Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Mengakses WhatsApp via Web

Salah satu aplikasi mobile chatting yang populer adalah WhatsApp. Bahkan kabarnya popularitasnya sudah melebihi BBM (Blackberry Messenger), ‘kakak kelasnya’ yang lebih dulu merajai dunia mobile chating.  Hal ini disebabkan banyak fitur yang dimiliki Whatsapp yang tidak dimiliki BBM, contohnya: member grup bisa lebih dari 30 orang, fasilitas VoIP yang mumpuni, encrypted chat, dan lain sebagainya.

Baiklah, saya tidak terlalu detail membahas tentang rivalitas kedua aplikasi chatting tersebut, tetapi lebih kepada fitur baru Whatsapp yakni ‘web access’ (sekali lagi tidak dimiliki BBM). Dengan fitur ini, kita dapat membuka aplikasi Whatsapp via laptop kita. Dengan demikian banyak sekali kemudahan-kemudahan yang kita peroleh, misalnya:

  1. Membuka chattingan langsung di jendela web browser kita.

Anda tidak perlu bolak-balik membuka laptop dan smartphone Anda. Buat seorang karyawan yang sedang bekerja di kantor, ini pastinya akan sangat membantu, karena Anda bisa bekerja dan chattingan secara multi-tasking, tanpa ketahuan bos 🙂

  1. Mengirim (dan menerima) file, dokumen, foto, video langsung dari laptop

Kadang kita perlu mengirim sebuah dokumen ke relasi kita. Sayangnya, dokumen tersebut ada di laptop, bukan di smartphone yang sedang kita pegang. Dengan cara lama, kita harus secara manual memindahkan dikumen dari laptop ke smartphone menggunakan kabel data, baru di-attach di aplikasi WhatsApp di smartphone, untuk kemudian dikirim via chat.

Nah, dengan adanya fitur web access for WhatsApp ini, serangkaian action di atas menjadi jauh lebih efisien. Anda tinggal pairing WhatsApp antara laptop dan smartphone via web, dan Anda tinggal browse dokumen di laptop, attach, and last, send it!. Fairly simple and easy enough.

  1. Kirim foto selfie dari laptop

Aplikasi WhatsApp via Web ini dibekali dengan javascript yang mampu mengenali hardware kamera di laptop Anda. Anda tinggal memilih widget kamera saja dan klik, tata diri Anda untuk mendapatkan moment terbaik  untuk dikirimkan ke lawan chatting Anda.

Untuk mendapatkan sederet fungsionalitas di atas, Anda harus melakukan sinkronisasi antara laptop dan smartphone terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Buka web browser favorit Anda (i.e : Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dll). Masukkan alamat ‘web.whatsapp.com’ ke dalam address bar browser Anda dan tekan tombol Enter. Sesaat kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:

whatsapp for web

Berikutnya buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. Kemudian cari menu ‘WhatsApp Web’ dengan menekan tombol menu di bagian bawah smartphone Anda. Sesaat kemudian Anda akan diminta untuk men-scan QR code pada gambar di atas.

whatsapp web

Bla bla bla …. Kini antara laptop dan smartphone sudah synchronized, dan sudah bisa menggunakan seluruh fitur WhatsApp di laptop Anda. Tampilannya juga catching-eye.

whatsapp for web - send document

Ohya, hampir lupa, laptop Anda tetap butuh koneksi internet ya…..

Incoming search terms:

cara koneksikan arduino dengan whatsapp, cara mengirim lokasi lewat whatsapp arduino, cara whatsapp lewat arduino, mengirim whatsapp dengan arduino, saptaji com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!