Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Voucher Iklan Gratis dari Google Adwords

Alhamdulillah, bulan Ramadhan memang bulan penuh rahmat. Tak disangka, tiba-tiba datanglah sepucuk surat langsung dari Google sono di rumah (mertua). Kaget? Tentu saja, perasaan juga nggak ngapa-ngapain, kok dapat ‘surat cinta’ dari Google.

Penasaran, dibacalah satu persatu, lembar demi lembar surat tersebut, yang ternyata adalah hadiah dari Google berupa kode kupon/voucher gratis untuk mengiklan di Google Adwords dari Google Inc. Rupanya saya mendapat voucher gratis tersebut karena saya (atas nama istri) terdaftar sebagai pengguna Google Adsense. Mungkin menurut Google, kunjungan di blog/toko online istri saya termasuk bagus dan presentasi klik iklan Adsense termasuk dalam kategori ‘sehat’. Jika Anda penasaran dengan toko online istri saya, Anda dapat mengunjungi http://widyabusanamuslim.com . Di sana Anda dapat memilih berbagai macam busana muslim yang trendi dan modern. Cocok untuk berlebaran euy (mode ngiklan : on).

[spoiler title=”voucher”]

voucher google adwords

[/spoiler]

Mungkin sebagian dari dari Anda, masih ada yang bingung antara Google Adwords dan Google Adsense. Jalan terbaik adalah langsung membaca source-nya di Google. Kalau boleh saya summary-kan, kurang lebih pengertian Adwords dan Adsense adalah sebagai berikut:

Google Adwords adalah sarana bagi kita (publisher/pengiklan) untuk mengiklankan produk kita ke mesin pencari Google. Jadi di sini kita membayar Google untuk menampilkan iklan kita di mesin pencari Google. Sedangkan Google Adsense justru sebaliknya. Web/blog/toko online kita berfungsi sebagai media untuk menampilkan iklan dari publisher (pengiklan) yang terdaftar di Google. Jadi jika ada pengunjung web kita dan mengklik iklan yang tertampil di web kita, maka kita akan dibayar sesuai dengan biaya iklan perklik

 

Jika Anda masih bingung, mungkin gambar berikut akan lebih deskriptif (karena gambar lebih bermakna dari 1000 kata,  kata Einstein he he he)
[spoiler title=”contoh Google Adwords”]

adwords

[/spoiler]

Google Adwords akan selalu muncul di page one Google Search. Sebagai contoh jika kita mencari informasi tentang ‘busana muslim modern’ dan kita ketikkan keyword tersebut di mesin pencari Google maka akan tertampil informasi seperti gambar di atas. Agar web Anda bisa tampil di rangking satu di mesin pencari Google maka Anda harus melakukan optimasi atau yang sering disebut sebagai SEO (Search Engine Optimation).  Kalau Anda bukan praktisi internet tentu Anda mengalami kesulitan untuk melakukan SEO tersebut. Nah jika Anda memiliki budget untuk beriklan, Anda tidak perlu bersusah payah melakukan SEO, cukup bayar sekian dolar iklan Anda akan tampil di halaman pertama mbah Google. Ternyata dari sinilah pendapatan Google sehingga bisa menjadi perusahaan nomor satu dunia yang berbasis Internet!.

Saya yakin dari gambar dan penjelasan di atas, Anda sudah paham dengan Google Adwords. Lalu, bagaimana dengan Google Adsense? Berbeda dengan Adwords, Anda harus memiliki web agar bisa menjadi pengguna Adsense. Tak mudah juga menjadi member Adsense. Web Anda harus selalu update dan memiliki konten menarik agar mengundang orang untuk datang ke web Anda dan mengklik iklan. Google Adsense merupakan salah satu alternatif program PPC (Pay per Click). Jadi Anda akan dibayar Google jika ada orang mengklik iklan di web Anda. Ingat disini kejujuran sangat penting, jangan sekali-kali Anda mengklik iklan di web Anda sendiri.  Google akan mengetahui karena mereka memiliki algoritma canggih untuk mendeteksi kecurangan Anda. Saya pikir reputasi Google sudah cukup untuk meyakinkan Anda akan hal ini, right? Lagian kita sebagai seorang muslim juga dilarang berbuat curang, bukan? Oke, jika Anda tertarik untuk mendapatkan uang dari Google Adsense, silakan mendaftar sebagai member. Setelah itu Anda akan mendapat script code yang bisa langsung di-embed ke web Anda. Kurang lebih beginilah tampilan dari Google Adsense
[spoiler]

adsense

[/spoiler]

Jika Anda memiliki web yang cukup ramai pengunjungnya, sebaiknya Anda monetize dengan Adsense. Siapa tahu Anda beruntung mendapat banyak dollar dari sana atau setidaknya mendapat voucher Adword gratis seperti saya. Selamat mencoba.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!