Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengaktifkan Indikator SMS Masuk

Jika Anda sedang mencoba program ini atau ini, dan seakan-akan programnya tidak merespon jika ada SMS masuk, mungkin artikel berikut dapat membantu Anda melakukan troubleshoot. Sistem kerja  program autoreply sms memang membutuhkan respon yang cepat sesaat setelah sms datang.  Oleh karena itu, script programnya harus bisa mendeteksi jika ada event sms masuk. Nah, dalam at command, indikasi adanya sms masuk ditunjukkan dengan adanya karakter/sub string ‘+CMTI: XX,YY’ dengan XX menunjukkan media penyimpanan/memori SMS (option : ‘SM’=Sim Card, ‘ME’=modem/handphone) dan YY menunjukkan indeks memori dimana SMS tersebut disimpan.

Beberapa modem secara default diset untuk menampilkan indikator sms masuk ini, namun beberapa tipe yang lain tidak diset secara default. Untuk mengetahui status indikator SMS masuk ini dapat dilakukan dengan memberikan command ‘at+cnmi?’ . Gunakan program hyperterminal atau 7G Terminal untuk melakukan komunikasi dengan modem/handphone. Berikut syntax sekaligus arti dari parameter dalam command at+cnmi :

1. At+cnmi?

Command ini untuk menanyakan current setting cnmi, termasuk diantaranya adalah status indikasi sms (diaktifkan atau tidak)

2. At+cnmi=?

Command ini digunakan untuk melihat fitur apa saja yang disupport modem/handphone dalam hubungannya dengan command ‘cnmi’

3. At+cnmi=a,b,c,d,e

Command ini bersifat eksekusi, artinya digunakan untuk mengeset modem sesuai dengan parameter yang diberikan (a, b, c, d, e)

Kalau kita perhatikan penjelasan dan gambar di atas, ada lima parameter yang mengiringi command at+cnmi yakni (kita sebut saja) a,b, c, d, e. Arti dari parameter tersebut adalah sebagai berikut :

Parameter Arti Nilai Penjelasan
a mode 0 – 3 (tergantung tipe modem) Mengontrol handling kode indikasi sms masuk
0 Kode indikasi sms masuk disimpan di modem, jika penuh kode akan di-replace oleh kode baru yang datang
1 Kode indikasi sms masuk tidak disimpan di modem dan ditampilkan di terminal
2 Kode indikasi sms masuk disimpan di modem dan ditampilkan di terminal
3 Kode indikasi sms masuk langsung ditampilkan di terminal
b Format indikator 0 Kode indikasi sms masuk tidak diaktifkan
1 Kode indikasi sms masuk diaktifkan dengan format +CMTI=<memori>,<indeks>
2 Kode indikasi sms masuk tidak diaktifkan, namun isi SMS langsung dibaca
c Cell broadcast 0 Cell broadcast tidak ditampilkan
2 Cell broadcast ditampilkan
d Status report 0 Status report tidak ditampilkan
1 Status report ditampilkan
e buffer 0 Command di-buffer di modem/handphone dan diteruskan ke terminal
1 Command tidak di-buffer

 

Berikut adalah contoh penggunaan command at+cnmi untuk mengaktifkan format indikator sms masuk menjadi ‘+CMTI:<memori>, indeks’ (at+cnmi=1,1,2,1,1).  Perhatikan, ketika ada SMS datang, langsung keluar substring ‘+CMTI: “SM”,0’ , yang artinya ‘ada SMS datang, SMS tersebut disimpan di ‘SM’ (SIM card) dan berada di indeks memori ‘0’.

Dan berikut adalah contoh at command untuk mengaktifkan format indikasi SMS masuk ke mode 2 yakni SMS yang masuk tersebut langsung di baca (perhatikan parameter kedua/parameter ‘b’ yang dijelaskan pada tabel di atas).

Perhatikan begitu perintah at+cnmi=1,2,2,1,0 diberikan, tampak begitu ada SMS datang, SMS tersebut langsung dibaca.

 

Demikian sedikit penjelasan tentang pengaktifan kode/indikasi SMS masuk. Indikator ini sangat penting dalam pemrograman/sistem yang membutuhkan reaksi/respon cepat terhadap isi sms yang dikirim. Yang perlu diingat bahwa kapabilitas modem/handphone dalam command at+cnmi adalah berbeda. Cobalah Anda periksa fitur modem/handphone dengan command ’ at+cnmi=?’ (lihat gambar di atas sebagai contoh) baru kemudian Anda tentukan teknik pemrograman sesuai tujuan Anda membuat program.  Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

how set cnmi on huawei, at cnmi, sms sdh dibaca tp ada pemberitahuan sms masuk di huawei y3, cara mencari pesan masuk tidak terbaca di hp huawe, cara melihat pesan sms masuk tak terbaca, modem wavecom tidak bisa terima sms, cara membuka sms yang tak terbaca di hp huawei, fungsi AT CNMI=3 3 0 0, cara mengatasi modem huawe yg tidak bisa membaca sms at commend, mode sm pada modem wavecom
42 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!