Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Belajar Arduino Untuk Pemula

Arduino adalah model papan mikrokontroller yang dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipahami, dipelajari, diprogram dan diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Arduino kebanyakan menggunakan mikrokontroller AVR keluarga Intel, namun ada beberapa pula yang menggunakan produk lain semacam ARM (kebanyakan smartphone menggunakan prosesor ini) dan Atheros (misalnya Arduino YUN). Jadi Ada banyak tipe papan (board) Arduino, tinggal kita pilih mana yang sesuai untuk kebutuhan kita.

Pemilihan Papan Arduino untuk Belajar Arduino

Karena tersedia begitu banyak papan (board) Arduino, mungkin Anda kebingungan sendiri mau menggunakan tipe apa. Untuk belajar Arduino bagi pemula, saya sarankan menggunakan papan Arduino Uno, karena tipe ini adalah tipe yang paling compact, memiliki port I/O (Input/Output) baik analog maupun digital yang cukup dan merupakan tipe papan yang menggambarkan ‘Apa sih Arduino itu?’ Jika Anda bertanya seperti itu, Arduino Uno ini bisa menggambarkan secara global penjelasan tentang Arduino.

tipe-papan-arduino-belajar-arduino-bagi-pemula

Langkah-langkah Belajar Arduino untuk pemula

Untuk pemula, newbie, nubie atau apalah sebutannya itu :), langkah pertama, cara terbaik untuk memulai belajar adalah dengan mencari referensi tentang Arduino. Bisa dengan jalan googling atau membeli buku tentang Arduino. Untuk cara yang kedua, saya telah menulis buku yang saya rancang untuk mudah dipahami pembaca terutama bagi pemula dengan judul ‘Mudah Belajar Mikrokontroller dengan Arduino. Buku tersebut dapat di beli di belajar Arduino 

Langkah kedua, tentunya mencari pembimbing yang akan mengajari Anda jika ada kesulitan. Metode pengajaran bisa secara offline ataupun online. Namun untuk praktek/eksperimen elektronik saya sarankan untuk bertatap muka langsung (offline) karena sang pembimbing akan tahu permasalahan (terutama hardware) secara langsung. Saya sedang merancang metode kursus/training Arduino yang tepat untuk membimbing Anda belajar Arduino. Kalau Anda ada masukan, tolong isi komentar di bawah ya….

Belajar Arduino secara Mandiri

Mungkin Anda ingin belajar Arduino sendiri tanpa buku dan pembimbing. Hmm, bisa saja sih, namun Anda perlu belajar ekstra keras untuk mempelajari Arduino. Karena apa? Karena Arduino memadukan fungsi software dan hardware, jadi Anda harus menguasai keduanya. Saya kasih sedikit gambaran mengapa keduanya penting. Ketika Anda memprogram Arduino supaya menyalakan LED pin 2 Arduino misalnya, ternyata LED tidak bisa menyala, padahal Anda yakin source code-nya sudah benar. Ternyata setelah di-troubleshoot, pemasangan LED terbalik antara katoda dan anodanya. Cukup simpel bukan permasalahannya? Simpel tapi buat yang ngga tahu bisa berjam-jam mencari-cari kesalahannya. Nah, di sinilah pengetahuan tentang hardware menjadi sangat penting.

Apakah bisa belajar secara mandiri bisa menguasai Arduino. Tentu saja jawabannya bisa, tergantung kemauan keras Anda. Saya dulu belajar Arduino juga otodidak he he he, tapi saya sudah punya background kuliah di Teknik Elektro, jadi tidak perlu belajar elektro (hardware dan software) dari awal, cukup diambil dasar-dasarnya, dan dihubungkan dengan ‘pola’ Arduino.

Jika Anda ingin belajar Arduino secara mandiri, ini saya kasih clue / tipsnya supaya Anda tidak salah arah. Berikut ini langkah-langkah belajar Arduino secara mandiri:

  1. Pelajari mikrokontroller yang ada di papan Arduino. Karena ada banyak tipe mikrokontroller yang digunakan Arduino, saya sarankan pelajari dulu mikrontroller AVR tipe ATMEGA328. Udah, itu aja dulu, download datasheet-nya disini. Pelajari bagian-bagiannya dan bagaimana mikrokontroller bekerja.

