Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Step by Step Instalasi USB Modem 3G sebagai SMS Gateway

USB modem 3G dapat dimanfaatkan sebagai SMS Gateway selain sebagai fungsi utamanya sebagai Internet Gateway dengan metode dial up connection ke RAS (Remote Area Server) milik operator. Sebagai sebuah modem 3G sekarang ada beberapa brand yang memiliki kecepatan downlink yang sudah mencapai 21 Mbps. Tetapi ingat, jika kecepatan modem tersebut menjadi tidak berarti jika Anda hanya discover oleh BTS 2G atau BTS 3G (atau sering disebut juga sebagai Node-B) yang belum mengadopsi teknologi HSPA (High Speed Packet Access).

Back to topic, artikel kali ini akan memberikan tutorial step by step bagaimana menginstal dan menyetting USB modem 3G sebagai SMS gateway. Adalah device driver dari modem tersebut yang memiliki peran sentral dalam suksesnya penggunaan USB modem 3G sebagai SMS gateway. Driver modem akan menginstal sebuah serial port virtual yang digunakan sebagai media transmisi untuk berkomunkasi dengan modem. Serial port ini dalam beberapa literatur disebut juga dengan COM port. Melalui serial/COM port inilah AT command sebagai ‘bahasa’ komunikasi yang dimengerti modem dilewatkan. Anda dapat membaca beberapa artikel saya terdahulu yang membahas tentang AT command ini.

Sebagai sampel untuk menggunakan USB modem 3G sebagai SMS gateway, saya menggunakan modem Novatel yang dapat dibeli dengan harga relatif murah (sekitar 200 ribu-an). Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi modem Novatel mulai dari awal sampai dengan dapat digunakan sebagai SMS gateway. Oh ya, tutorial ini hanya untuk Windows 7 ya, untuk Windows XP atau Windows 8 silahkan disesuaikan.

1. Plug in modem ke port USB laptop Anda. Pastikan USB modem terbaca sebagai drive storage (seperti USB flashdisk) di Windows Explorer. Jika sudah terbaca, double click file ‘installer.exe’ untuk memulai proses instalasi driver

 2. Ikuti proses instalasi driver dan software modem sampai finish. Jika sudah selesai, ada baiknya Anda me-restart laptop Anda untuk memastikan software dan driver sudah terinstal dengan sempurna.

3. Matikan/close software bawaan modem yang sudah terinstal. Pastikan software bawaan benar-benar sudah tidak running secara ‘backdoor’. Biasanya di taskbar kanan bawah, software bawaan masih aktif, pastikan untuk mematikan software ini dengan meng-klik kanan ikon software bawaan modem, dan pilih menu ‘Exit’

4. Sampai dengan point no 3 di atas, USB modem sudah siap digunakan sebagai SMS gateway. Hanya untuk keperluan programming, Anda harus tahu di nomor berapa COM port (virtual) yang diciptakan driver modem berada. Untuk mengetahuinya, bukalah ‘Device Manager’ melalui menu Start | Computer (klik kanan) | Manage

5. Pilih submenu ‘Modem’ dan carilah string ‘Novatel Wireles Modem’ . Double click string tersebut hingga muncul window seperti gambar di bawah :

Nomor COM port modem Anda berada di Tab ‘Modem’, seperti pada gambar yang dilingkari di atas. Nomor COM port inilah yang digunakan modem untuk berkomunikasi dengan laptop/komputer Anda.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Untuk tipe/merk modem lain caranya hampir sama, tinggal disesuiakan. point penting yang perlu Anda perhatikan adalah bahwasanya setiap programming yang berhubungan hardware (dalam hal ini adalah modem melalui COM port) adalah bersifat dedicated connection, dalam arti hanya ada program/software yang mengakses hardware tersebut. jadi pastikan software bawaan modem (yang biasanya Anda gunakan untuk dial up internet) dimatikan terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan USB modem sebagai SMS gateway.

Incoming search terms:

sms gateway modem gsm, cara membuat sms gateway dengan modem gsm, cara proses instalasi readhed steep by steep, modem gsm untuk sms gateway, modem sms gateway, sms gateway dengan modem, sms gateway vb6 usb modem, sms gateway with usb, sms gateway pake modem, modem laptop digunakan untuk arduino
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!