Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengaktifkan Indikator SMS Masuk

Jika Anda sedang mencoba program ini atau ini, dan seakan-akan programnya tidak merespon jika ada SMS masuk, mungkin artikel berikut dapat membantu Anda melakukan troubleshoot. Sistem kerja  program autoreply sms memang membutuhkan respon yang cepat sesaat setelah sms datang.  Oleh karena itu, script programnya harus bisa mendeteksi jika ada event sms masuk. Nah, dalam at command, indikasi adanya sms masuk ditunjukkan dengan adanya karakter/sub string ‘+CMTI: XX,YY’ dengan XX menunjukkan media penyimpanan/memori SMS (option : ‘SM’=Sim Card, ‘ME’=modem/handphone) dan YY menunjukkan indeks memori dimana SMS tersebut disimpan.

Beberapa modem secara default diset untuk menampilkan indikator sms masuk ini, namun beberapa tipe yang lain tidak diset secara default. Untuk mengetahui status indikator SMS masuk ini dapat dilakukan dengan memberikan command ‘at+cnmi?’ . Gunakan program hyperterminal atau 7G Terminal untuk melakukan komunikasi dengan modem/handphone. Berikut syntax sekaligus arti dari parameter dalam command at+cnmi :

1. At+cnmi?

Command ini untuk menanyakan current setting cnmi, termasuk diantaranya adalah status indikasi sms (diaktifkan atau tidak)

2. At+cnmi=?

Command ini digunakan untuk melihat fitur apa saja yang disupport modem/handphone dalam hubungannya dengan command ‘cnmi’

3. At+cnmi=a,b,c,d,e

Command ini bersifat eksekusi, artinya digunakan untuk mengeset modem sesuai dengan parameter yang diberikan (a, b, c, d, e)

Kalau kita perhatikan penjelasan dan gambar di atas, ada lima parameter yang mengiringi command at+cnmi yakni (kita sebut saja) a,b, c, d, e. Arti dari parameter tersebut adalah sebagai berikut :

Parameter Arti Nilai Penjelasan
a mode 0 – 3 (tergantung tipe modem) Mengontrol handling kode indikasi sms masuk
0 Kode indikasi sms masuk disimpan di modem, jika penuh kode akan di-replace oleh kode baru yang datang
1 Kode indikasi sms masuk tidak disimpan di modem dan ditampilkan di terminal
2 Kode indikasi sms masuk disimpan di modem dan ditampilkan di terminal
3 Kode indikasi sms masuk langsung ditampilkan di terminal
b Format indikator 0 Kode indikasi sms masuk tidak diaktifkan
1 Kode indikasi sms masuk diaktifkan dengan format +CMTI=<memori>,<indeks>
2 Kode indikasi sms masuk tidak diaktifkan, namun isi SMS langsung dibaca
c Cell broadcast 0 Cell broadcast tidak ditampilkan
2 Cell broadcast ditampilkan
d Status report 0 Status report tidak ditampilkan
1 Status report ditampilkan
e buffer 0 Command di-buffer di modem/handphone dan diteruskan ke terminal
1 Command tidak di-buffer

 

Berikut adalah contoh penggunaan command at+cnmi untuk mengaktifkan format indikator sms masuk menjadi ‘+CMTI:<memori>, indeks’ (at+cnmi=1,1,2,1,1).  Perhatikan, ketika ada SMS datang, langsung keluar substring ‘+CMTI: “SM”,0’ , yang artinya ‘ada SMS datang, SMS tersebut disimpan di ‘SM’ (SIM card) dan berada di indeks memori ‘0’.

Dan berikut adalah contoh at command untuk mengaktifkan format indikasi SMS masuk ke mode 2 yakni SMS yang masuk tersebut langsung di baca (perhatikan parameter kedua/parameter ‘b’ yang dijelaskan pada tabel di atas).

Perhatikan begitu perintah at+cnmi=1,2,2,1,0 diberikan, tampak begitu ada SMS datang, SMS tersebut langsung dibaca.

