Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Review IP Camera P2P Sun Bio

Kebetulan ada project yang berkaitan dengan IP Camera, jadi sekalian nulis review-nya. IP Camera pada intinya sama dengan kamera digital biasa, hanya saja memiliki port LAN (RJ-45) dan pada beberapa tipe dilengkapi dengan koneksi wireless (WIFI).  Secara harga, IP Camera biasanya lebih mahal dari webcam yang hanya memiliki interface USB. Jika webcam dapat dibeli seharga 100 ribu saja, tidak demikian dengan IP Camera. Ia bisa dibeli seharga 400 ribu, 800 ribu bahkan di atas 1 juta rupiah. Semuanya tergantung kualitas dan fitur yang dimiliki.

Setelah beberapa saat memilih di toko computer, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sebuah IP Camera bermerk Sun Bio. Harganya relatif murah sekitar 800 ribuan (tergantung dolar juga sih) dibanding dengan fitur-fitur yang dimiliki. Dimensinya juga relatif kecil (seukuran kaleng susu) dengan berat yang cukup ringan (kira-kira seringan smartphone Anda lah). Berikut penampakannya.Review IP Camera P2P Sun Bio

IP camera ini memiliki fitur yang menurut saya lengkap berdasar pada kebutuhan project saya, yakni memiliki koneksi WIFI (dan antenna eksternalnya), memiliki port I/O (Input-Output), dan memiliki settingan DDNS (Dynamic DNS). DDNS ini singkatnya digunakan untuk mengakses IPCam melalui internet walaupun hanya memiliki ip public yang dinamis. Untuk lebih detailnya suatu saat nanti akan saya tulis dalam artikel tersendiri J. Fitur-fitur lainnya yang dimiliki Ipcam ini :

–          P2P (Peer to Peer) connection, artinya bisa diakses secara point to point menggunakan koneksi internet maupun intranet, dengan device laptop maupun smartphone

–          PTZ (Pan-Tilt-Zoom). Saya cek ternyata hanya Pan dan Tilt-nya aja yang bisa diatur secara software, sementara Zoom-nya harus diputar secara manual he he. Tapi sebenarnya bukan Zoom ding, tapi lebih pada mengatur focus secara manual. Tapi lumayanlah untuk ipcam di bawah satu jutaan J. Pan-Tilt-Zoom udah tau kan? ‘Pan’ artinya kameranya bisa geleng kanan geleng kiri, ‘Tilt’ artinya bisa mengangguk atas bawah, dan Zoom artinya perbesar-perkecil gambar.

–          Night vision (penglihatan malam). Kalau malam ipcam ini akan mengaktifkan LED Infra Red-nya sehingga objek di depan kamera akan tetap terlihat walaupun hanya hitam putih saja. Dalam dus ipcam ini diklaim night visibility-nya sampai dengan 15-20m. Tapi entahlah, saya sendiri belum pernah mencoba untuk jarak sejauh itu.

–          Motion detection. Jadi kalau settingan motion detect ini diaktifkan, maka tiap ada objek yang bergerak di depan kamera, langsung akan direkam, di capture atau dikirim email atau mengaktifkan port I/O  sesuai settingan. Cocok buat kamera sekuriti.

–          Ada audio two way. Artinya kita bisa mendengarkan environment sekitar kamera dari jarak jauh, sekaligus juga berbicara dengan yang ada di sekitar kamera dari jarak jauh pula (ada speaker dan mic internalnya). Tapi setelah saya coba, fitur ini belum begitu memuaskan. Mungkin ada hubungannya dengan kualitas jaringannya, karena fitur ini membutuhkan bandwidth data yang cukup lumayan. Karena project saya tidak berhubungan dengan audio, saya jadi tidak terlalu mengeksplore fungsi ini.

–          Dan fitur-fitur umum lainnya, seperti fasilitas snapshot, recording ,software tool penunjang, aplikasi mobile yang ready di unduh dalam cloud, plugin OPlayer untuk web browser, disediakan bracket dalam paket penjualan, de el el.

Secara umum IP Camera merk Sun Bio ini cukup bagus untuk harga di bawah satu jutaan. Untuk kualitas tangkapan piksel kamera masih berada di angka 640×480 (VGA), jadi kurang tajam untuk view panorama. Tetapi untuk sekedar melihat streaming keadaan sekitar sudah lebih dari cukup dan tidak membebani bandwidth.  Demikian review ip camera kali ini, untuk bagaimana mengakses dan menyetting fitur-fitur kamera akan dibahas pada artikel berikutnya.

Nikmati artikel dan tutorial teknologi berkualitas hanya di saptaji.com. Artikel sebelumnya tentang manipulasi string delphi dapat Anda baca di  http://saptaji.com/2014/06/20/beberapa-fungsi-manipulasi-string-dalam-delphi/

Incoming search terms:

cara setting ip camera p2p, sunbio p2p ip-cam, cara setting ip Camera merek sun bio, wifi ipcamera bio sun ptz, cara setting ip camera sunbio untuk android, membuat program kamera ip dengan delphi7, cctv-cam sunbio wifi software download, ip camera sun bio, Cara kerja wireless ip camera p2p pada hp windows, cara konek hp sun bio

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!