Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengenal Bagian-bagian Software IDE Arduino

Aplikasi/software IDE (Integrated Development Environment) Arduino digunakan sebagai media pemrograman Arduino yang terintegrasi. Dengan aplikasi ini Anda dapat menulis program Arduino (disebut juga dengan ‘sketch’), mengkompilasi, men-debug jika ada kesalahan pemrograman, dan meng-upload-nya ke papan Arduino. Ohya, bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C for Arduino, semacam bahasa C yang di-enhance untuk kebutuhan pengaksesan hardware Arduino. Jadi ada beberapa subrutin yang ada di bahasa C for Arduino namun tidak ada di bahasa C ‘kakak’-nya.

Sebelum belajar pemrograman Arduino, ada baiknya Anda mengenal bagian-bagian dalam software IDE Arduino supaya kegiatan pemrograman Anda berjalan dengan lancar. Jika Anda belum menginstal software IDE Arduino, silahkan dibaca tutorialnya di ‘Cara menginstal software IDE Arduino‘. Dan jika Anda sudah menginstalnya, Anda bisa meneruskan membaca tutorial di bawah.

Pertama kali, running-lah program/software IDE Arduino Anda. Setelah beberapa detik, Anda akan mendapati jendela aplikasi ini sesuai gambar di bawah :

jendela software IDE Arduino

Berikut adalah penjelasan bagian-bagian IDE Arduino sesuai gambar di atas :

No 1 : Menu IDE Arduino. Setidaknya ada 5 menu yang akan membantu Anda melakukan programming dengan aplikasi ini, yaitu ‘File’, ‘Edit’, ‘Skecth’, ‘Tools’ dan ‘Help’. Menu ‘File’ digunakan untuk berinteraksi dengan file *.ino (new, open, save, print, contoh program, dll). Menu ‘Edit digunakan untuk mengedit program yang sedang ditulis di sketch editor, menu ‘Sketch’ untuk mem-verify, meng-upload sketch, menu ‘Tools’ untuk memanggil tools pendukung software Arduino ini dan menu ‘Help’ berisi bantuan/catatan/keterangan yang mungkin Anda butuhkan jika ada pertanyaan. Tiap menu ini memiliki submenu-submenu sendiri. Silahkan dieksplor untuk lebih detail masing-masing fungsinya.

No 2 : Kumpulan shortcut yang sering digunakan dalam proses pemrograman. Dari kiri ke kanan, shortcut tersebut adalah : Verify – Upload – New Sketch, Open, Save. Dan shortcut paling kanan adalah shortcut ‘Serial Monitor’, yakni jendela yang digunakan untuk memonitor data yang keluar masuk di port serial Arduino (diemulasi dalam port USB ke arah komputer).

No 3 : nama sketch

No 4 : Skecth editor. Di sinilah tempat Anda menulis program/sketch Arduino dalam bahasa C.

No 5 : jendela informasi/notifikasi jika melakukan sesuatu di IDE ini

No 6 : jendela debug. Jika ada kesalahan programming maka kesalahan tersebut akan muncul di jendela ini. Ini akan memudahkan Anda dalam mencari bug dalam program Anda

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan atau yang sedang belajar Arduino. Untuk tutorial yang lebih lengkap dapat Anda baca di buku Mudah Belajar Mikrokontroller dengan Arduino. Di sana saya tulis tutorialnya secara lebih detail, terperinci dan runut untuk membantu Anda menguasai pemrograman Arduino. Terima kasih dan selamat berkarya.

Incoming search terms:

bagian bagian arduino, cara menampilkan nomor pada arduino ide, bagian bagian dari tempat sketch di arduino ide, arduino ide adalah, bagian software arduino, mengenal bahasa c pada arduino, GAMBAR bagian pada IDE arduino, ide arduino adalah, ide aduino adalah, fungsi bagian interface arduino ide

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!