Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Menangani SD Card dengan Arduino

Membaca atau menulis di SD Card dengan Arduino relatif mudah dilakukan. Secara internal, Arduino sudah menyediakan library khusus untuk berinteraksi dengan SD Card, yakni library ‘SD.h’. Library ini mampu membaca berbagai tipe SD Card, seperti SD Card, mini SD dan micro SD. Sedangkan dari sisi hardware, Anda akan membutuhkan sebuah modul SD card reader atau SD card reader shield atau SD card reader yang embedded di shield lain. SD card reader yang embedded di shield lain contohnya adalah Ethernet shield yang akan saya gunakan sebagai contoh dalam tutorial kali ini. Tipe SD card yang dapat dibaca di Ethernet shield adalah micro SD.

Sebagai percobaan awal, siapkan Arduino (Uno atau tipe yang lain), Ethernet shield dan tentu saja micro SD-nya :).

ethernet-shield-dengan micro-sd-card-reader

Berikutnya, buka contoh program ‘CardInfo’ melalui menu File-Examples-SD-CardInfo. Upload sketch Arduino tersebut ke papan Arduino Anda.

menangani sd card dengan arduino - card info

Berikutnya buka jendela Serial Monitor pada menu Tools-Serial Monitor. Seharusnya ada tampilan seperti pada gambar di bawah

cardinfo micro sd dengan arduino dan ethernet shield

Cukup mudah, bukan? Hanya dalam waktu kurang dari 5 menit Anda sudah dapat membaca info dari micro SD card Anda, mulai dari tipe SD card (yang saya pake tipenya SDHC), volume type, volume size, sampai dengan membaca file-file di dalam isi micro SD. Inti dari sketch di atas terletak pada variabel bawaan yang digunakan untuk ‘mengorek’ informasi SD card, yakni ‘Sd2Card’, ‘SdVolume’, ‘SdFile’.

Sebagai penutup, pada dasarnya sebuah modul/shield SD Card reader dibaca dengan perantara protokol komunikasi sinkron SPI (Serial Peripheral Interface). Protokol ini membutuhkan setidaknya tiga pin untuk berkomunikasi dengan perangkat pairing-nya, yakni MISO, MOSI dan CLK. Inilah sebabnya dalam sketch yang berhubungan dengan SD Card selalu menyertakan library ‘SPI.h’ selain library ‘SD.h’.  Dan betapa beruntungnya pengguna Arduino, karena sudah disediakan kedua library siap pakai tersebut. Coba Anda bayangkan jika Anda harus menulis library tersebut from the scrath. Hmm, bisa keriting jari Anda he he.

Demikian tutorial kali ini sebagai pengenalan cara menangani SD Card dengan Arduino. Pada tutorial berikutnya akan saya bahas bagaimana membaca dan menulis data di SD Card khususnya micro SD menggunakan Ethernet shield.

Incoming search terms:

rangkai sd card, rangkaian card reader usb, pin pada sd card, materi mp3 shield, cara coding micro sd, deteksi jari dengan arduino code, perbedaan spi dan sd card, penjelasan library SD card arduino, pengertian mikroSD pada ethernet shield, project sdcard reader dengan arduino
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!