Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Deteksi COM Port Otomatis Menggunakan CPort

Saat menggunakan CPort untuk input/output data melalui port serial, tentunya harus ditentukan terlebih dahulu port yang akan di-assign untuk keperluan tersebut. Port serial atau sering disebut juga COM Port, sifatnya adalah physical dan dedicated, jadi hanya ada satu aplikasi yang diperbolehkan untuk mengakses port tersebut. Jadi, identifikasi port sangat diperlukan agar data benar-benar sampai ke target device-nya. Di Windows, penamaan port serial dimulai dari ‘COM1’ sampai dengan ‘COM255’ (8 bit), jadi saat bersamaan maksimal ada 255 device bertipe interface serial yang dapat dikoneksikan dalam satu komputer.

Jika menggunakan CPort untuk mendeteksi COM port tersebut, ada 2 macam cara yang dapat dilakukan, yakni:

1.       Menggunakan subrutin bawaan

Cara ini adalah yang termudah, yakni dengan memanggil procedure ‘ShowSetupDialog’. Dengan memanggil subrutin ini, maka akan dimunculkan jendela kecil yang berisikan setup konfigurasi untuk masing-masing parameter komunikasi serial seperti nomor COM port, baudrate, Data bits, Stop bits, Parity dan Flow Control. Contoh penggunaan prosedur ini adalah sebagai berikut: Ambil satu komponen ‘Button1’ dan ‘ComPort1’ di Component Pallete, double click komponen ‘Button1’ dana isikan kode sebagai berikut di Code Editor Delphi

 procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

begin

ComPort1.ShowSetupDialog;

end;

Running program kecil diatas (tekan F9) dan coba klik tombol ‘Button1’, seharusnya akan muncul jendela sebagai berikut :

Anda bisa mengatur semua parameter komunikasi serial dalam jendela di atas, kemudian tekan tombol ‘OK’ untuk konfirmasi. Walaupun ini merupakan cara termudah, namun Anda tidak dapat meng-customize lebih lanjut untuk keperluan program Anda, karena memang jendela setup ini sudah built in dalam procedure ‘ShowSetupDialog’.

2.       Menggunakan komponen ComComboBox dan ComRadioGroup

Komponen ComComboBox dan ComRadioGroup berada di Tab komponen CportLib (satu tab dengan komponen ComPort). Dengan kedua komponen ini (bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan program), Anda bisa membuat jendela pengaturan parameter serial secara custom.

 Contohnya adalah sebagai berikut :

Ambil komponen Label1, Comport1, ComComboBox1 dan ComRadioGroup1 dari Component Pallete ke Form Designer dan atur peletekannya seperti pada gambar di bawah

Atur properties masing-masing komponen sebagai berikut :

Komponen

Properties

Nilai

Label1 Caption Baudrate :
ComRadioGroup1 Caption COM Port Available
ComPort ComPort1
ComProperty cpPort
ComComboBox1 ComPort ComPort1
ComProperty cpBaudRate

Setelah mengatur properties tiap komponen seperti pada tabel di atas, seharusnya tampilan program adalah menjadi sebagai berikut :

Dari contoh program di atas, tentunya Anda sudah dapat menangkap bagaimana caranya mendeteksi port serial/COM Port secara otomatis, yakni dengan menggunakan komponen ComComboBox atau ComRadioGroup dan mengatur properties ‘ComPort’ dan ‘ComProperty’-nya. Setelah parameter nomor COM atau baudrate (atau parameter yang lain) ‘tertangkap’ komponen CPort, selanjutnya dapat diolah untuk proses berikutnya dalam program Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi dengan program Delphi Anda.

Incoming search terms:

cara menggunakan comport di delphi, cara deteksi port/com, cara mengatasi Open COMPort Error! di windows7, Cara menggunakan cport prinyer didelphi, bagai mana mengatasi ketika delphi di runing dengan data serial delphi ngeheng, deteksi port microcontroller dengan delphi, deteksi port delphi, kenapa comport form tdk bisa di edit, komponen comport for lazarus, deteksi otomatis port modem delphi
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!