Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengukur Jarak Objek dengan Komputer via Delphi

Untuk mengukur jarak suatu objek/benda menggunakan komputer, Anda mutlak memerlukan sebuah peripheral device. Alat tersebut harus dapat melakukan pengukuran jarak untuk kemudian dikirimkan datanya melalui port yang tersedia di laptop. Bisa melalui kabel USB (kabel serial sebenarnya bisa aja tapi sekarang sudah jarang ada komputer yang support port serial) atau melalui media wireless seperti WIFI atau Bluetooth. Selain hardware untuk sensornya, tentunya Anda harus menyiapkan pula software handler-nya.

Pada tutorial kali ini saya akan mencontohkan bagaimana cara mengukur jarak objek dengan komputer via Delphi sebagai software handler-nya. Untuk peripheral device saya menggunakan alat ini (lihat gambar di bawah), buatan saya sendiri :). Alat ini mampu mengukur jarak sampai dengan 2 m (200 cm) dengan resolusi 1 cm dan interface output berupa kabel USB (micro). Jadi kompatibel untuk semua laptop/komputer jaman sekarang.

usb-pengukur-jarak1

Baiklah, mari kita coba project sederhana ini. Pertama, buka Delphi Anda (saya menggunakan Delphi XE2), buat project baru dengan nama sembarang. Kemudian ambil komponen TEdit, TMemo, TLabel dan TComPort ke form designer seperti gambar di bawah. Jika belum punya komponen comport silahkan dibaca petunjuknya di sini.

desain program ukur jarak dengan delphi xe2

Langkah kedua, atur properties tiap komponen sebagai berikut :

komponen properties value
Button 1 caption Start/Stop
Timer1 interval 2000
enabled true
Comport1 Port COM25 (sesuaikan dengan komputer Anda)

Catatan : untuk melihat no port COM, install dulu usb driver bawaan alat, kemudian cek nomor port di jendela Device Manager (Control Panel) atau Device and Printers (dari Start Menu pilih Device and Printers)

Devices and Printers - COM Arduino

Langkah ketiga, isikan event handler untuk Button1 (onClick), Comport1 (onRxChar) dan Timer1 (onTimer) sebagai berikut

Secara umum fungsi komponen Button1 adalah untuk memulai/mengakhiri pengambilan data dari alat sensor, komponen comport1 untuk menangani komunikasi data via USB (emulasi COM port) dan komponen Timer untuk mengatur sampling pengambilan data dari data sensor yang sudah masuk ke komputer.

Jika sudah menuliskan source code untuk masing-masing komponen, kini saatnya untuk mencoba aplikasinya. Run project di atas (F9), seharusnya Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah.

program ukur jarak dengan delphi xe2

Berikutnya, hubungkan dulu kabel USB dari alat sensor jarak ke komputer Anda. Kemudian tekan tombol ‘Start/Stop’ untuk memulai pengambilan data. Beberapa detik kemudian, jarak objek akan tertera di kotak edit1 dan akan terus update setiap 2 detik sekali (waktu sampling bisa diset).

Mudah, bukan?

Alat ini bisa dibeli seharga 175 ribu (sudah termasuk cd driver, contoh aplikasi dan source code Delphi) di toko komponen elektronik online saya. Spesifikasi teknisnya kurang lebih adalah jarak maksimal 2 meter, interface kabel USB micro, powered by USB power (hemat daya dan tanpa power supply eksternal). Jika Anda membutuhkan jarak lebih 2 meter, bisa aja sih, namun harus ganti sensor dan tentunya harganya juga akan lain. Untuk sensornya sendiri bekerja secara seamless, contactless, menggunakan teknologi sonar/ultrasonik. Gimana? Tertarik? Silahkan tekan tombol ‘Beli’ di bawah ini untuk memesan.

Untuk aplikasi lain yang menggunakan alat ini adalah Aplikasi Pengukur Jarak dengan Delphi. Jika Anda menggunakan software IDE selain Delphi (misalnya Visual Basic, Java, PHP, dll)? Jangan kuatir, sudah saya carikan solusinya di sini.

Incoming search terms:

wifi menggunakan delphi, deteksi jarak delphi arduino, delphi tentang toko komputer, Coding sensor dengan delphi, cara mengukur panjang pada gambar dengan delphi 7, cara menggunakan sensor jarak pada delphi, cara buat procedure comport1 untuk baca data arduino, aplikasi yang di hubungkan dengan pengukur jarak langkah kaki dengan delphi, aplikasi pengukur jarak pada pc, alat delphi pkai sensor
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!