Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir

Barangkali ada yang belum tahu karena saya juga baru tahu :-). Berikut ini adalah tips bagi Anda pemilik mobil matic yang biasanya kesulitan parkir di lokasi yang ramai, karena tukang parkirnya meminta mobilnya untuk dinetralkan saat ditinggal (parkir parallel). Pola parkir parallel ini dimaksudkan agar mobil bisa dengan mudah diatur jika ada mobil lain yang keluar masuk.

Mobil dengan transmisi matic beda halnya dengan mobil transmisi manual dalam hal pentralan gigi transmisi. Jika mobil manual selesai dimatikan, gigi transmisinya dengan mudah dinetralkan (dipindah ke ‘N’) tidak halnya dengan mobil matic. Kunci mobil matic tidak akan bisa diambil jika tuas persneling tidak diatur ke ‘P’ (parkir). Jika persneling sudah di ‘P’ maka rem mobil akan ikut mengunci sehingga mobil tidak akan bisa diubah posisinya. Jika Anda melakukan ini di lokasi parkir parallel, akativitas Anda dijamin tidak akan nyaman karena akan sering disemprit tukang parkir untuk segera memindahkan mobil :-). Tapi tenang, masa’ mobil canggih ngga punya solusi? Ternyata begini caranya :

  1. Posisikan persneling di ‘P’ seperti biasanya saat mau parkir. 
  2. Ambil kunci mobil dan taruh di lubang kunci di dekat tuas persneling (kalau Honda Jazz ada di sebelah kiri tuas persneling)
  3. Putar ke kanan sedikit anak kuncinya, dan pindahkan tuas persneling dari ‘P’ ke ‘N’ 
  4. Sekarang mobilnya sudah netral, jangan lupa minta tukang parkir untuk mengganjel ban mobil agar tidak lari kemana-mana :)

Demikian tips dari saya kali ini, semoga ada manfaatnya, dan mohon maaf jika ada kesalahan penggunaan istilah dalam artikel di atas, karena saya termasuk awam dalam bidang ini :)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *