Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Aplikasi SMS to Tweet Dengan Delphi

Teman-teman, saya ada aplikasi yang cukup menarik yakni SMS2Tweet. Sesuai namanya aplikasi ini berguna untuk men-tweet setiap SMS yang masuk ke SMS server secara otomatis ke dalam satu akun twitter yaitu @diskusibebas. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan info-info tertentu kepada semua follower akun @diskusibebas. Jadi misalkan ada Mr. X (bisa siapa saja) mengirim SMS ke server SMS, maka info tersebut akan di-tweet oleh program sehingga semua follower @diskusibebas akan mendapat info dari Mr. X. Akan sama halnya jika Mrs. Y mengirim info ke SMS Center. Semua follower @diskusi bebas akan mendapat info tersebut. Jadi sifat dari aplikasi adalah ‘many sender to many follower’ atau banyak input ke banyak output. Sementara komunikasi hanya berjalan satu arah, artinya dari pengirim SMS ke follower Twitter @diskusibebas. Jika ingin berdiskusi, Anda harus menjawabnya dengan mengirim SMS ke SMS server. Oh ya, nomor SMS server untuk aplikasi ini adalah 087824199479. Silahkan dicoba ya…..gratis kok 🙂

Aplikasi SMS2Tweet ini saya tulis dengan program Delphi 7 (seperti biasanya 🙂 ). Namun maaf, source code-nya belum bisa saya share di sini. Inti dari aplikasi ini adalah menggunakan component TWebbrowser, dan sedikit trik agar bisa berkomunikasi dengan server Twitter 😉 . Jika Anda penasaran, silahkan cari di Google, pasti ada banyak informasi di sana. Saya juga yakin Anda bisa membuatnya 😉 baik dengan Delphi atau program development yang lain .Kalau untuk handling SMS-nya, sudah saya share source code-nya di artikel-artikel saya sebelumnya, jadi tinggal modifikasi saja.

Info yang masuk di akun twitter @diskusibebas juga saya tampilkan di blog saya ini, yang bisa Anda lihat di home http://saptaji.com, di sebelah kanan, di bawah shoutbox. Jadi Anda bisa langsung tahu kalau SMS Anda sudah di-tweet di akun ini. Saya harapkan sih, anda mau jadi follower @diskusibebas supaya Anda bisa mendapat info langsung lewat akun twitter Anda sendiri. Kalau handset Anda ada aplikasi twitter mobile, dan bisa push notifikasi (seperti Blackberry), hmmm hasilnya sungguh dahsyat, karena bisa interaktif dengan teman-teman Anda di belahan dunia yang lain.

Semisal Anda memiliki komunitas sendiri atau Closed Group dan ingin menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan private, Anda bisa menghubungi saya. Jadi misalnya Anda memiliki komunitas pecinta Android, kemudian Anda dan anggota grup ingin berbagi info tentang trik, fitur atau berbagi info aplikasi gratis maka Anda share di akun twitter tertentu (misalnya @Androidlover) melalui SMS. Kemudian seluruh komunitas pecinta Android tersebut harus menjadi follower @Androidlover untuk mendapat sharing info dari anggota grup yang mengirimkan  SMS.

Incoming search terms:

aplikasi notifikasi sms dengan delphi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!