Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengurus Visa ke China

Jika pergi ke luar negeri, kelengkapan dokumen harus Anda miliki jika tidak ingin berurusan dengan dinas imigrasi. Secara umum dokumen yang harus Anda bawa adalah paspor dan visa. Paspor adalah semacam kartu tanda pengenal atau KTP yang berlaku secara internasional sedangkan visa adalah semacam surat ijin bepergian ke luar negeri yang menunjukkan tujuan dan destinasi Anda selama bepergian. Sebagai catatan, khusus untuk Negara ASEAN sekarang tidak membutuhkan visa karena sudah ada kerjasama antar negara di Asia Tenggara.

Untuk mengurus visa ke China, Anda perlu datang ke kantor pelayanan visa kedutaan China di Gedung The East lantai 2, kawasan mega Kuningan (bukan di Kedubes China di sebelah gedung XL/depan Mall Ambassador)

tampak depan kantor pelayanan visa china di gd The East lt.2

Mengurusnya pun cukup mudah, sekitar 15 menit sudah selesai asal dokumen pendukung lengkap semua. Seperti halnya kantor pelayanan masyarakat lain, biro jasa (calo) pengurusan visa juga tampak berkeliaran membawa segepok paspor dan kelengkapan dokumen. Hmm, benar-benar bisnis yang menggiurkan he he. Kembali ke persyaratan dokumen, berikut ini adalah kelengkapan dokumen jika Anda apply visa ke China :

  1. Paspor. Anda harus sudah mengurusnya terlebih dahulu di kantor imigrasi setempat.
  2. Invitation Letter dari China. Jika perjalanan Anda adalah dalam rangka bisnis (bukan wisata), diwajibkan untuk menyertakan surat undangan dari perusahaan tujuan Anda di China. Mintalah surat undangan tersebut by email dan print out sebagai kelengkapan undangan
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Pasfoto 4×6 dengan background putih.
  5. Menunjukkan email konfirmasi booking-an hotel (print out). Jika Anda tidak punya kartu kredit untuk membayar booking hotel, jangan kuatir, masih banyak jalan menuju roma :). Anda dapat googling di internet layanan booking hotel yang bisa dibayar di tempat. Yang penting adalah Anda mendapat email konfirmasi dimana Anda tinggal (hotel) selama di China.
  6. Mengisi formulir permohonan visa (tersedia di kantor pelayanan visa)
suasana pelayanan visa

Jika sudah lengkap silahkan mengambil nomor antrian, menyerahkan dokumen ketika dipanggil dan kemudian membayar biaya pembuatan visa sesuai kategori, yakni 300 ribu untuk kategori standar (seminggu jadi), atau express (3 hari jadi) dengan menambah biaya extra 200 ribu. Untuk kategori selengkapnya bisa dilihat pada foto di bawah.

Selamat, dalam beberapa hari ke depan Anda sudah siap pergi ke China

Incoming search terms:

dokumen pergi ke china, visa china gedung east
Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!