Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Tutorial Java for Android : Menangani USSD dengan Aplikasi Android

Menangani kode USSD hampir sama dengan menangani panggilan telepon (call) di sistem operasi Android. USSD  (Unstructured Supplementary Service Data)  adalah semacam kode/protokol yang berjalan di GSM network antara handphone dan USSD service gateway milik operator. Contohnya adalah ketika Anda mau mengecek pulsa, Anda cukup mengetik *123# untuk operator X, *888# untuk operator, *555* untuk operator I, dst.

Untuk menangani USSD melalui aplikasi Android, kita bisa memanfaatkan ‘intent’ secara ekspilisit untuk memanfaatkan service ‘call’ yang sudah ada dalam sistem operasi Android. Yang perlu kita lakukan adalah mendeklarasikan ‘permission’ di file AndroidManifest.xml untuk ‘meminta ijin’ menggunakan service bawaan Android tersebut.

<uses-permission android:name=
“android.permission.CALL_PHONE”>
</uses-permission>

Permission di atas adalah sama dengan permission saat kita melakukan panggilan (call). Bedanya dengan USSD adalah kita harus menambahkan kode ‘*’ dan ‘#’ di awal dan di akhir nomor USSD. Nantinya secara default, kode  tersebut akan ‘dilempar’ Android sebagai kode USSD. Berikutnya, tuliskan kode untuk menangani kode USSD di file MainActivity.java di folder /scr sbb :

Sebelumnya atur dulu tampilan program Android melalui file Activity_main.xml di folder /res/layout.  Buka melalui IDE Eclipse, pilih tab Graphical Layout dan ambil komponen ‘Button’ dan ‘editText masing-masing di pallete ‘Form Widgets’ dan ‘Text Fields’. Drag and drop kedua komponen tersebut hingga tampilannya seperti gambar di bawah.

Jangan lupa menambahkan kode android:onClick=“ussdclick” sebagai property tombol ‘Button’. Caranya buka file activity_main.xml, cari tulisan ‘Button’ dan salin kode di atas di bawah tulisan ‘Button’.

Jika sudah Anda lakukan langkah-langkah di atas, running program di atas melalui tombol ‘Run’ atau dengan menekan shortkey Ctrl+F11. Jika tidak ada kesalahan dalam proses debug, seharusnya akan muncul tampilan sebagai berikut

Jika Anda menggunakan simcard dari operator X, maka cukup ketikkan angka 123 dan tekan tombol ‘Button’ maka Anda akan di-forward ke layanan USSD operator tersebut. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Incoming search terms:

kode ussd sedang berjalan, cara menghilangkan kode ussd saat panggilan, cara mengatasi ussd code running, cara menghilangkan kode ussd sedang berjalan, cara menghilangkan kode ussd, cara mematikan kode USSD, cara menghilangkan ussd code running, kode ussd, menghilangkan kode ussd berjalan, cara mengatasi kode ussd sedang berjalan
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!