Mikrokontroller adalah pusat kendali digital yang dapat diprogram, yang sudah memiliki memori dan port input output sendiri. Dua poin terakhir yang membedakannya dengan mikroprosesor

  1. Jika Anda sudah paham mikrokontroller, berarti Anda sudah menguasai 50% dari Arduino, karena inti dari Arduino ya mikrokontroller itu sendiri. Arduino hanya mengubah cara kita memprogramnya, mengaplikasikannya dengan cara yang lebih mudah dan fun. Langkah berikutnya adalah mempelajari bagian-bagian papan Arduino. Karena banyak papan Arduino yang tersedia, saya sarankan pelajari papan Arduino Uno dulu. Pelajari memorinya, konfigurasi pin I/O nya baik yang digital maupun analog, tegangan kerjanya, dan semua yang berbau hardware. Sebagai gambaran umum, berikut adalah diagram pinout Arduino. Jika Anda sudah paham gambar di bawah berarti Anda sudah menguasai 25% dari Arduino. diagram-pinout-arduino
  2. Langkah ketiga, tentunya Anda harus mempelajari bagian software Arduino. Pelajari bagaimana cara memprogram Arduino dalam bahasa C, meng-upload program (dalam terminologi Arduino, program disebut sketch), dan pelajari pula bagian-bagian aplikasi Arduino IDE (Integrated Development Environment). Aplikasi tersebut akan memudahkan semua hal yang berhubungan dengan software di Arduino. Aplikasi tersebut dapat Anda download di web resminya. Jika Anda sudah menguasai software Arduino, berarti Anda sudah menguasai porsi 25% skill yang terakhir. software-arduino-ide-belajar-arduino-bagi-pemula

Udah lengkap 100% kan? He he he. Mudah kok, belajar Arduino, yang dibutuhkan hanya kemauan keras untuk belajar. Jika Anda tidak punya hardware Arduino Uno Anda masih dapat mempelajarinya dengan simulator Arduino.

Terakhir perlu saya sampaikan bahwa belajar Arduino adalah ‘seni’ memadukan antar hardware dan software. Jadi Anda harus menguasai keduanya untuk menguasai Arduino. Dan ini juga tidak instan dan membutuhkan proses. Perbanyaklah eksperimen-eksperimen yang nantinya akan terus mengasah kemampuan Anda. Anda bisa melakukannya sendiri, namun jika butuh panduan, Anda bisa beli buku saya. Dalam buku tersebut, sudah saya rancang berdasarkan langkah-langkah di atas untuk memudahkan pembaca menguasai Arduino. Jika Anda tertarik bisa membeli di toko elektronik online. Bisa pula Anda baca resensi dan daftar pustakanya dulu di sini

Atau mungkin Anda ada pertanyaan seputar Arduino, atau tiba-tiba saat belajar Arduino Anda mentok di tengah jalan, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah…

Incoming search terms:

belajar arduino, belajar arduino pemula, belajar program arduino bagi pemula, belajar arduino untuk pemula, belajar arduino uno, tutorial arduino pemula, belajar program arduino, tutorial arduino lengkap, arduino untuk pemula, cara belajar arduino

Leave a Reply

53 Comments on "Belajar Arduino Untuk Pemula"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Supriyadi
Guest

Boleh donk mas diajarin belajar arduino untuk skripsi.. hehehehe

Sidiq
Guest

Mas mau nanya,
Bisa ga kita punya 2 led, kita hidupkan pakai push button, tapi ketika kita tekan push button, yg hidup led 1, trus ketika kita tekan lagi, yg hidup led 2 ,,
Bisa ga bang logaritmanya tuu ?

ansy
Guest

apakah mungkin memanfaatkan tekhnologi arduino untuk menjalankan hair dryer yg 220 volt dengan baterai 12 volt?
jika bisa.. saya ingin bekerjasama sekaligus kursus arduino dari kelas newbie.
saya suka sengan arduino

erick
Guest

Misalnya gini, dengan 1 sensor ultrasonic/cahaya bisa menyalakan 3 dinamo. Tapi, ada jeda waktunya. Dalam waktu 1 detik dinamo pertama menyala lalu mati, lalu 3 detik selanjutnya dinamo kedua menyala lalu mati, lalu 5 detik selanjutnya dinamo ketiga menyala lalu mati.
Atau diganti dinamonya pake ratio tapi sistemnya sama kayak diatas, 1 sensor tapi bisa nyalain 3 dgn jeda waktu yg berbeda. Bisa gk bang?

sidik
Guest

mas saya mau nanya disaat arduino sudah berisi source code trus saya mau upload source code yg baru bsa gak

ROBI
Guest

TERIMAKASIH MAS SUDAH MEMBANTU SAYA

Erwan
Guest

Mas, tolongin dunk, ane newbie, baru beli board Arduino uno R3 untuk belajar. Ketika saya pasang ke PC led “L” warna oren kedap kedip (blinking) dan led power (always) on. Terus saat saya coba lesson one nya Arduino , upload basic example “blinking led” ke board tersebut malah muncul pesan2 eror gitu (gbr sudah di email).
Pertanyaannya apakah board arduino uno yang saya beli tersebut rusak ya ? Atau ini memang hanya masalah biasa yang bisa ditangani ? Makasih mas.

