Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Duet Dahsyat Delphi dan Gammu Untuk Membangun SMS Gateway (Bagian 1)

Selain menggunakan AT command, SMS Gateway juga dapat dibuat mengunakan Gammu, yakni sebuah project open source yang bertujuan untuk melakukan handling operasi terhadap handphone. Jadi sebenarnya Gammu juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan (call establish), pengiriman MMS, akses terhadap handphone file system, mengetahui informasi network, tidak hanya untuk operasi SMS saja. Gammu ini sejatinya diperuntukkan untuk sistem operasi Linux, namun seiring dengan popularitasnya dan mudah penggunaannya karena berbasis command line, maka Gammu ini dibuat juga versinya untuk sistem operasi Windows. Satu hal prinsip yang perlu Anda ketahui, bahwasanya Gammu juga sebenarnya melakukan operasi terhadap handphone menggunakan AT Command, namun sudah dienkapsulasi dalam bentuk command line. Dengan demikian Anda sebagai pengguna tidak perlu mengetahui AT Command (yang sangat banyak itu), melainkan cukup mengetahui simplifikasi command line yang disupport Gammu. Karena operasi dasarnya menggunakan AT command inilah Gammu juga dapat digunakan untuk melakukan handling terhadap modem, khususnya modem yang mendukung AT Command.

Karena fleksibilitas Gammu yang menyandarkan operasinya berdasarkan command line (command prompt), Gammu ini dapat digunakan bersama-sama dengan semua software Development berbasis web maupun aplikasi desktop seperti PHP, ASP, Java, C++, Delphi, VB dll. Mungkin yang sering Anda baca di internet adalah penggunaan Gammu dengan PHP/ASP. Ini memang dimaklumi mengingat PHP/ASP adalah SDK untuk server side yang memiliki keterbatasan dalam mengelola local hardware semisal COM Port. Namun, karena operasi Gammu menggunakan command line semua SDK dapat memanfaatkannya, termasuk diantaranya adalah Delphi, SDK favorit saya saat ini πŸ™‚

Kurang lebih berikut hubungan antara Delphi, Gammu, modem dan SMS Gateway

Jadi, untuk membangun sebuah SMS Gateway, Delphi tidak lagi langsung mengakses modem (menggunakan AT command) namun melalui Gammu terlebih dahulu (melalui command line). Demikianlah kira-kira deskripsi dari gambar di atas.

Dengan topologi sistem SMS Gateway di atas, Anda sebagai programmer Delphi tidak perlu lagi memikirkan operasi low level pengaksesan hardware modem, namun dapat lebih berkonsentrasi pengolahan data SMS itu sendiri. Dengan berbagai kelebihan Delphi dan Gammu, tak salah jika kombinasi keduanya saya nobatkan sebagai β€˜Duet Dahsyat’ untuk membangun SMS Gateway. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ . Apa dan bagaimana cara pengoperasian keduanya, tunggu tutorial berikutnya ……..

Incoming search terms:

gammu for delphi, cara membuat sms gateway menggunakan delphi dan gammu, gammu dan arduino, gateway bagian, memvuat data base gammu di delphi, menggabungkan delphi dan gammu, mms with gammu delphi, Program untuk Mengetahui Nomor POC dan ICCID SIM Card dengan delphi 7, sampul buku gateway gammu, saptaji sms gatewa
14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!