Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Burn Bootloader Arduino di ATMEGA8 menggunakan USBASP+Arduino IDE 1.6.12

ATMega8 adalah salah satu mikrokontroller AVR keluaran Intel yang dulunya sangat populer di kalangan pecinta mikrokontroller. Dulu, IC ini menjadi andalan di dunia kendali digital berkat fiturnya yang sangat populer saat itu, built-in ADC (Analog Digital Converter). Saat ini, sesuai perkembangan jaman, ATMEga8 bertransformasi menjadi ATMega168 dan ATMega328 (16 dan 32 menunjukkan ukuran flash memori dalam satuan Mb) yang sudah beralih rupa menjadi Arduino setelah diisi bootloader Arduino. Apa itu bootloader? Bisa Anda baca di artikel saya yang lalu, Mengisi Sendiri Bootloader Arduino ke IC ATMEGA8/168/328

burn-bootloader-arduino-di-atmega8-menggunakan-usbasp-dan-arduino-ide-1-6-12

Sedangkan pada artikel yang sebelumnya saya tulis, Upload Bootloader Arduino ke ATMEGA8 dengan USBASP, kita sudah mempraktekkan cara mengupload (burning) bootloader Arduino ke ATMega8 menggunakan USBASP. Namun saat itu saya menggunakan Arduino IDE versi 1.6.7. Karena ada beberapa project yang mengharuskan upgrade IDE, akhirnya saya beralih ke Arduino IDE versi terbaru (saat tulisan ini dibuat) yaitu versi 1.6.12. Ternyata ketika saya melakukan burn bootloader ke ATMega8 menggunakan USBASP hasilnya gagal dan muncul error sebagai berikut:

avrdude: error: could not find USB device with vid=0x16c0 pid=0x5dc vendor=’www.fischl.de’ product=’USBasp’

Akhirnya setelah browsing sana-sini, menggabungkan berbagai macam sumber, kini Arduino IDE 1.6.12 saya sudah berhasil mem-burning bootloader ke mikrokontroller ATMega8. Ingin bisa juga? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah meng-update usb driver untuk USBASP dengan versi terbaru yaitu libUSBk. Cara termudah, install saja aplikasi zadig_2.2, bisa di download di web resminya. Jika sudah install pilih menu Options-List All Devices, kemudian pilih driver USBASP Anda dan tekan ‘Replace Driver’. Tunggu beberapa saat sampai driver selesai diinstal. Jika sudah, restart laptop Anda untuk memastikan Windows me-load driver yang baru. burn-bootloader-arduino-di-atmega8-menggunakan-usbasparduino-ide-1-6-12
  2. Sampai langkah di atas, jika Anda coba mem-burn bootloader dengan target board ‘Arduino NG or older’ akan muncul error sebagai berikut:

efuse” memory type not defined for part “ATMEGA8

Oleh karena itu, solusinya kita akan coba mendefinisikan target board baru dengan nama ‘ATMEGA8 OPTIBOOT’. Caranya adalah dengan mensetting ulang konfigurasi file boards.txt dan platforms.txt di folder C:/Program Files/Arduino/hardware/arduino/avr. Silahkan download file saya di

dan paste-kan ke folder di atas. Ada baiknya jika Anda memback-up file aslinya sebelum mem-paste file saya ke folder tadi.

Sudah selesai, mari kita coba mem-burning bootloader Arduino ke ATMega8 menggunakan Arduino IDE versi 1.6.12. Beginilah hasilnya…

burning-bootloader-atmega8-arduino-ide-1-6-12

Jika ada warning ‘avrdude: warning: cannot set sck period. please check for usbasp firmware update‘, bisa diabaikan karena hanya dibutuhkan update firmware di sisi USBASP-nya saja, sedangkan hasil pem-burning-an saya cek normal-normal saja.

Alhamdulillah, berhasil juga. Dengan demikian kita tidak perlu lagi downgrade Arduino IDE kita untuk sekedar backward compatibility ke old USBASP version. Semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi di atas. Ada pertanyaan? Silahkan isi komentar di bawah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!