Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Disable Startup Repair dan Splash Screen Saat Booting Windows 7

Tampilan repair Windows 7 saat startup/booting Windows 7 adalah suatu mekanisme ‘pertahanan’ Windows jika tiba-tiba CPU mati (unexpected power down). Mekanisme ini diperlukan untuk menjaga semua settingan dan data tidak ada rusak saat power yang mati tiba-tiba (consistency check). Jika algoritma sistem Windows mengatakan ada data yang corrupt, maka Windows akan menampilkan menu repair saat booting pertama kali. 

Pada umumnya, fitur ini memang berguna untuk menjaga kestabilan sistem dan konsistensi data di Windows. Namun ada kalanya fitur ini akan menyulitkan jika Anda menggunakan Windows (dalam hal ini adalah Windows 7) sebagai sistem controller. Sebuah sistem controller harus bisa langsung masuk ke sistem jika mengalami power off baik sengaja maupun tidak. Jika Windows 7 mengalami kejadian seperti pada gambar di atas, maka mau tak mau Anda harus memasukkan usb keyboard dan monitor agar Anda dapat memilih pilihan ‘Start Windows Normally’ pada gambar di atas. Pada sebuah sistem controller yang berdiri mandiri (stand alone), kejadian ini harus diantisipasi agar ketika terjadi  unexpected power down, sistem dapat booting dan running secara normal. Jika Anda mengalami hal yang sama dengan saya, trik berikut dapat Anda pakai untuk lebih mengoptimalkan sistem controller berbasis Windows Anda. Trik pertama adalah tentang men-disable fitur startup repair (Windows Error Recovery), sedangkan trik yang kedua adalah untuk lebih mempercepat booting sistem.

Trik 1 : Disable startup repair (Windows Error Recovery)

  1. Masuk ke jendela command prompt sebagai administrator. Anda dapat melakukannya melalui menu Start | All Program | Accessories | Command Prompt – klik kanan | Run as administrator.
  2. Ketik command sbb ke dalam jendela command prompt :

             bcdedit /set {default} recoveryenabled No

             bcdedit /set {default} bootstatuspolicy ignoreallfailures

Setelah menginput command di atas cobalah restart Windows Anda. Berikutnya matikan PC/komputer Anda secara tiba-tiba (tanpa melalui menu ‘shutdown’) dan nyalakan kembali. Seharusnya sekarang PC/komputer Anda akan langsung masuk ke Windows tanpa masuk ke fitur Windows Error Recovery.

Trik 2 : Mempercepat booting Windows dengan men-disable splash screen Windows

Jika Anda perhatikan, saat Windows 7 booting Anda akan disuguhi animasi gambar ‘jendela’ yang seakan-akan menunggu sistem ready. 

Anda dapat men-disable tampilan ini sehingga dapat mempercepat waktu booting Windows 7 Anda. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Dari Control Panel (mode view by : Small Icons) masuk ke menu ‘Administrative Tools’. Kemudian pilihlah ‘System Configuration’
  2. Jika sudah muncul jendela ‘System Configuration’ pilih tab ‘Boot’ dan pada kotak ‘Boot options’ centanglah pilihan ‘No GUI boot’. Klik tombol ‘Apply’ atau ‘OK’ untuk mengaktifkan perubahan settingan. Jika Anda restart Windows Anda, seharusnya splash screen Windows 7 sudah tidak muncul lagi. 

Sekian tutorial trik & tips Windows 7 tentang Disable Startup Repair dan Splash Screen Saat Booting Windows 7, semoga bermanfaat untuk Anda. Tutorial ini utamanya jika Anda memanfaatkan Windows 7 sebagai sebuah sistem controller yang stand alone. Namun demikian Anda juga dapat menerapkannya untuk kebutuhan yang lain. Untuk tutorial Windows 7 yang lain tentang mengatasi com in use windows 7 dapat Anda simak di sini.

Incoming search terms:

cara mematikan startup repair, cara mematikan startup repair windows 7, cara menghentikan startup repair, Cara menonaktifkan startup repair, menghentikan startup repair, menonaktifkan repair recommendation di windows 7, cara menonaktifkan startup repair windows 7, cara menonaktifkan startup repir, cara disable startup repair, cara disable startup repair windows 7
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!