Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Wisata Edukatif di Legoland, Johor Bahru-Malaysia

Liburan anak sekolah tak kami sia-siakan mencari pengalaman baru di luar negeri. Kali ini kami merencanakan suasana liburan yang bertema edukasi. Lama browsing di internet kami menemukan satu lokasi wisata yang cukup menarik yakni Legoland di kota Johor Bahru, Malaysia. Legoland adalah semacam theme park (taman dengan tema spesifik) yang keseluruhan wahana didesain dengan bentuk lego. Udah tau lego kan? Lego adalah semacam block building berbentuk kubus yang dapat disusun membentuk suatu bangunan atau purwarupa tertentu.

Setelah merencanakan perjalanan liburan, akhirnya kami berangkat naik pesawat Air Asia dari Bandung ke Johor Bahru. Untuk Anda ketahui, hanya armada Air Asia yang punya trayek udara langsung menuju Johor Bahru dari Bandara Husein Sastranegara. Harga tiketnya pun relatif ekonomis dibanding misalnya dari Bandung ke Indonesia Timur. Sekitar dua jam ngelangut di pesawat akhirnya tibalah kami di bandara Johor Bahru. Kesan pertama, yach harus kita akui bahwa bandaranya lebih represantatif daripada bandara di Bandung ;). Kesan kedua, laper, he he he. Sejenak kami menyempatkan makan di KFC di bandara. Setelah istirahat beberapa lama, kami segera menuju hotel yang telah kami pesan sebelumnya naik bis. Bis di Malaysia agak berbeda dari bis di Indonesia. Di sana Anda harus bayar dulu ke sebuah mesin pembayaran di samping sopir. Jadi ga ada istilahnya kernet di Malaysia :).

Singkat kata, tibalah kami di hotel di kawasan Pecinan di daerah Taman Sentosa. Untungnya dekat hotel ada warung makan melayu yang menyajikan makanan halal yang cukup nyaman di lidah orang Jawa 🙂 . Taman Sentosa relatif dekat dengan dua terminal Bis terbesar di Johor Bahru, yakni JB Sentral dan Terminal Larkin. Kalo mau ke Singapura Anda dapat naik bis dari JB Sentral, sedangkan kalo mau ke Kuala Lumpur Anda dapat berangkat dari Terminal Larkin. Untung yang kedua yang kami dapat adalah diskon tiket masuk ke taman Legoland yang disediakan oleh pihak hotel. Nampaknya hotel yang kami tempati punya kerjasama bisnis dengan Legoland. Bayangkan, tiket Legoland sekali masuk untuk orang dewasa adalah 120 RM dan 90 RM untuk anak-anak, atau sekitar 440 ribu untuk dewasa dan 330 ribu untuk anak-anak. Sedangkan kami adalah bertiga, kalo ditotal ya lumayan juga he he he. Tapi, Alhamdulillah, kami cukup beruntung dengan mendapatkan diskon dengan membeli tiket hotel yakni potongan harga 30 RM untuk masing-masing tiket. Ya sudahlah, lumayan udah jauh-jauh datang dari Bandung, masa’ ga jadi liburan :).

Setelah istirahat semalaman di hotel, keesokan harinya mulailah petualangan baru yang sudah dinanti-nantikan. Kami berangkat dari hotel ke Legoland naik taksi. Kata ibu yang jualan di warung makan sebelah, kalo naik taksi yang merah saja, karena lebih murah daripada taksi biru. Dan benar saja perjalanan dari Taman Sentosa ke Legoland hanya menghabiskan 30 RM atau sekitar 110 ribu dengan memakan waktu sekitar 20 menit. Tiba di Legoland, tentu saja kami melakukan ‘ritual’ yang juga dilakukan oleh turis-turis lainnya : berfoto ria di depan landmark Legoland yang ikonik.

