Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengenal Code Blocks, Free Cross Platform IDE for C/C++/Fortran

Udah pada tau tentang Code::Blocks, belum? Code::Blocks adalah IDE (Integrated Development Environment), yakni lingkungan development terintegrasi untuk pemrograman bahasa C/C++ dan Fortran. Berbagai macam free Compiler tersedia di sana, mulai dari GNU GCC Compiler, Cygwin Compiler, Borland C++ Compiler, sampai dengan compiler untuk mikrokontroller seperti GNU Compiler for AVR, ARM, MSP430, PowerPC, Keil C51 Compiler, IAR 8051 compiler, IAR ARM compiler, dan masih banyak lagi. Semuanya free for use alias open source dan bisa diunduh gratis di situs resminya di http://www.codeblocks.org/.

Code::Blocks ini bersifat multi-platform atau cross-platform, artinya dapat diinstal di berbagai Sistem Operasi seperti Windows, Linux dan MacOS tanpa kehilangan fitur-fitur utamanya. Semuanya akan sama persis di setiap sistem operasi tempat instalannya.

Keuntungan menggunakan IDE ini selain karena opensource adalah ukuran installer dan aplikasinya yang yang ringan (sekitar 30 Mb), output aplikasinya yang sangat lightweight (sekitar 30kb), code editor yang fancy dan useful (tooltip, syntax editor, command lookup, built in debugger, dll) dan masih banyak fitur-fitur lain yang cukup wah untuk ukuran sebuah software open source.

Jika Anda tertarik dengan IDE ini, Anda dapat mengunduhnya di http://www.codeblocks.org/downloads/26. Kemudian pilih installer yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Jika Anda menggunakan Windows (2000/XP/Vista/7/8) saya sarankan pilihlah installer “codeblocks-13.12mingw-setup.exe” karena di dalamnya sudah termasuk compiler-compiler standard. Jadi Anda tidak akan kebingungan mencari compiler-compiler tersebut.

Sebagai pengenalan, jika Anda sudah menginstalnya, Anda akan mendapati tampilan IDE sebagai berikut

code blocks IDE

Sedangkan template aplikasi yang dapat Anda buat dengan Code::Blocks adalah sebagai berikut : (console application, Win32 GUI application, ARM Project, AVR Project, Direct X project, Fortran application, Matlab project, OpenCV project, QT4 project, dan masih banyak yang lainnya. Hmm, cukup menarik, bukan?

contoh aplikasi codeblocks

Dan, berikut adalah contoh Code Editor-nya (dengan contoh) untuk bahasa C

helloworld dengan codeblocks

Demikian sedikit pengenalan untuk IDE Code::Blocks. IDE cukup ampuh sebagai alternatif lingkungan pemrograman untuk bahasa C/C++ dan Fortran, jika Anda menginginkan IDE yang rich features namun free. Untuk artikel selanjutnya akan membahas tentang cara instalasi IDE Code::Blocks ini. Please keep stay tuned on saptaji.com.

Incoming search terms:

contoh sintax code block, codeblocks adalah, aplikasi code block, mengenal aplikasi codeblocks, pengertian aplikasi code blocks, macam codeblok, lazarus code block, idekfetur kros, fortran menggunakan code blocks, contoh undangan dengan code blocks

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!