Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Komunikasi antara Mikrokontroller MSP430-Launchpad dengan Delphi

Pada beberapa project elektronika, beberapa hal tidak mungkin langsung dilakukan oleh PC/komputer/laptop untuk interfacing-nya. Apalagi PC generasi sekarang kebanyakan tidak dilengkapi dengan port serial atau port parallel untuk berhubungan dengan perangkat. Umumnya yang tersedia sekarang adalah port USB.Dengan demikian untuk melakukan interfacing dengan perangkat elektronik lain, sebuah PC membutuhkan perangkat  sebagai ‘gateway’ sekaligus mengubah informasi kontrol dalam frame komunikasi USB agar dapat dimengerti PC. Secara umum ‘perrangkat’ tersebut dapat dilakukan oleh mikrokontroller. Sebuah mikrokontroller mampu melakukan kendali atas sebuah perangkat elektronik lain, mengumpulkan informasi untuk kemudian diteruskan ke PC. Dalam hal ini PC disebut ‘master’, mikrokontroller sebagai ‘slave’. Berikut ini adalah ilustrasi dari penjelasan di atas

Sebuah mikrokontroller umumnya memiliki port serial/UART termasuk mikrkontroller MSP430 alias Launcpad. Mikrokontroller keluaran Texas Instrumen ini dibundle dalam sebuah development board yang dilengkapi IC pengubah serial ke USB, sehingga bisa langsung digunakan untuk berkomunikasi dengan PC melalui port USB. Teknik komunikasi yang digunakan di sini adalah menciptakan sebuah virtual serial port yang di-insert dalam carrier bus protokol USB. Jadi, seakan-akan Anda akan memiliki sebuah port serial namun wujud nyatanya adalah port USB. Port serial ini hanya logical/virtual karena secara fisik tidak ada, namun semua fungsi-fungsi adalah identik dengan port serial riil.

Untuk menciptakan virtual serial port di dalam port USB, Anda harus menginstal dulu drivernya. Saya sarankan untuk mendownload drivernya di energia.nu, karena selain mendapatkan driver, Anda juga akan mendapatkan IDE (Integrated Development Environment) yang sama persis dengan Arduino. Dengan demikian bagi Anda yang sudah lebih dulu familiar dengan Arduino tidak akan kesulitan dengan Lauchpad ini. Anggap saja anda sudah download, maka driver USB to serial ini akan berada di folder …//drivers/EZ430-UART/DPinst.exe (sudah di-wrapping dalam bentuk aplikasi, Anda hanya tinggal perlu menginstalnya). Setelah selesai menginstal, harusnya akan muncul COM baru di Device Manager | Ports (COM & LPT)

Jika port serial (COM) udah muncul dengan demikian akan mudah bagi Anda untuk mengelola data komunikasi yang melalui port tersebut dengan Delphi. Cara termudah adalah dengan menginstal komponen Comport yang dapat Anda download di sourceforge.net (untuk Delphi 7 gunakan versi 310, Delphi XE ke atas versi 410). Lakukan instalasi Comport seperti pada artikel berikut (ini dan itu). Jika sudah, maka Delphi Anda sudah siap menangani komunikasi dengan mikrokontroller MSP430. Caranya adalah dengan menulis dengan bait script kecil sebagai berikut di event OnRXChar milik komponen Comport.

Dengan script di atas, maka setiap ada informasi yang dikirim ke port serial (via kabel USB) maka akan langsung ditampilkan di kotak Memo1. Untuk selanjutnya dari kotak Memo1 dapat Anda olah untuk keperluan program Anda.

Incoming search terms:

entri parameter arduino from delphi, mengelola port serial via Android, penjelasan mikrokontroler MSP430, penjelasan msp430
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!