Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Burning/Upload Bootloader Arduino dengan USBASP

Beberapa waktu yang lalu, sudah saya bahas mengenai cara burning/upload bootloader Arduino menggunakan board Arduino itu sendiri (menggunakan board Arduino Uno). Jadi ada dua macam Arduino di sini, satu sebagai programmer/burner/uploader-nya, dan yang satunya lagi sebagai target pemrogramannya alias target/tempat bootloader akan diisikan. Silahkan dibaca artikel berikut untuk lebih detailnya.

Nah, kali ini saya akan coba menjelaskan dan mempraktekkan alternatif lain mengupload bootloader ke IC Arduino (ATMega8/168/328). Kali ini saya akan menggunakan board USBASP, yakni semacam alat pengisi program ke IC mikrokontroller. Alat ini sangat popular di kalangan penggemar mikrokontroller karena kompak, harganya relatif murah dan handal. Bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah!. Anda hanya perlu membuat sistem minimum mikrokontroller ATMega8, menambahkan pinout SPI (Serial Peripheral Interface), yakni pin MISO, MOSI dan SCK (ditambah Reset, Vcc dan Gnd) dan mengisinya dengan program USBASP (freeware). Udah, selesai J. Tapi, kali ini saya tidak akan membahas lebih detail tentang USBSP ini, saya anggap Anda sudah memilikinya baik itu beli yang udah jadi atau bikin sendiri. Nantinya, kita akan memanfaatkan USBASP ini untuk mengupload bootloader ke IC Arduino (ATmega8/168/328).

Mengupload bootloader Arduino menggunakan USBASP ini prinsip kerjanya adalah memanfaatkan port komunikasi SPI yang dimiliki IC ATmega baik yang ada di USBASP maupun di IC Arduino target. Kemudian aplikasi IDE Arduino akan ‘menghubungi’ aplikasi/driver USBASP supaya mengupload bootloader Arduino ke papan target. Kurang lebih ilustrasinya sebagai berikut :

ilustrasi upload-burning bootloader arduino dengan usbasp

Alat dan bahan yang diperlukan :

– board USBASP + aplikasi/driver

– board Arduino (Uno) + IC ATMega8/168/328 yang masih kosong (blank) + apllikasi IDE Arduino

– kabel USB (2 bh)

Kemudian rangkai alat dan bahan di atas seperti gambar di bawah :

upload bootloader arduino dengan usbasp

Koneksi kabel :

koneksi icsp arduino utk usbasp

Perhatikan bahwa untuk koneksi SPI saya menggunakan port ICSP di board Arduino dan dihubungkan dengan pin MISO-MOSI di sisi board USBASP.

Dari sisi aplikasi IDE Arduino, yang perlu disetting adalah [1] di bagian menu Tool – Board (pilih sesuai board Arduino yang Anda gunakan) dan [2] menu Tool – Programmer (pilih USBASP)

settingan ide arduino untuk usbasp

Setelah settingan software sudah dilakukan dan koneksi hardware sudah benar, lakukan langkah terakhir dengan memilih [3] menu Tools – Burn Bootloader. Tunggu beberapa saat, dan IC mikrokontroller ATMega Anda sudah siap digunakan sebagai Arduino. Keuntungan menggunakan cara ini adalah lebih ringkas dan cepat dalam menyiapkan alat dan bahan buat burning/upload bootloader daripada cara yang pertama. Selamat mencoba ….

Incoming search terms:

cara menggunakan usbasp, burning program arduino dengan usb asp, cara bootloader arduino, cara menggunakan usb asp, cara sketch arduino dengan usbasp, cara burn bootloader arduino, bootloader dengan usbasp, cara membuat bootloader arduino, cara burn bootloader arduino dengan usbasp, cara bootloader dengan usbasp
25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!