlukan
2 Dialog USSD berakhir
3 Ada respon dari client I/O USSD
4 Operasi/pilihan USSD tidak ada/tidak didukung
5 Network time out

Setelah kita mengetahhui sintaks penggunaan command AT+CUSD, marilah kita mulai pemrogramannya dengan Delphi. Penting untuk Anda ketahui bahwa akan lebih memudahkan Anda dalam mengolah jawaban/result code dari USSD, jika Anda menginisialisasi modem dalam mode teks, yakni dengan command AT+CMGF=1

Seperti biasa buatlah program Delphi baru, dan aturlah komponen-komponen berikut dalam sebuah form. Kemudian settinglah properties  tiap-tiap komponen seperti pada contoh berikut ini:

Komponen Properties nilai
Button1 Caption setting
Button2 Caption Open
Button3 Caption Cek pulsa
Memo1
Edit1
Label1 Caption Pulsa :
Label2 Caption USSD :
Comport1

desain program cek pulsa

Kemudian isikan source code berikut ke masing-masing Button1, Button2 sebagai berikut

Button1 digunakan untuk memanggil jendela pengaturan comport, sedangkan button2 digunakan untuk membuka koneksi dengan comport.

Selanjutnya, isikan button3 (‘Cek pulsa’) dengan source code sebagai berikut:

Button3 ini digunakan untuk mengirimkan shortcode USSD ke operator untuk melakukan pengecekan pulsa. Perhatikan pemakaian command ‘AT+CUSD’ di atas.

Dan berikut adalah baris program untuk handling result code dari USSD yang kita kirimkan. Baris program ini kita simpan di event ‘OnChange’ milik komponen Memo1.

Jangan lupa untuk menyisipakan program handling data serial yang masuk ke komponen Comport1 (melalui phisycal serial port/virtual serial port over USB) dengan baris program berikut di event ‘OnRxChar’ milik komponen comport1 sebagai berikut:

Sekarang mari kita coba program yang sudah kita buat tadi, beginilah hasilnya.

Program Cek Pulsa by ajie

Selamat mencoba dan happy programming.

Catatan : Cara menentukan virtual serial port untuk modem 3G, silahkan dibaca di sini. Jika Anda membutuhkan modem 3G yang support AT Command, silahkan belanja disini

Incoming search terms:

ussd comport delphi, Delphi Membuat aplikasi Cek pulsa, cara cek pulsa dengan delphi, cek pulsa gammu comport delphi 7, membuat ussd gateway dengan delphi, cara membuat perintah ussd di delphi, cek pulsa delphi, cara mengatasi ussd not respon, cara penulisan hù, cek pulsa comport di delphi
54 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!