legoland gate

Masuk ke Legoland Anda akan disuguhi bermacam-macam wahana yang semuanya bertemakan mainan lego. Ada baiknya Anda merencanakan dulu perjalanan Anda di kawasan ini dengan membaca peta yang disediakan di pintu masuk, karena begitu banyak wahana permainan yang disediakan, sampai-sampai mungkin seharian tidak akan cukup untuk bermain semua wahana.  Anda dapat memilih permainan mana yang bernilai edukatif untuk buah hati Anda. Jadi sambil bermain Anda dapat menanamkan nilai-nilai edukasi kepada anak Anda tanpa disadarinya. Kata psikolog, karena sambil bermain, nilai-nilai tersebut akan lebih ‘tertancap’ dalam alam bawah sadar si anak layaknya  prosedur hypnoterapi. Dari sini Anda dapat membentuk kepribadian anak dengan cara-cara yang menyenangkan dan tanpa disadari anak Anda. Berikut ini wahana-wahana yang menurut saya memiliki nilai edukasi.

Balap mobil — Anda dapat mengajarkan tentang budaya sopan berlalu-lintas di sini. Perhatikan bahwa semua mobil, penjual dan pembeli makanan terbuat dari lego

Miniatur bangunan landmark Malaysia — Anda dapat mengajarkan tentang histori tentang bangunan kepada anak Anda. Di area ini terdapat miniatur menara petronas, masjid besar Malaysia, dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Anda juga dapat menceritakan interaksi miniatur manusia dan apa yang mereka lakukan di sekitar bangunan tersebut.

 

Lego Academy — Kalo di sini tempatnya bermain lego sesungguhnya. Ada semacam guide/trainer yang akan membantu anak Anda membantu membuat sebuah bentuk tiga dimensi dari mainan lego (block buiding). Perhatikan siluet wajah yang dibuat dari lego. Harusnya Anda sudah tahu wajah siapakah itu. Ya, Albert Einstein. Luar biasa sekali bukan? Anda juga dapat menjelaskan kepada anak Anda siapa Albert Einstein dan sumbangsihnya dalam dunia ilmu pengetahuan.

Kebun binatang lego — Anda dapat menjelaskan bermacam-macam hewan di sini. Ada juga dinosaurus yang terbuat dari lego

Permainan Pemadam Kebakaran — Dalam permainan ini Anda bisa mengajarkan tentang kerjasama tim kepada anak Anda. Rule permainan ini : ada 4 tim (dengan tiap tim terdiri dari 3/4 orang) yang di-challenge untuk segera memadamkan api di lokasi yg berjarak sekitar 5-7 m dari lokasi parkir bus pemadam kebakaran. Tiap tim (biasanya diadu dengan turis lain) harus sesegera memadamkan api mulai dari memacu bus pemadam ke lokasi kebakaran, berlomba-lomba memadamkan api dan kemudian kembali ke lokasi parkir. Uniknya, bus hanya bisa jalan jika dipompa dengan semacam tuas yang digerakkan oleh dua orang. Berikut ini saya abadikan beberapa foto untuk menggambarkan serunya permainan ini

 

Dan masih banyak wahana edukatif lainnya di kawasan theme park ini. Anda dapat melihatnya di peta yang dibagikan di loket atau Anda dapat juga melihatnya di web official Legoland secara online.

Tak sadar hari sudah mulai gelap, jam tangan menunjukkan pukul 18.00 waktu setempat. Loudspeaker-loudspeaker yang tersebar seantero kawasan sudah meneriakkan bahwa wahana sudah akan ditutup. Kami segera bergegas pulang, sambil mampir ke toko souvenir untuk sekedar beli kenang-kenangan.  Waktu pulang, kami sengaja naik bis karena di depan Legoland hanya ada taksi biru yang terkenal mahal itu :). Lokasi halte bis ada di tempat parkir di sebelah kiri kalo Anda keluar dari kawasan theme park Legoland.  Seru dan tak terlupakan, namun kami harus segera pulang ke hotel tuk melanjutkan perjalanan esok hari ke Kuala Lumpur.

Incoming search terms:

jalan-jalan ke legoland dari bandung, lego bandung wisata, peta legoland johor, pasar tradisionil dekat legoland, hotel yang kerja sama dengan legoland, foto lego land pemadam, miniatur lego, gambar macam-macam lego, buatlah aplikasi android tiket bus dengan xe8, wisata legoland malaysia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!