daud
Guest

mas mau nnya .
kalau untuk upload data coding apakah harus memakai usb yg khusus untuk arduino.apakah menggunakan kabel usb untuk printer juga bisa?
terima kasih

mahendra
Guest

Mas Ajie.. Selain Arduino apakah pernah coba yang lain Mas.. seperti ESP32? Kalo pernah saya mau diskusi terkait Indoor positioning dengan BLE beacon. Terima kasih banyak Mas

erdiansyah saputra
Guest

selamat siang mas Ajie, mw tanya… rencana saya ingin membuat IoT dengan arduino uno r3 with ESP8266-01 .. tpi ingin nya terhubung dengan internet, biar saya bisa remote dari jarang jauh .. klw menggunakan server local bisa kah..?/ atw kita harus menggunakan server thingspeak.com untuk server API nya…?? ada solusi kah..?? msing binggung dengan server API nya menggunakan apa yg simple..

Joko
Guest

Pagi mas ajie
Saya ingin belajar arduino
Sebaiknya mulai dari mana ya
Saya suka otak atik elektronika sebagai penggendali (switching).. selama ini sy msh konvensional menggunakan transistor sbg penguat maupun switching
Dengan mikro kontroler mungkin bs lebih praktis… mhn arahan & bimbingan utk startingnya

Nb
Sy cukup mengerti prinsip kerja msg2 komponen
Sy sedikit memahami bhs progran d’base & VB
Maklum angkatan 70.. teknologi jadul

Maturnuwun mas ajie, sukses selalu

jamet
Guest

mas kalo arduino dan sensor ultrasonic terkena air apa kah rusak atau tidak ?

muhammad fikri
Guest

Bang.. aq punya arduino uno sama sensor sidik jari.. ketika q coba hubungkan sama SFGdemo tp selalu fail “open device fail, please check the password and the device address” gmana solusinya bang ?? Apa harus ganti password/address, kalo iya cara melihat/ menggantinya gmana ?? Atau ada cara lain bang ???

Maaf bang saya masih sangat newbe…. dan baru mulai blajar.

Sutarmo
Guest

Assalamualaikum ww
Salam kenal mas……
mas, saya eksperimen copy paste scetch kalo di cek bug tidak ada masalah tapi pada saat di upload selalu Invalid Library found padahal com dan board setting sudah benar..
mohon pencerahannya mas
Wassalamualaikum

Dan
Guest

permisi mas, kalau misal mau buat koin sorter, nanti countingnya pake IR led di tiap slot koin bisa masuk datanya kah di android thx pakai bluetooth apa wifi module bagusnya mas?

wahyudi
Guest

Mas boleh minta email nya

Yulius
Guest

Mau mau tanya, saya newbie di bidang arduino. Saat saya mau coba upload progam contoh, blink. Muncul pesan error,”ser_open():cant open device”\\.\COM1″: The system cannot find the file specified”.
Mohon masukannya. Terima kasih.

sakroni
Guest

selamat siang mas, maaf mau nayak mas, saya punyak tugas akhir membuat mesin pertanyaan menggunakan arduino, nanti cara jawabnya menekan tombol, saya bingung cara menyimpan jawabannya ke kartu memory dimana kartu memorynya itu di simpan atau dimasukka ke dalam SD Card Module mas, secara otomatis saat kita menekan tombol jawaban tersimpan dalam kartu memori mas.
mohon jawabannya dan pencerahannya mas..

Bagas alwi
Guest

Om saya bereksperimen LED berapa kedip menggunakan arduino setelah saya program kok data sketch nya gak bisa di upload ke arduino nya ada tulisan this sketch for arduino/geuino Uno
Padahal saya memakai arduino Uno r3

KEVIN
Guest

saya ingin mengerjakan kerja proyek di sekolah saya tapi saya binggung mau buat apa. apakah anda punya saran untuk saya???

riza
Guest

Saya ibuk ibuk. Punya anak kls 5 SD yg tertarik bljr arduino, untuk proses awalnya bgmn cara yg mudah dia bljr arduino

soni
Guest

link mikrontroller atmega rusak gan

Roland
Guest

Mas bisa kah kalau saya mau rancang ATS dengan menggunakan arduino uno??

hardi
Guest

mas mau tanya gimana kalau sensor suhu bisa membaca tapi pada out put relay tidak bergeming

error: Content is protected !!