Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengirim SMS di Android dengan Java (via Android Studio)

Mengirim SMS di Android secara programatikal dengan bahasa Java cukup mudah dilakukan. Kali ini saya coba menuliskannya dalam bentuk tutorial sederhana. IDE (Integrated Development Environment) yang saya gunakan adalah Android Studio, yakni IDE terbaru dari Google yang menggantikan IDE sebelumnya yang berbasis Eclipse. Jika Anda belum memiki IDE Android Studio silahkan diunduh dulu di http://developer.android.com/tools/studio/index.html. Dan jika sudah, Anda dapat melanjutkan membaca tutorial di bawah ini

Mengirim SMS di Android, the Java Code

Mengirim SMS di Android melalui kode Java, dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui SmsManager API (Application Programming Interface) atau melalui implicit intent yang memanfaatkan aplikasi bawaan (SMS client) di Android. Saya lebih memilih menggunakan cara yang pertama (SmsManager API) karena dapat langsung mengirim SMS tanpa perantara aplikasi bawaan. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah pertama, buka Android Studio Anda, dan buat project baru untuk program kirim SMS dengan Android ini. Jika belum tahu caranya silahkan dibaca tutorialnya di Membuat project Android Baru di Android Studio.

Langkah kedua, ambil komponen ‘Button’ ke jendela form designer. Caranya, buka dulu file activity_main.xml dari jendela tree manager (lihat gambar di bawah), kemudan klik bagian tab ‘Design’. Kemudian drag komponen ‘Button ke form designer.

mengirim sms android java - form designer

Langkah ketiga, tambahkan event listener ke komponen Button melalui file aactivity_main.xml tapi di bagian tab ‘Text’ (lihat bagian yang di-highlight di bawah)

Langkah ke empat, buka file MainActivity.java dan tambahkan source code berikut di bawah public class MainActivity

Method yang penting terletak pada baris [4] dan [5]. Pada baris [4], dibuatlah sebuah instance smsManager dari class SmsManager (ingat, di Java definisi variabel, subrutin, method, class dsb bersifat case sensitive). Kemudian setelah menjadi instance, dapat diturunkan method dari ancestornya, yakni ‘sendTextMessage (baris [5]) dengan parameter ‘no hape’ di isi nomor handphone tujuan (sebaiknya dalam format international/ ada prefix +62) dan parameter ‘isi pesan’ diisi dengan pesan SMS-nya.

Pada langkah ini jangan lupa menambahkan deklarasi class android.telephony.SmsManager; di bagian ‘import’ paling atas, karena API SmsManager berada pada class ini.

Langkah kelima, tambahkan deklarasi permission di file AndroidManifest.xml untuk mengijikan aplikasi mengirim sms

Insya Allah sudah selesai sobat, langkah-langkahnya. Tinggal dijalankan aja project-nya. Caranya bisa melalui menu Run | Run App atau tekan tombol Shift+F10 atau dengan mengklik shortcut segitiga hijau di bagian atas IDE. Tapi jangan lupa pasang dulu kabel USB ke smartphone Android-nya :). Dan pastikan driver USB smartphone sudah terinstal dan terdeteksi oleh IDE Android Studio. Selamat mencoba. Hasilnya seperti gambar di bawah. Jika Anda tekan tombol ‘New Button’, maka SMS akan langsung terkirim ke nomor yang tadi Anda definisikan di method sendTextMessage. Kalo ada pertanyaan silahkan isi commentar di bawah ya …

aplikasi kirim sms android bikin sendiri pake java

bersambung ke Cara menerima SMS di Android menggunakan Java

Incoming search terms:

R tidak dapat dibaca pada android studio, android studio aplikasi sms, mengirim pesan java, cara membuat aplikasi sms di android studio, coding kirim pesan android studio, membuat aplikasi sms menggunakan android studio, tutorial pengiriman teks melalui kabel usb di android eclipse, aplikasi pengiriman pesan menggunakan android studio, aplikasi android kirim sms source code, android studio koding java aplikasi sms
Tags:,
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!