Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Setting IP Camera

Barangkali ada yang belum tahu cara setting IP camera, tutorial berikut mungkin dapat digunakan sebagai acuan. Pada umumnya cara setting IP camera adalah sama walaupun beda merk beda tipe. Cara yang termudah untuk menyetting IP camera adalah membaca buku panduannya he he he. Ya, biasanya setiap pembelian IP camera selalu disertai CD penunjang yang berisi user manual, software handler dan beberapa plugin browser (OCX) yang berguna untuk viewing ip camera di web browser. Beberapa tipe IP camera juga menyertakan aplikasi versi mobile dalam bentuk aplikasi Android atau iOS (iPhone).

Berikut ini adalah cara setting IP Camera, dengan studi kasus IP camera merk Sun Bio :

  1. Koneksikan IP camera dan laptop/komputer melalui kabel LAN (RJ45)
  2. Instal software IP finder bawaan dalam paket pembelian IP camera. Jika sudah selesai menginstal, cari IP default IP camera.
  3. Jika sudah ketemu IP address dari IP camera, sesuaikan IP laptop/komputer dalam satu subnet/kelas dengan IP address IPcam.  Jika IP laptop sudah di atur, pastikan IP address ipcam bisa diakses dengan cara di-ping. Untuk menge-ping ipcam, buka jendela command prompt melalui kotak ‘Run’ dan ketik ‘cmd’. Begitu terbuka jendela command prompt ketik ‘ping ip_addr_ip_cam’ (tanpa tanda petik). Jika terhubung seharusnya tidak ada ‘Reply time out’.
  4. Jika sudah yakin IP address IP camera sudah ketemu, buka web browser favorit Anda (Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll) dan ketikkan IP address ipcam di kotak address bar web browser. JIka ditanyakan username password, coba cek di user manual (file ada di CD ip camera). Biasanya username adalah ‘admin’, dan passwordnya ‘kosong’ alias blank (jangan ketik tulisan ‘kosong’ ya 🙂 ). Kemungkinan lain adalah username ‘kosong’ password ‘kosong’ atau username ‘kosong’ password ‘admin’.
  5. Jika sudah berhasil  masuk dari login prompt, seharusnya akan muncul menu-menu dari IP camera. Silahkan diutak-atik sesuai kebutuhan. Tampilan menu IP camera akan berbeda  untuk tiap tipe/brand IP camera.

Demikian tutorial tentang cara setting IP camera. Langkah-langkah di atas adalah ‘cara normal’ dalam artian CD ip camera masih ada, software pencari IP (IP finder) ada/bisa diinstal, username password bisa Anda temukan di user manual. Jika file-file pendukung di atas tidak Anda miliki, Anda masih bisa menyetting IP camera dengan ‘cara tidak normal’ :). Apa dan bagaimana cara tersebut? Simak pada artikel selanjutnya.

Nikmati artikel dan tutorial teknologi berkualitas hanya di saptaji.com. Artikel sebelumnya tentang image processing delphi dapat Anda baca di  http://saptaji.com/2014/06/29/beberapa-teknik-image-processing-sederhana-dalam-delphi/

Incoming search terms:

cara setting ip camera sunbio, cara setting ip cam viewer android, cara pasang ip camera, cara setting ip cam viewer, cara setting ip camera pakai laptop, cara setting ip camera ke komputer, cara setting p2p camera pakai laptop, yhs-ddc_bd, cara pasang ip camera sunbio, cara setting ip camera android
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!