Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Langkah-langkah Instalasi Code::Blocks, Free IDE untuk C/C++/Fortran

Code::Blocks adalah free IDE untuk pemrograman bahasa C, C++ atau Fortran. IDE ini dikembangkan oleh komunitas open source di www.codeblocks.org, dan dapat digunakan secara gratis bagi siapapun yang membutuhkan. Untuk ukuran sebuah software yang gratis, Code::Blocks ini cukup mumpuni fiturnya. Anda bisa membaca ulasan saya tentang IDE di artikel saya yang terdahulu, Mengenal Code Blocks, Free Cross Platform IDE for C/C++/Fortran

Langkah-langkah Instalasi Code::Blocks

Langkah pertama tentunya Anda harus mengunduh installernya terlebih dahulu di http://www.codeblocks.org/downloads/26. Anda dapat memilih installer yang sesuai dengan sistem operasi pada komputer Anda. Jika Anda menggunakan Windows 7 seperti laptop saya, saya sarankan untuk mengunduh installer codeblocks-13.12mingw-setup.exe karena di dalamnya sudah ada compiler-compiler standard yang dapat langsung digunakan. Jadi Anda tidak akan kebingungan mencari/mengunduh compiler-compiler yang dibutuhkan.

Jika sudah selesai mengunduh installer, langkah kedua adalah memulai menginstalnya dengan cara men-double click file installer tersebut. Berikutnya Anda akan menjumpai jendela sebagai berikut :

instalalsi code blocks - setup

Lanjutkan langkah instalasi dengan menekan tombol ‘Next’. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada beberapa jendela untuk menyetting konfigurasi. Saran saya, tekan aja tombol ‘Next’ untuk mengkonfigurasi Code::Blocks pada settingan default. Jika Anda menemui jendela sebagai berikut, berarti instalasi Code::Blocks sudah selesai. Tekanlah tombol ‘Yes’ untuk segera menjalankan IDE Code::Blocks hasil instalasi Anda tadi.

instalalsi code blocks - sudah selesai

Berikutnya IDE Code::Blocks sudah running. Tampilannya kurang lebih akan begini

tampilan code blocks IDE

Langkah ketiga, Anda harus menyetting compiler yang akan digunakan untuk menterjemahkan kode pemrograman yang Anda tulis menjadi file executable pada target device. Sebagai contoh, jika target device Anda adalah komputer dengan sistem operasi Windows maka compiler yang dapat Anda pilih adalah ‘GNU-GCC Compiler’. Atau misalkan jika target device Anda adalah mikrokontroller keluarga Atmel AVR maka Anda dapat memilih GNU GCC compiler for AVR. Ada banyak pilihan compiler di Code::Blocks, namun yang jelas Anda harus memilih compiler yang sesuai dengan target device Anda.

Compiler settings - code blocks

Untuk memilih compiler yang sesuai dapat dilakukan melalui menu Settings | Compiler. Kemudian pada submenu dropdown ‘Selected compiler’ Anda dapat memilih compiler yang sesuai. Konfigurasi berikutnya yang harus Anda setting adalah ‘Compiler’s installation directory’. Settingan ini terletak pada sub tab ‘Toolchain executables’. Settingan ini dimaksudkan agar Code::Blocks tahu dimana letak (direktori) compiler berada. Anda dapat menekan tombol ‘Auto-detect’ untuk mendeteksi folder compiler secara otomatis.

Sampai langkah di atas, instalasi dan konfigurasi Code::Blocks sudah selesai. Berikutnya saya akan coba menjelaskan bagaimana membuat project baru di Code::Blocks

Memulai Project Baru di Code::Blocks

Untuk memulai project baru di Code::Blocks dapat dilakukan melalui menu File | New | Project. Selanjutnya akan muncul jendela ‘New from template’ sperti gambar di bawah. Sebagai contoh, pilihlah ‘Console Application’ dan tekan tombol ‘Go’

template aplikasi code blocks

Berikutnya Anda dapat memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Sebagai contoh, saya memilih bahasa C.

code blocks-Console application-bahasa c

Berikutnya Anda diminta untuk memberi nama project. Isikan dengan sembarang nama sesuai keinginan Anda.

setting program C di code blocks

Selanjutnya Anda harus melakukan konfigurasi compiler dan debugger untuk project Anda. Tekan saja tombol ‘Finish’ untuk membiarkan settingan pada kondisi default.

setting compiler dan debug program C di code blocks

Setting project baru sudah selesai. Hasilnya dapat Anda lihat di IDE Code::Blocks Anda. Pada jendela ‘Management’ di bagian kiri IDE adalah semacam tree-view untuk project Anda. Cari dan double click file ‘main.c’ untuk membuka source code bahasa C yang tadi Anda define, di Code Editor sebelah kanan IDE. Kurang lebih beginilah tampilannya.

helloworld dengan codeblocks

Secara default, setiap program yang dibuat melalui Code::Blocks akan memuat source code program ‘HelloWorld’, yakni semacam program sederhana (dalam bahasa C) untuk menampilkan tulisan ‘Hello world’ ke jendela console (DOS prompt) di komputer Anda.

Selanjutnya tekan tombol F9 untuk menjalankan program dan melihat hasilnya. Seharusnya tampilannya adalah seperti gambar di bawah.

running program hello world pakai bahasa C di code blocks dan tampilan hasilnya

Selamat, Anda sudah berhasil menginstal, mengkonfigurasi dan membuat program HelloWorld Anda yang pertama menggunakan IDE Code::Blocks. Selanjutnya, IDE ini dapat digunakan untuk membuat program-program yang lain sesuai keperluan.

Incoming search terms:

cara instal code block, cara instal code blocks, cara install code block, cara install code block di windows, cara instal codeblock, cara install codeblock, cara menginstal code block, tutorial instal code block, cara setting compiler code block, yhs-1
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!