Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Sensor Suhu Internal di Mikrokontroller MSP430-Launchpad

Salah satu kelebihan mikrokontroller MSP430-Launchpad adalah memiliki sensor suhu/temperatur internal. Dengan demikian Anda tidak butuh lagi sensor suhu eksternal semacam LM35 atau thermocouple sehingga dapat menghemat rangkaian, dimensi alat dan tentu saja biaya.

Untuk dapat menggunakan sensor suhu internal ini, ada variabel internal yang bernama ‘TEMPSENSOR’ yang digunakan untuk mengakses nilai pengukuran suhu. Sebagai catatan, variabel ini hanya tersedia jika Anda menggunakan ‘Energia’ sebagai IDE (Integrated Development Environment) atau tools pemrograman MSP430. Rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai suhu adalah sebagai berikut
(TEMPSENSOR*27069 – 18169625) *10 >> 16, dengan tanda ‘>>’ menunjukkan pergeseran bit ke kanan sebanyak 16 langkah (bit shift right).
Karena suhu adalah sebuah besaran analog, maka Anda harus menambahkan function ‘analogRead’ sehingga kodenya menjadi ((uint32_t)analogRead(TEMPSENSOR)*27069 – 18169625) *10 >> 16. Jika ingin mencobanya, Anda dapat mengunduh program selengkapnya di sini. Anda hanya perlu meng-copy paste source code dan meng-burning-nya ke mikrokontroller dengan menekan tombol CTRL+U di IDE Energia.

Jika Anda menggunakan progam di atas, data suhu akan keluar melalui port UART mikrokontroller untuk diteruskan ke port USB PC/laptop melalui IC CDC dalam development board MSP430. Jadi Anda tinggal melakukan handling data melalui komunikasi serial di PC Anda melalui SDK favorit Anda (misal Delphi, VB, Java, dll). Jika kesulitan, Anda dapat membaca artikel saya sebelumnya.

Ohya, jika Anda belum tahu (karena memang belum populer di Indonesia), mikrokontroller MSP430-Launchpad adalah mikrokontroller buatan TI (Texas Instrument) yang setara dengan ATMEGA8 produk Intel. Sedangkan Energia adalah IDE untuk Launchpad ini yang dibuat semirip mungkin dengan IDE Arduino baik cara penggunaan maupun pemrogramannya. Kelebihan yang dimiliki MSP430-Lauchpad ini di antaranya kecil dimensinya, banyak fiturnya dan tentu saja lebih murah harganya dibanding dengan Arduino.

Incoming search terms:

penjelasan rumus suhu lm35 didelphi, rumus launchpad, mikrokontroler buatan texas, rumus launcpad free, rumus thermocouple

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!