Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Menciptakan ‘Objek’ Timer di Android

Timer biasa digunakan untuk menghitung waktu secara berulang. Pada pemrograman berorientasi objek (OOP=Object Oriented Programming), timer digunakan digunakan untuk mengeksekusi baris script di dalamnya dalam rentang waktu yang telah ditentukan secara berulang. Dalam ‘etimologi’ sebuah objek, event ini disebut sebagai event ‘OnTimer’.

Pemrograman Android menggunakan Java juga mengenal adanya objek Timer ini.  Biasanya yang digunakan untuk menangani Timer  adalah class TimerTask. Namun kali ini penulis akan mencoba ‘trik’ lain yang akan menciptakan sebuah ‘objek’ timer dengan cara sederhana, mudah digunakan dan gampang dipahami. Trik kali adalah dengan memanfaatkan class Handler untuk menciptakan sebuah thread yang berulang setiap satuan waktu. Inti dari trik ini adalah menggunakan salah satu method dari Handler yakni postDelayed(Runnable r, long delayMillis). Dengan menempatkan kembali method ini ke dalam Runnable maka akan tejadi efek nested  yang akan menyebabkan pengeksekusian script di dalam Runnable yang berulang sehingga berfungsi layaknya event ‘OnTimer’ :). Untuk lebih jelasnya simaklah contoh script sebagai berikut :

Nama program : ‘timerku.apk’.

Objective :  menampilkan angka secara berurutan tiap 1 detik.

Langkah-langkah development :

  1. Buka IDE Eclipse ADT (Android Developer Tools) dan buat project baru dengan nama ‘timerku’ melalui menu File | New | Android Application Project. Tekan tombol ‘Next’ sampai selesai jendela wizard-nya. 
  2. Buka file activity_main.xml pada folder /res/layout (lihat jendela ‘Package Explorer’) dan tambahkan satu komponen textView ke dalam form designer. Beri id komponen tersebut dengan nama ‘textView’ pada file xml-nya. 
  3. Buka file MainActivity.Java pada folder /src dan tambahkan kode berikut untuk menangani timer

 4. Run project dan amati tulisan pada textView yang terus bertambah tiap satu detik (1000 ms). 

Penjelasan program :

Baris [2] : menciptakan sebuah instance dari class Handler dengan nama ‘handler’.

Baris  [10] : memanggil timer melalui class handler dan method postDelayed dengan parameter (runnable, 1000). Parameter ‘runnable’ menunjukkan kumpulan script yang yang akan dieksekusi dalam sebuah thread ‘Runnable’, sedangkan parameter ‘1000’ menunjukkan jeda waktu kapan runnable tersebut dieksekusi dengan satuan milli second.

Baris [13] s.d [22] adalah thread Runnable dengan nama ‘runnable’ yang berisi kumpulan script yang harus dieksekusi ketika dipanggil handler. Perhatikan baris [20] bahwa dalam blok thread runnable dipanggil kembali handler.postDelayed. Dengan demikian akan terjadi loop nested (berulang/bersarang) yang akan menimbulkan efek ‘onTimer’ secara berulang dengan jeda waktu tiap 1000 ms.

Demikian tutorial tentang timer di Android menggunakan Java kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Objek Timer ini banyak sekali digunakan dalam ‘falsafah’ pemrograman, jadi ada baiknya Anda pelajari secara khusus bagaimana metode yang terbaik dan termudah agar project Anda bisa cepat selesai dengan hasil yang terbaik. Bagi yang berminat source code program di atas seutuhnya, silahkan tulis email Anda di jendela komentar di bawah.

Incoming search terms:

cara membuat delay di eclipse, cara memberi jeda waktu di java android, Menciptakan ObjekTimerdi Android, apa fungsi runnable android, membuat timer di android, menciptakan object timer android, menjalankan class secara berurutan android java, Objek timer adalah, pemrograman android menggunakan timer, raudus panggil www
8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!