Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Arduino Uno Clone SMD, Murah, Ekonomis namun Handal

Papan Arduino yang paling digunakan diseluruh dunia adalah tipe Arduino Uno. Tak heran varian dari dari papan ini banyak tersedia di pasaran. Mulai dari asli (ori) sampai yang kualitas KW. Yang KW pun ada yang KW super, KW1, KW2, dst (katanya sih he he he). Harganya pun bervariasi, dengan yang KW bisa sampai sepertiga dari yang ori. Yang KW, sudah bisa ditebak adalah produk Cina yang memang ahli dalam membuat produk tiruan dengan kualitas tak kalah dari yang asli. Sedangkan produk yang asli adalah buatan Italia, tempat kelahiran Arduino, namun kabarnya pabrikasinya juga dilakukan di Cina. So, ini artinya sama-sama produk Cina, kan? Entahlah tapi dari pengalaman yang saya coba, produk Arduino Uno KW atau yang sering disebut juga Arduino Uno Clone, kualitasnya juga tak kalah dari produk aslinya. Beberapa project yang pernah saya tangani dan menggunakan produk clone ini juga relatif baik performanya dalam jangka lama. Tentunya, kondisi lingkungan sistem kendali (suhu, kelembaban, dll) juga akan berpengaruh pada performa sistem Anda.

Kali ini saya akan coba me-review papan Arduino Uno clone yang tipe IC mikrokontroller ATMeganya adalah SMD (Surface Mount Device) alias gepeng. Sebuah IC SMD dapat dengan mudah dikenali dari bentuk fisiknya yang pipih dengan kaki-kaki pinout yang kecil dan langsung disolder pada layer PCB yang sama (bukan bagian bawah). Gambar berikut mungkin akan lebih menjelaskan maksud saya.

Arduino Uno Clone SMD

Ini yang sedikit membedakan dengan Arduino yang tipe DIP (Dual In-line Package) yang bentuk IC mikrokontroller ATMega-nya besar dan dipasang di atas soket IC (tidak disolder). Silahkan lihat gambar di bawah untuk melihat perbedaannya.

Arduino Uno tipe DIP

Jika Anda membeli/memiliki Arduino Clone SMD biasanya yang digunakan sebagai IC komunikasi USB dengan komputer adalah IC CH340. Untuk itu setelah Anda menginstal software IDE Arduino, Anda harus menginstal driver chipset ini agar papan Arduino Anda dapat berkomunikasi dengan laptop dan digunakan untuk mengunggah sketch Arduino. Driver chipset CH430 ini dapat Anda unduh di sini. Jika sudah diunduh, ekstraklah file CH431SER.zip. nantinya akan menjadi folder CH341SER. Di dalam folder tersebut ada file SETUP.exe yang merupakan file instalasi. Double click-lah file tersebut untuk mulai melakukan instalasi. Jika sudah muncul jendela berikut ini, tekanlah tombol ‘INSTALL’

DriverSetup CH340 Arduino

Setelah selesai instalasi driver, seharusnya sekarang sudah muncul port COM Arduino di komputer Anda (bisa dicek di jendela Device Manager di Control Panel). Selanjutnya Anda sudah bisa melakukan kegiatan programming Arduino dengan tipe papan Arduino Uno clone SMD ini.

Yang perlu Anda ketahui, baik Arduino Uno yang tipe DIP maupun SMD, baik yang ori mapun yang clone keduanya tersedia di pasaran. Harganya juga ngga beda jauh (Uno DIP ori dan Uno SMD ori harganya ngga beda jauh sama halnya dengan Uno DIP clone dan Uno SMD clone). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk yang tipe DIP Anda bisa mengganti IC mikrokontrollernya saja jika rusak tanpa harus mengganti keseluruhan papan Arduino, sedangkan kalau tipe SMD, keunggulannya, dimensinya yang kecil sehingga di papan Arduino tampak lebih rapi dan juga harganya lebih murah. Nah, sekarang tinggal bagaimana kebutuhan sistem Anda. Jika Anda berminat pada papan Arduino Clone SMD ini, bisa diorder di halaman berikut.

Incoming search terms:

kekurangan arduino uno, kelebihan dan kekurangan arduino uno, kekurangan arduino, perbedaan arduino uno smd, perbedaan arduino clone dan asli, harga arduino uno asli, kelemahan arduino uno clone, kelebihan dan kekurangan arduino, perbedaan arduino smd dan dip, cara program arduino uno cloning
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!