Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Web based Report dengan Delphi 7, Raudus, ZEOS dan Quick Report Bag. 2 (Preparation)

Agar dapat membuat web based report atau laporan online menggunakan Delphi, beberapa ‘amunisi’ yang Anda perlukan adalah Raudus sebagai framework untuk menangani web service, komponen Quick Report untuk menangani instance report, komponen ZEOS sebagai database connector dan Delphi itu sendiri sebagai Integrated Development Environment (IDE). Khusus untuk komponen Raudus, saya menggunakan versi 0.8.7 sedangkan untuk Delphi menggunakan versi 7 (D7), namun demikian Anda dapat menggunakan versi lain asal di atas versi 7 karena Raudus hanya support Delphi 7 ke atas.

Berikut ini persiapan-persiapan yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah web based report menggunakan Delphi. Saya harap Anda sudah membaca artikel saya yang lalu (Bagian 1) agar dapat memahami alur pemrogramannya.

1. Siapkan Delphi minimal Delphi 7, ini sudah jelas ya dan sifatnya wajib

2. Instal framework Raudus v.0.8.7.

Komponen ini dapat Anda download di http://raudus.com. Setelah Anda download, ikuti proses instalasinya sampai komponen Raudus muncul di Component Pallete. Proses instalasi Raudus relatif mudah, Anda hanya perlu mengklik tombol ‘Next’ saja sampai prosesnya selesai. Jika komponen Raudus sudah siap, buatlah sebuah project Raudus untuk sebagai percobaan, dan simpan dengan sembarang nama sesuai selera Anda. Untuk membuat project Raudus baru, dapat Anda lakukan melalui menu File | New | Other | Raudus | RaApplication. Jika sudah muncul Form baru berwarna putih, berarti aplikasi Raudus Anda sudah siap dibuat, jika form putih belum muncul coba tekan tombol F12 untuk pindah ke mode visual. Sampai di sini, framework Raudus sudah siap digunakan.

3. Instal komponen ZEOS. Untuk langkah ini dapat Anda baca di sini.

4. Instal komponen Quick Report.

Jika Delphi Anda belum terinstal komponen quick report, Anda dapat menginstalnya sendiri secara manual. Buka Delphi 7 Anda, dari menu Component | Install Packages, cari file dclqrt70.bpl di folder C:\Program Files\Borland\Delphi 7\Bin setelah mengklik tombol ‘Add’ di jendela ‘Project Options’. Setelah cek di Component Pallete, seharusnya sudah ada komponen quick report di tab ‘QReport’

5. Instal XAMPP untuk mempermudah instalasi dan manajemen database MySQL.

Download XAMPP di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html, setelah itu install software tersebut sampai selesai. Untuk memudahkan proses manajemen database MySQL Anda dapat memanfaatkan program ‘phpmyadmin’ yang sudah disediakan XAMPP melalui interface web dengan alamat http://localhost/phpmyadmin. Buka alamat tersebut melalui web browser favorit Anda, dan mulailah membuat sebuah database berbasis dengan nama ‘db_contoh’, dan satu tabel di bawahnya dengan nama tb_contoh. Untuk tabel ini buat tiga field dengan nama ‘id’, ‘nama’ dan ‘nilai’. Untuk field ‘id’ buatlah bertipe integer (int5) dengan atribut primary key dan auto increment, sedangkan  filed ‘nama’ dan ‘nilai’ masing-masing bertipe varchar (10) dan varchar (5). Jika sudah terbentuk tabel ‘tb_contoh’, isilah dengan data dummy seperti contoh di bawah, agar mudah ditelusuri saat pembuatan report nantinya.

struktur tabel tb_contoh
contoh data tabel tb_contoh

Sampai dengan langkah ini, ‘amunisi’ yang dibutuhkan sudah lengkap untuk nantinya digunakan untuk belajar membuat sebuah laporan online berbasis web dengan Delphi 7 dan Raudus. Nantikan artikel selanjutnya ya.

bersambung.

Incoming search terms:

aplikasi database dengan raudus, http config xampp untuk delphi, cara menampilkan atribut zeos acces di delhi7 dengan mudah, coding messagedlg delphi dengan raudus, delphi bisa buat online ga, cara membuat laporan di delphi 7 menggunakan zeos, Cara instal raudus di delphi, cara aplikasi delphi bisa online internet, zeos dan raudus pada delphi, apakah web di delphi bisa di bikin onlen

Leave a Reply

17 Comments on "Web based Report dengan Delphi 7, Raudus, ZEOS dan Quick Report Bag. 2 (Preparation)"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dadang iskandar
Guest

saya masih error, koneksi ke databasenya masih error, mohon lebih detail lagi penjelasannya.

bryan
Guest

mas cara ganti port raudus gmn ya ?
di saya jadi 8080 dan access violation

bob tirana
Guest

Mas, saya mau tanya. Bagaimana cara agar Form delphi bisa dilihat di web. Dalam arti kita hanya monitor saja form/aplikasi delphi yg sudah kita buat melalui web. Contohnya aplikasi delphi on off lampu, jadi melalui web kita bisa tau posisi lampu dalam kondisi on atau off. Tapi tetap dengan form /aplikasi aslinya..

bob tirana
Guest

maksud saya, misalnya saya sudah buat 1 aplikasi exe delphi. trus saya ingin aplikasi yang saya jalankan di komputer bisa saya lihat melalui internet dengan tampilan bawaan yg saya buat itu. jadi kalo saya tekan tombol1, maka di internet dilihat juga bahwa tombol 1 sedang di tekan. Caranya gmn ya mas?

bob tirana
Guest

oh, jadi harus dibuat pake komponen RA ya mas? gak bisa pake komponen delphi yg standart? cara hosting VPS windows gimana mas?

bob tirana
Guest

Baik mas, terima kasih banyak atas penjelasannya 😀

Andi Akbar
Guest

mau bertanya mas,,
kenapa perintah messagedlg, showmessage tidak bisa digunakan pada form Raudus

Herwindo
Guest

Mas, misalkan saya sudah buat dan jalan di localhost:8080 saya,
lalu bagaimana cara agar komp lain bisa akses / lihat ke localhost saya ?…

mohon pencerahan nya,
terima kasih…

error: Content is protected !!