Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7

Hyper Terminal adalah aplikasi terminal client bawaan Windows yang digunakan untuk mengakses port baik fisik maupun virtual di Windows misalnya port serial (COM port), port telnet (23), port SSH (22), TCP (80), dll. Aplikasi Hyper Terminal mulai dikenal sejak dipopulerkan bersama Sistem Operasi Windows XP. Tapi entah kenapa, pada Windows versi berikutnya (Vista, Windows 7, Windows 8, dst) aplikasi ini tidak ditemukan lagi.

Tapi jangan kuatir, ada banyak orang yang sudah mem-back up-nya. Anda dapat mencarinya di mesin pencari Google atau download di link G-drive pribadi saya di https://goo.gl/cnXy5J. Tenang, saya bagikan gratis karena saya mendapatkannya juga gratis :). Silahkan di unduh dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Jika sudah diunduh, coba diekstrak dulu file zip-nya, dan akan Anda dapatkan dua file yakni hypertrm.dll dan hypertrm.exe. File yang pertama merupakan file library, sedangkan yang kedua adalah file executable-nya. Yang perlu Anda perhatikan dua file ini harus berada pada folder yang sama agar file hypertrm.exe dapat dijalankan. Sekarang coba double click file hypertrm.exe. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah :

Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7

Beri sembarang nama untuk connection di atas, misalnya ‘contoh’. Setelah menekan tombol ‘OK’ akan muncul popup window yang menanyakan port mana yang akan diakses menggunakan Hyper Terminal ini. Pada contoh ini saya menggunakan port COM25. Tekan tombol ‘OK’ untuk melanjutkan proses berikutnya

Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7 - open COM

Berikutnya akan muncul jendela port setting. Settinglah port sesuai parameter interfacing Anda. Contoh, jika menggunakan port serial (COM) maka ada parameter baudrate, databits, parity, stop bit dan flow control yang harus Anda setting. Ada juga tombol ‘Restore default’ untuk mengembalikan semua setting parameter ke kondisi default.

Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7 - port setting

Setelah menekan tombol ‘OK’ maka aplikasi Hyper Terminal ini sudah siap digunakan.

Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7 - contoh aplikasi

Sebagai overview, aplikasi Hyper Terminal ini banyak saya gunakan untuk berinteraksi/interfacing dengan hardware yang menggunakan port serial baik fisik maupun virtual. Port serial virtual maksudnya adalah port yang berfungsi layaknya port serial namun secara fisik/hardware tidak ada. Biasanya port serial virtual diemulasi di port USB. Pastikan jika Anda menggunakan port serial virtual yang diemulasi di port USB, drivernya harus benar-benar sudah terinstal dengan baik.

Aplikasi ini belum pernah saya coba untuk Windows 8, tapi sepertinya bisa juga sih … Bagi yang sudah pernah mencobanya silahkan berbagi pengalamannya di kolom komentar di bawah ya …. Thx

Incoming search terms:

menggunakan hyperterminal di windows 7, setting hyperterminal pada windows 7, cara menggunakan hyperterminal, hyperterminal windows 7, cara menggunakan hyper terminal, hyperterminal, cara mengunakan hypeterminal, saptaji com hypertermina;, hyper terminal, windows hyper terminal
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!