Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Ukuran Kuat Sinyal Handphone dengan dBm dan ASU

dBm ASU adalah satuan kuat sinyal (signal strength) handphone yang menunjukkan penerimaan sinyal dari BTS (Base Transceiver Station) operator terdekat. Secara visual, ukuran kuat sinyal ini direpresentasikan dengan diagram batang (signal bar) yang biasanya ada di pojok kanan handphone Anda. Semakin ‘penuh’ diagram batang berarti semakin kuat sinyal yang diterima, yang artinya semakin dekat Anda dengan BTS operator.

 Antara  dBm dan ASU adalah berbeda. dBm (decibel miliWatt) adalah nilai logaritmik dari satuan ‘miliWatt’ yang menunjukkan ukuran daya yang dalam istilah internasional disebut ‘power’. Sebagai gambaran, 1 miliWatt = 0 dBm, 10 miliWatt=10 dBm. Darimana? Berikut ini adalah rumusnya :

rumus mW to dBm

Watt sendiri adalah satuan internasional (SI) untuk satuan daya/power yang menunjukkan daya suatu besaran secara umum. Sedangkan satuan khusus untuk kuat sinyal handphone lebih banyak menggunakan satuan dBm. Kuat sinyal handphone secara internasional disebut juga RSSI (Received Signal Strength Indicator) dengan besaran -110 dBm adalah ‘no signal’ dan nilai mendekati 0 dBm adalah ‘strong signal’. Tabel berikut menunjukkan klasifikasi kuat sinyal handphone berdasarkan nilai RSSI

tabel rssi dan kategori kuat sinyal handphone

Sekarang bagaimana dengan ASU? ASU merupakan kependekan dari Arbitrary Strength Unit. ASU adalah nilai skalatis yang sebanding dengan kuat sinyal dalam dBm namun dengan skala yang lebih mudah dibaca (0 -99). Coba misalkan Anda dikasih angka -110 dBm dan angka 0 (ASU), kira-kira lebih mudah paham yang mana? He he he. Kalau Anda disuguhi angka -110 dBm tentu otak Anda akan berpikir dua kali lipat, ini rumusnya gimana ya? He he. Tapi kalau Anda dikasih angka 0 dengan skala 0 – 99, tentu lebih mudah memahaminya (eits… jangan salah,  untuk ASU, angka 0 menunjukkan sinyal yang terkuat).

Mengikuti perkembangan dunia telekomunikasi, satuan ASU juga mengalami perubahan. Nilai ASU berbeda-beda pengertiannya sesuai dengan jaringan yang diterima handphone. Nilai ASU untuk jaringan 2G (GSM/GPRS), 3G (UMTS/HSDPA) dan 4G (LTE) adalah berbeda formulanya. Berikut ini adalah rumus penghitungan ASU berdasarkan jaringan operator, yang saya sarikan dari Wikipedia :

Untuk jaringan 2G/GSM/GPRS, nilai ASU merupakan konversi dari nilai RSSI (Received Signal Strength Indicator). Perhitungan ASU di jaringan 2G adalah sebagai berikut:

dBm = 2 × ASU – 113, dengan nilai ASU pada range of 0 sampai dengan 31 dan ‘99’ untuk sinyal yang paling lemah

Sedangkan untuk jaringan 3G/UMTS/HSDPA, nilai ASU merupakan representasi dari nilai RSCP (Received Signal Code Power). Formula ASU di jaringan 3G adalah sbb:

dBm = ASU – 116, dengan nilai ASU berada dalam skala  -5 sampai dengan 91 dan ‘255’ untuk sinyal paling lemah

Untuk jaringan 4G/LTE, nilai ASU menunjukkan perbandingan dengan nilai RSRP (Reference Signal Received Power), dengan rumus :

(ASU – 141) ≤ dBm < (ASU – 140), dengan nilai ‘0’ menunjukkan RSRP < -140 dBM (sinyal lemah) dan angka ‘97’ menunjukkan RSRP > -44 dBm (sinyal kuat)

Demikian sedikit penjelasan tentang ‘dBm’ dan ‘ASU’ dalam dunia telekomunikasi, yang saya sarikan dari berbagai macam sumber di internet. Jadi saya ngga ngarang-ngarang cerita ya he he he. Ohya, jika Anda punya smartphone Android, Anda dapat melihat besaran nilai dBm dan ASU di menu Setting – About Phone – Network. Kurang lebih tampilannya tampak seperti gambar di bawah.

dbm asu di android

Jadi, Anda dapat langsung melihat nilai dBm dan ASU langsung di Android Anda tanpa install aplikasi tambahan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_phone_signal#ASU
http://www.commdevices.com/files/information/cell_signal_101-1431464546.pdf

Incoming search terms:

berapa dbm sinyal yang bagus, kekuatan sinyal dbm, kekuatan sinyal, arti dbm dan asu pada sinyal, dBm asu, apa yang dimaksud dbm dan asu pada sinyal hp, kekuatan sinyal yang baik, kekuatan sinyal hp, dbm dan asu, kekuatan sinyal dbm asu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!