Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Flashing ESP8266 201

ESP8266 adalah sebuah modul serial to WIFI yang low cost namun handal. Modul ini banyak tipenya mulai dari tipe ESP-01, ESP-02, ESP-03, dan seterusnya sampai dengan varian yang terbaru yakni ESP-14. Selain tipe ‘resmi’ di atas ada juga produk dari manufacturer lain namun menggunakan chip IC 8266. Salah satunya adalah ESP 201. Tipe ini memiliki berwarna putih dan memiliki konektor U-FL untuk dihubungkan ke antenna eksternal. Jadi tipe board ESP 201 ini memang keunggulannya dapat dihubungkan dengan antenna luar sehingga pancaran gelombang WIFI-nya bisa lebih jauh.

esp8266-esp-201 konektor antena

Jika kita beli modul ESP 201 ini (dapat dibeli di sini), seharusnya sudah built in firmware, sehingga dapat langsung digunakan. Tapi misalnya suatu saat Anda sedang apes, mungkin karena kelalaian pabrikannya, modul ini seakan ‘bengong’aja, karena memang chip-nya masih kosong (belum ada firmware-nya). Jika mengalami hal semacam ini, jangan khawatir. Mungkin Anda hanya perlu melakukan flash ulang firmware-nya. Bagaimana caranya? Ternyata sangat mudah sekali.  Yang Anda perlukan hanyalah dongle USB to serial TTL-UART yang memiliki pin 3,3 V yang nantinya digunakan sebagai power supply modul ESP-201 (jangan lupa untuk menginstal drivernya terlebih dahulu).

Cara Flashing ESP-201

Berikut ini langkah-langkah flashing firmware ke modul ESP-201:

  1. Download dulu software flashing-nya di sini
  2. Download firmware-nya (default firmware adalah ‘AT firmware’) yang dapat Anda unduh di sini
  3. Susun rangkaian sederhana untuk flashing sebagai berikut: cara flashing esp8266-201
  4. Dari software ‘ESP8266 Flash Downloader’, klik tombol ‘Bin’ dan arahkan ke file ‘v0.9.2.2.AT_Firmware.bin’ (yang tadi Anda donlot). Pastikan nomor port serial (COM port) USB to serial TTL sudah benar (lihat di Control Panel – Device Manager) ESP8266 Flash Downloader
  5. Klik tombol ‘Download’, dan tunggu prosesnya, sampai mencapai angka 99%
  6. Sudah selesai 🙂

Cara Menguji ESP-201

Untuk menguji apakah AT-firmware sudah atau belum, cabutlah terlebih dahulu koneksi Ground dari pin IO0 (koneksi pin yang lain tetap sama). Kemudian bukalah software IDE Arduino (jika belum punya, silahkan unduh di www.arduino.cc). Software Arduino di sini hanya akan kita manfaatkan fitur ‘Serial Monitor’-nya saja, yakni semacam jendela terminal yang dapat membaca/mengirim data serial melalui port COM laptop. Port COM sendiri dapat berupa port serial fisik (sudah jarang ada) atau port COM virtual (misalnya dari USB to Serial-UART).

Baiklah, jika Anda sudah menginstal IDE Arduino, buka jendela Serial Monitor melalui menu Tools – Serial Monitor. Pilih COM dimana USB to serial berada dan atur baudrate-nya di 9600 (agar dapat berkomunikasi dengan ESP-201 yang memiliki baudrate default 9600). Kemudian atur option di bagian bawah jendela menjadi ‘Both NL & CR’ (lihat point 3 gambar di bawah)

esp 201 - esp8266

Kemudian ketik ‘AT’ (harus huruf kapital) di kotak atas jendela (point no 1 gambar di atas) dan tekan tombol ‘Send’ (point no 2). Seharusnya akan ada jawaban ‘OK’ dari ESP-201. Kemudian cobalah berturut-turut berikan perintah ‘AT+GMR’, ‘AT+CWMODE?’ dan ‘ATCWLAP’, dan perhatikan respon yang dikeluarkan ES8266 ke jendela Serial Monitor.

Jika ada ‘jawaban’ dari modul ESP8266-201 seperti gambar di atas, maka modul Anda sudah dinyatakan layak pakai, silahkan dilanjut development sistemnya :). Ohya, untuk penjelasan AT Command di atas dan pemakaian ESP-201 sebagai serial WIFI insya Allah akan saya lanjut pada tutorial selanjutnya.

Incoming search terms:

cara flash esp 8266 dengan usb ttl, cara flash esp8266, cara flashing esp wifi, cara flashing serial wifi esp8266, mengetes esp8266, menggunakan antena eksternal esp8266, menguji esp8266

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!