Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Seri Belajar Pemrograman Android dengan Java : Menangani Event OnClick pada Object Button

Seperti halnya bahasa OOP (Object Oriented Program) lainnya, Java mengenal adanya ‘object’ beserta atribut-atributnya.  Salah satu atribut yang penting dalam sebuah object adalah  ‘event’, yakni sekumpulan prosedur yang akan dilakukan object yang dipicu oleh aksi dari user.

Pada object ‘Button’, event yang menjadi default adalah ‘onClick’, yakni event yang di-trigger jika user menekan tombol (Button) tersebut.  Pada Java ada  dua macam penanganan terhadap event onClick ini :

Cara pertama adalah melalui ‘Event Listener’.  Dengan menggunakan method ‘setOnClickListener’ pada sebuah object Button, maka event onClick sudah dapat didefinisikan berikut dengan event handler-nya. Berikut ini adalah contohnya :

Pendefinisian event listener di atas sebaiknya dideklarasikan di event ‘onCreate’ milik ‘Activity’ utama aplikasi  agar di-load saat aplikasi mulai berjalan.

Cara kedua adalah dengan mendefinisikan properti onClick dari object Button tersebut. Jika metode ini yang dipakai maka Anda harus mendefinisikan property onClick ini di file layout yang berekstensi .xml di folder /res/layout (secara default akan bernama ‘activity_main.xml jika Anda tidak mengubahnya saat pembuatan project baru di Eclipse).

<Button
android:id=”@+id/button2″
android:layout_width=”wrap_content”
android:layout_height=”wrap_content”
android:layout_alignBaseline=”@+id/button1″
android:layout_alignBottom=”@+id/button1″
android:layout_marginLeft=”14dp”
android:layout_toRightOf=”@+id/button1″
android:onClick=”propertionclick”
android:text=”properti onClick” />

Selanjutnya definisikanlah event handler untuk properti onClick tersebut di program utama dalam file Java di folder /src (defaultnya adalah file ‘MainActivity.Java) sebagai berikut :

Selanjutnya running program tersebut, dan jika berhasil maka tampilan program akan seperti berikut

Pertama kali running :

Saat tombol ‘event listener’ diklik :

Saat tombol ‘properti onClick’ diklik :

Ohya, jangan lupa untuk menambahkan library berikut di bawah deklarasi ‘package’ di program Java-nya, karena dibutuhkan oleh object ‘Button’ dan ‘TextView’

Demikian tutorial pemrograman Android dengan Java kali, insya Allah akan disambung dengan tutorial lain di kesempatan berikutnya. Untuk dua metode di atas, sama-sama ‘diijinkan’ dalam sistem Android, namun untuk saya pribadi lebih memilih metode kedua karena ‘lebih dekat’ pemahamannya dengan Delphi yang telah lebih dulu saya kuasai 🙂 . Sebagai tambahan, IDE/SDK yang saya gunakan untuk develop aplikasi Android di atas adalah Eclipse release 4.2.0 yang di-bundle dalam ADT (Android Developer Tools) yang dapat di-download di developer.android.com. Pastikan Java (JRE) versi 7 sudah terinstal dalam laptop Anda. Selamat berkarya.

Note : Source code selengkapnya dapat Anda download di sini. Jika ingin langsung menginstal di device Android dapat meng-copy-kan file cobaButton.apk di folder /bin ke dalam device Android Anda

Incoming search terms:

event listener pada android, Cara membuat event handler pada button aplikasi Android, pengertian onclick android, pengertian listener pada android, event handling pada aplikasi android, onclick di android studio, pengertian event listener android, mengenal macam-macam coding java dan fungsinya pada Android studio, langkah event handler android, pengertian event pada android

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!