 

Demikian sedikit penjelasan tentang pengaktifan kode/indikasi SMS masuk. Indikator ini sangat penting dalam pemrograman/sistem yang membutuhkan reaksi/respon cepat terhadap isi sms yang dikirim. Yang perlu diingat bahwa kapabilitas modem/handphone dalam command at+cnmi adalah berbeda. Cobalah Anda periksa fitur modem/handphone dengan command ’ at+cnmi=?’ (lihat gambar di atas sebagai contoh) baru kemudian Anda tentukan teknik pemrograman sesuai tujuan Anda membuat program.  Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

at cnmi, how set cnmi on huawei, hasil kiriman sms tidak terbaca, apakah ketika kita menggunakan modem sms bisa masuk, cara mencari pesan masuk tidak terbaca di hp huawe, sms masuk tidak terbaca, sms sdh dibaca tp ada pemberitahuan sms masuk di huawei y3, fungsi AT CNMI=3 3 0 0, cara membuka sms yang tak terbaca di hp huawei, cmti

Leave a Reply

43 Comments on "Mengaktifkan Indikator SMS Masuk"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ari
Guest

mas mau tanya
kalo pengin balas sms yang masuk gmana mas?
jadi gini ada sms masuk, trus kirim balasan
soalnya saya pake juga pake Uc 8535 dengan sim300C, trus saya bingung indikasi kalo ada sms masuk tuw apa, bingung dikodingannya

didik
Guest

Salam kenal pak saptaji.. senang sekali bisa menemukan web bp. karena kebetulan sy lagi coba-2 belajar buat sms lewat komputer.

sekalian mau tanya sedikit boleh..?.. 🙂
sy coba pakai modem huawei sama modem wavecom. kenapa kok hasil pembacaan sms bisa beda ya pak.

bedanya :
kalau pakai huawei penerimaan sms bisa utuh satu blok mlai dari nomer pengirim sampai akhir isi sms tidak kepotong.

sedangkan kalau pakai wavecom… hasil kepotong-2 tidak beraturan..
ada yg kepotong 2 karakter, 5 karakter, 10 dst…

terimakasih atas informasnya pak saptaji. sukses selalu.

budi
Guest

gmn bang contoh program interface dengan mikrokontroller avr atmega 32 untuk kendali running text, menggunakan code vision avr c language

best regards

dodok
Guest

di sony ericsson k700
at+cnmi=?
+CNMI: (2),(0,1,3),(0,2),(0,1),(0)

saya tidak bisa membuat SMS yang masuk tersebut langsung di baca,
saya sudah ganti-ganti parameternya, cuma bisa memberi tau kalau ada sms masuk saja
bagaimana solusi agar sms yang masuk bisa langsung dibaca di at command mas?

dodok
Guest

ok terima kasih mas

hadi
Guest

Tanya donk…
modem menggunakan modem usb huawei E173
modem support +CNMI: (0,1,2),(0,1,2,3),(0,2),(0,1,2),(0,1)
saya sudah setting cnmi 1,1,2,1,0 atau 1,2,2,1,0

tetapi saat ada sms masuk koq tetep tidak muncul notifikasi ya. kenapa ya?

terima kasih banyak sebelumnya

Zulfahmi Alif Abdi
Guest

Asslmlkum Mas Aji . . .
kalo boleh saya tanyak,,,
kalo mau ngambil yg di sim card kan kan parameter nya “SM”, ,naaa kalo mau ambil yg di memori eksternal (misal micro SD) ,gmna masbrow ???

Aditya Putra
Guest

Assalamualaikum,

Mas aji saya ingin bertanya, saya memakai modem Huawei E160 dan ketika saya menjalankan perintah at+cmni 1,1,2,1,0 atau 1,2,2,1,0 bisa berhasil dengan diikuti perintah OK. Namun ketika saya mencoba mengirimkan sms tidak ada sms yang dimunculkan padahal sudah jelas bahwa sms yang saya kirimkan berhasil terkirim.

