Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Tips Hemat Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Menggunakan kendaraan bermotor harus bijak dalam penggunaan bahan bakar. Selain untuk kepentingan penghematan budget keluarga, Anda juga turut berperan serta menghemat APBN pemerintah khususnya jika menggunakan BBM subsidi. Berikut ini adalah tips hemat bahan bakar kendaraan bermotor yang saya sarikan dari beberapa sumberĀ green energy - tips hemat bahan bakar

Atur tekanan ban sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan

Gunakan pengukur tekanan ban yang akurat untuk mengatur tekanan ban yang direkomendasikan. Ukuran tekanan ban tertera pada label yang ada pada pilar pintu pengemudi. Nilai yang direkomendasikan akan membuat berkendara lebih nyaman, sistem kemudi dan handlingnya baik serta hemat bahan bakar.

Gunakanlah oli mesin yang direkomendasikan

Kekentalan oli mesin yang tinggi membuat mesin bekerja berat dan meningkatkan pemakaian bahan bakar. Selalu gunakan oli mesin yang direkomendasikan untuk kendaraan anda sesuai dengan petunjuk pada Buku Pedoman Pemilik.

Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan

Penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan akan membuat pembakaran lebih sempurna dan tidak meninggalkan kotoran atau kerak sisa pembakaran. Pembakaran yang sempurna akan membuat kinerja mesin lebih efisien dan memaksimalkan jarak tempuh penggunaan bahan bakar. Pastikan Anda mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar yang berkualitas dan memiliki takaran yang akurat.

Panaskan mesin sebelum kendaraan dijalankan

Biasakan untuk memanaskan mesin sesaat sebelum dijalankan. Apabila kendaraan langsung dijalankan setelah mesin dinyalakan, maka akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi boros karena pembakaran belum optimal. Memanaskan mesin terlalu lama akan membuang bahan bakar dengan percuma. Cukup panaskan mesin sekitar 1 (satu) menit sebelum kendaraan dijalankan.

Mengurangi berat kendaraan

Barang-barang yang tidak diperlukan tetapi dibawa didalam kendaraan akan menambah berat kendaraan. Hal tersebut membuat mesin bekerja keras dan mengkonsumsi banyak bahanĀ  bakar. Kurangi membawa barang yang tidak diperlukan dari kendaraan anda.

Akselerasi sedang dan lembut

Hindari menekan pedal pegas terlalu sering. Akselerasi yang keras berdampak pada konsumsi bahan bakar yang berlebihan. Akselerasi yang terlalu lembut akan membuat perpindahan gigi terlalu lama dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Akselerasi sedang dan lembut memberikan penghematan bahan bakar yang sempurna. Jika kendaraan menggunakan transmisi manual (M/T), Anda bisa meningkatkan penghematan bahan bakar dengan perpindahan gigi lebih awal jika memungkinkan

Hindari pengemudian yang selalu Stop & Go

Antisipasi rambu-rambu lalu lintas untuk menjaga momentum saat awal kendaran berjalan. Hindari Stop & Go yang tidak perlu. Jangan mengemudikan kendaraan dengan kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan lainnya. Berada terlalu dekat dengan kendaraan lainnya akan memaksa anda untuk melakukan Stop & Go yang sama dengan kendaraan di depan anda.

Mengurangi kecepatan

Beban aerodinamik mempunya efek yang sangat besar terhadap pemakaian bahan bakar. Pemakaian bahan bakar akan meningkat pada saat kecepatan di atas 80 km/jam. Mengurangi kecepatan kendaraan akan mengurangi beban aerodinamik.

Perpindahan gigi yang tepat

Saat akan memindahkan gigi, hindari rpm yang terlalu tinggi. Perpindahan gigi ideal adalah sekitar 2000 rpm dan usahakan saat pindah gigi rpm tidak turun terlalu jauh

Hindari berhenti terlalu lama dengan kondisi mesin hidup

Saat kendaraan berhenti dengar mesin AC menyala, konsumsi bahan bakar akan terus berjalan Berhenti terlalu lama dengan mesin tetap menyala akan membuang bahan bakar dengan percuma.

Hemat dalam penggunaan AC

Mesin akan bekerja dengan keras saat A/C dinyalakan. Hal tersebut akan menambah konsumsi bahan bakar. Nyalakan A/C jika benar-benar dibutuhkan. Jika kendaraan memiliki fitur kontrol iklim; pilihlah temperatur yang paling nyaman.

Maksimalkan fitur ECO

Saat ini beberapa tipe kendaraan telah dilengkapi dengan sistem ECO. Maksimalkanlah penggunaan fitur untuk menghemat pemakaian bahan bakar Anda. Fitur ECO terdiri dari dua tipe, yaitu otomatis dan manual, tergantung tipe kendaraan anda

Lakukan perawatan berkala secara teratur

Dengan melakukan perawatan berkala secara teratur, maka akan membuat kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima. Kondisi tersebut membuat Anda nyaman berkendara dan menjaga konsumsi bahan bakar kendaraan Anda menjadi hemat Ikutilah jadwal perawatan berkala sesuai dengan Buku Pedoman Pemilik untuk menjaga performa kendaraan Anda

Demikian tips kali ini, mari kita mulai dari sendiri mulai saat ini…

Incoming search terms:

oli hemat bahan bakar, apa epek mobil langsung d jalankan tidak d panaskn, gambar lalu lintas pengisian bahan bakar, menghemat bahan bakar, pemakaian gigi saat pengisian BBM, rambu lalu lintas stasiun bahan bakar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!