Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Komunikasi Data dengan Bluetooth antara PC dan Arduino

Membangun sebuah komunikasi data antara PC/laptop dengan Arduino relatif mudah dilakukan, bahkan mungkin dapat Anda lakukan dalam waktu kurang dari 5 menit, seperti project-project Arduino lain yang saya tulis di blog ini (contoh : disini, disana, disitu, dll). Yang perlu Anda siapkan adalah PC/laptop dan Arduino yang masing-masing memiliki Bluetooth device. Sisi PC harus Anda install dulu drivernya, add device Bluetooth Arduino kemudian pairing, sedangkan sisi Arduino, Anda harus menambahkan device eksternal (bisa berupa Bluetooth module atau Bluetooth shield) karena papan Arduino secara default tidak memiliki Bluetooth dan tentunya Anda harus mengisikan program Bluetooth handler ke dalam Arduino. Tenaang, semuanya relatif mudah dilakukan karena Arduino sudah memiliki library siap pakai. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial sebagai berikut :

Sisi Arduino

Kali ini saya menggunakan Arduino Uno dan Bluetooth modul tipe HC-05. Untuk koneksi wiring-nya silahkan di lihat pada gambar di bawah

Arduino uno + bluetooth HC-05 schematic

Konfigurasi koneksi wiring Arduino Uno ke Bluetooth modul HC-05

Pin 5V Arduino – pin  Vcc HC-05

Pin Gnd Arduino – pin Gnd HC-05

Pin 8 Arduino – pin TxD HC-05

Pin 9 Arduino – pin RxD HC-05

Selanjutnya, isikan sketch berikut ke Arduino

Sisi Arduino sudah siap berkomunikasi dengan Bluetooth. Kini saatnya menyiapkan sisi PC/laptop untuk pairing-nya.

Sisi PC/Komputer/Laptop

Langkah pertama, pastikan bahwa PC/komputer/laptop Anda memiliki Bluetooth device dan drivernya sudah terinstal dengan baik. Caranya bisa dengan mengecek di Device Manager di Control Panel (jika menggunakan Windows, untuk Linux saya kurang tau 🙂 ).

Langkah kedua, tambahkan Bluetooth device HC-05 di PC Anda. Caranya cukup bervariasi pada tiap aplikasi Bluetooth di tiap komputer, namun intinya cari dan tambahkan Bluetooth device dengan nama ‘HC-05’ pada komputer Anda. Setelah berhasil ditambahkan, antara komputer dan HC-05 masih belum terkoneksi. Anda masih harus mengkoneksikannya dengan jalan pairing antar keduanya. Caranya juga bervariasi pada tiap komputer, tapi pada intinya cari menu ‘pairing’/’connect device’ dan jika ditanyakan kode pairing HC-05 isikan dengan kode ‘1234’. Ini adalah kode pairing HC-05 standar bawaan dari pabrikan.

Langkah ketiga, buka aplikasi Hyper Terminal. Aplikasi ini merupakan aplikasi terminal client yang dapat mengakses port serial (COM Port). Jika belum memilikinya, dapat Anda unduh di sini. Yang perlu Anda ketahui, ketika Anda menginstal driver Bluetooth di komputer Anda, driver itu akan menciptakan sebuah (mungkin 2 buah, bervariasi tiap modul) port serial/COM virtual di komputer Anda. Port virtual inilah yang digunaka sebagai pintu masuk/keluar data melalui media Bluetooth. Untuk mengetahui di nomor berapa port COM-nya, silahkan bisa Anda lihat di Device Manager.

arduino bluetooth hc05 - windwos 7 device manager

Kembali ke aplikasi Hyper Terminal, segeralah masukkan no port COM yang Anda lihat tadi di Device Manager ke aplikasi ini dan setting parameter komunikasi (baudrate, databit, flow control, dll) ke settingan default. Mengenai cara menggunakan aplikasi Hyper Terminal dapat Anda baca di artikel Hyper Terminal Portabel untuk Windows 7. Setelah selesai melakukan konfigurasi, tekanlah tombol koneksi untuk melakukan koneksi ke Bluetooth HC-05 Arduino. Jika berhasil melakukan koneksi maka akan muncul tulisan berikut di jendela Hyper Terminal. Bagaimana jika tidak muncul? Cobalah restart Arduino-nya terlebih dahulu, karena bagian ‘greeting‘ tersebut dideklarasikan di bagian void setup() di sketch Arduino, jadi kalau pairing-nya kalah cepat duluan dibanding starting-up Arduino, tulisan tersebut tidak akan muncul. Jadi troubleshoot sederhananya adalah : restart Arduino

arduino bluetooth hc-05 - windows 7 hyper terminal

Kemudian tekan angka 1 dan perhatikan LED yang ada di board Arduino. Harusnya kondisinya menyala sekarang, dan kemudian tekan angka 0, maka LED tersebut akan mati. Selamat, Anda telah berhasil menghubungkan PC Anda dengan Arduino melalui media bluetooth, sekaligus mengendalikan nyala LED yang ada di board Arduino melalui bluetooth. Untuk penjelasan program/sketch Arduino akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Incoming search terms:

cara mengakses Arduino control 8 devices via Android Bluetooth, cara setting bluetooth hc-05, cara sett arduino pakai bluetooth, modul bluetooth pc, langkah langkah yang di lakukan dalam komunikasi arduino dg laptop, cara menyambungkan bluetooth shield v2 dengan arduino, komunikasi serial bluetooth android komputer, cara setting bluetooth serial port, on off komputer dengan hp adruino, menggunakan LED dengan komunikasi bluetooth
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!