Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Menampilkan Popup Window di Android dengan AlertDialog

Popup window adalah sebuah jendela kecil yang berisi informasi tertentu saat program berusaha memberitahu user tentang suatu informasi. Informasi tersebut dapat berupa peringatan ada suatu kesalahan program yang terjadi atau sekedar mengarahkan user untuk melakukan sesuatu.

Dalam pemrograman Android dengan Java, popup window dapat dibuat dengan menggunakan class ‘AlertDialog’ yang merupakan subclass dari class ‘Dialog’. Namun untuk memanggil class ini, Anda harus menyiapkan  ‘context’ yakni sebuah class abstrak menyediakan informasi global tentang semua parameter dalam lingkungan aplikasi. ‘Context’ ini layaknya ‘broadcast receiver’ atau ‘Intent’ yang dapat mengambil informasi dari sistem OS Android. Jadi pada dasarnya, menampilkan popup window melalui AlertDialog adalah sama dengan memanggil fungsi internal yang sudah ada dalam Android, dan mengeset parameter tertentu sesuai dengan kebutuhan program seperti mengeset judul popup, isi teks popup maupun tombol apa saja yang ditampilkan. Untuk lebih jelasnya simaklah contoh pemanggilan alertdialog sebagai berikut :

  1. Buat project aplikasi baru di Eclipse. Ikuti wizard-nya dan beri nama project (misalnya) ‘contohalert’.
  2. Buka file activity_main.xml di folder /res/layout (saya asumsikan Anda menggunakan nama default saat wizard pembuatan project baru) dan klik tab ‘Graphical Layout’ untuk memudahkan proses pengaturan tampilan program.
  3. Tambahkan komponen Button dari pallete ‘Form Widgets’ ke form designer dengan cara drag and drop. Atur tampilan seperti dalam contoh gambar di bawah.
  4. Buka file MainActivity.java di folder /src dan modifikasi script seperti pada contoh di bawah
  • Tambahkan class ‘Context’ di bawah deklarasi public class activity utama

  • Popup window ditampilkan setelah ada event penekanan tombol oleh user. Karenanya, tambahkan event listener onClick untuk menangani event yang dipicu dari aksi user tersebut sebagai berikut. 

Penjelasan script di atas :

Baris 15        : menciptakan objek AlertBuilder baru

Baris  17       : menuliskan judul popup window

Baris 19-34 : isi popup window

Baris 22-24 : menampilkan tombol ‘Yes’ di popup window dan mengisi event listener saat tombol ‘Yes’ ditekan.

Baris 28-32 : menampilkan tombol ‘No’ di popup window dan mengisi event listener saat tombol ‘No’ ditekan

Baris 36-38 : menciptakan objek AlertDialog dan menampilkannya

Berikutnya running program dengan menekan tombol ‘Run’ di Eclipse atau shortkey Ctrl+F11. Jika langkah-langkah di atas Anda lakukan dengan benar, seharusnya akan muncul tampilan sebagai berikut di layar Android Anda.

Saat pertama kali running :

Saat diklik tombol ‘Button’ : 

Saat diklik tombol ‘Yes’ dalam popup window : 

Saat diklik tombol ‘No’ dalam popup window : 

Demikian tutorial pemrograman Android menggunakan bahasa Java kali ini, nantikan tutorial-tutorial berikutnya. Ohya, jika Anda mengalami kesulitan, silahkan mengunduh program di atas selengkapnya sebagai media pembelajaran di sini

Incoming search terms:

dialog popup android keren, cara membuat dialog popup android, kumpulan dialog box android, cara membuat pop up android, kumpulan dialog popup android, dialog popup android, cara membuat pop up di android, kumpulan popup dialog keren, cara membuat popup di android, kumpulan popup dialog android
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!