Ketika saya coba cek dengan perintah at+cmni? muncul +cmni 1,1,2,1,0 atau 1,2,2,1,0 tergantung dari perintah at+cmni yang tadi saya gunakan. Mohon bantuannya mas. Saya rencana ingin menggunakannya untuk membuat tugas kuliah 🙂 Terimakasih

adi
Guest

mas HP saya cnmi hasilnya

at+cnmi=?

+CNMI: (0,3),(0-2),(0),(0),(0)

OK

at+cnmi?

+CNMI: 0,0,0,0,0

OK

setting indikatornya gmn ya ?

Umar Bakri
Guest

Mas, saya coba program yang untuk membaca SMS secara live ngak bisa juga. Padahal saya sudah setting indikatornya. Tapi ngak ada juga tanda-tanda SMS nya masuk. Tapi kalau saya coba buka pakai putty pesan SMSnya langsung terbaca. Kira2 traoublenya dimana ya mas ?

Setting mOdemnya saya set : 1,1,2,1,1

umar bakri
Guest

Selain pengaktifan tanda SMS masuk yang di modem, koding yang di OnRxChar ada tergantung pada setingan yang lain ngak mas ?
Karena walaupun sms sudah masuk tapi koding yang di OnRxChar seperti ngak ada respon.

Aldi
Guest
Mas, mau tanya. modem saya settingan defaultnya at+cpms=”me”,”me”,”me” dan at+cnmi=3,1,0,0,0. *Pertanyaan pertama: saat sms pertama masuk, muncul notifikasi +CMTI: “ME”,0. lalu saat sms kedua masuk, tetap hanya muncul notifikasi +CMTI: “ME”,0, bukannya menjadi +CMTI: “ME”,1. Kemudian saat saya ingin membaca SMSnya, saya ketik at+cmgl=”all” namun hanya muncul jawaban OK tanpa muncul isi SMS. Mohon masukannya mas. Saya bermaksud agar saat ketik at+cmgl=”all” muncul semua isi SMSnya. *Pertanyaan Kedua: di inbox modemnya tampak bahwa batas sms yang mampu ditampung yaitu 3000 buah. Namun saat saya cek dengan “at+cpms?”, yang muncul yaitu +CPMS: “ME”,0,100,”ME”,0,100,”ME”,0,100 (berarti kapasitasnya hanya 100 SMS, kenapa begitu mas?)… Read more »
Cecep
Guest

Mas Aji, bagaimana caranya menyimpan laporan SMS yang berhasil dikirim dan SMS yang Gagal terkirim ke database mysql? Saya beli buku mas Aji “Membuat SMS gateway dengan delphi 7” tidak dijelaskan (dibahas), yang dibahas hanya mnyimpan SMS yang diterima.. jadi kita tau mana yang berhasil dikirim dan mana yang gagal terkirim… terimakasih…

Denny
Guest

Mau nanya mas… bagaimana cara menggabungkan teks sms yg dikirim dengan data masukan dari sensor dalam satu kalimat tanpa terpotong… contoh teks sms “suhu ruangan (25) C” yg didalam kurung itu data masukan dari sensor…
Trimakasih mas…

yandi gunawan
Guest

Terimakasih banyak bang, tulisannya sangat bermanfaat, sangat membantu project saya. Semoga webnya semakin ramai pengunjung bang!

deni kusdinar
Guest

bagaimana setting agar sms yang masuk tidak tersimpan di memori sim card ??
jadi langsung masuk ke memori PC, karena untuk memori sim card sangat terbatas,,
Tks..

budi
Guest

Mas, saya mau bikin program kirim sms ke banyak no hp tetapi saya pingin ada delivery reportnya supaya saya tau no hp mana saja yg sudah menerima sms dan yang belum menerima sms, saya lihat di buku ada cara mengaktifkan delivery report tetapi tidak ada contoh programnya, apakah mas punya contoh programnya?, kl ada mau donk.
Terima kasih.

error: Content is protected !!