Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Memperbaiki Printer HP Deskjet Sendiri

Kebetulan di rumah ada printer HP deskjet seri 1050 J410. Printer ini adalah tipe 3-in-1 printer, yakni printer yang bisa nge-print, scan dokumen dan fotokopi lewat metode, scan dokumen dulu baru dicetak. Cocok buat SOHO (Small Office Home Office) alias UKM. Beberapa waktu yang lalu printer saya ini ngadat alias tidak bisa buat ngeprint. Gejalanya kertas tidak bisa masuk, seperti ada yang mengganjal. Namun, Alhamdulillah setelah melakukan beberapa langkah-langkah berikut, akhirnya printer bisa berfungsi normal kembali

Cara Troubleshoot Printer HP Deskjet Sendiri

Cara memperbaiki pinter HP deskjet sendiri adalah sekedar ‘pertolongan pertama’ untuk printer Anda. Hanya efektif untuk masalah-masalah kecil seperti alignment head, pembersihan bagian dalam printer termasuk cartridge, paper jam, dll. Jika pakai cara ini tidak berhasil, berarti mungkin ada kerusakan hardware di printer Anda sehingga perlu dibawa ke tukang reparasi printer. Cara memperbaiki printer HP deskjet sendiri:

  1. Coba test print melalui menu (Windows 7): Start program – Devices and Printers. Cari printer Anda, klik kanan, pilih menu ‘Printer properties’. Nanti akan muncul jendela baru, cari tombol ‘Print Test Page’ dan klik. Pastikan printer sudah ‘ON’ dan kabel USB sudah terhubung dari printer ke laptop. Seharusnya printer akan melakukan default printing. Tapi jika gagal, berarti memang ada masalah di printer Anda. cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri
  2. Instal aplikasi HP Print and Scan Doctor

Anda dapat men-download aplikasi ini di web resmi HP di http://ftp.hp.com/pub/printers/hppsdr/HPPSdr.exe. Instal dan jalankan aplikasi tersebut. Kemudian berturut-turut lakukan langkah-langkah berikut ini:

 – detect printer

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-detect-usb

– Pilih tombol ‘Fix printing’. Kalau misalnya mau troubleshoot scan tinggal pilih ‘Fix Scan’

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-fix-printing

–  berikutnya aplikasi akan melalukan ‘auto basic check’ semua fungsi printer. Jika ada tanda centang hijau, itu artinya passed alias berfungsi baik. Kemudian pilih tombol ‘Test Print’. Otomatis printer akan melakukan test printer sama dengan langkah 1 di atas.

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-auto-check

– Pilih ‘Evaluate Print’

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-evaluate-print

– Berikutnya perhatikan hasil evaluasi aplikasi terhadap kondisi printer Anda

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-resume

– Berikutnya coba bersihkan printhead (dan cartridge) dan letakkan posisinya sesuai default menggunakan software

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-clean-align-printhead

  1. Jika masih belum berhasil, coba balik printer Anda. Ternyata, di bawah printer ada semacam ‘cover’ yang bisa dibuka-tutup. Buka cover dan cek apakah ada benda ‘mencurigakan’ di sana. Kalau tidak ada coba bersihkan dengan tisu basah. Jika sudah, jangan lupa tutup cover-nya lagi. Sekarang coba test print lagi.

cara-memperbaiki-printer-hp-deskjet-sendiri-cover-bawah-printer-hp-1050-j410

Sementara segitu aja pengalaman saya, namun cara ini cukup berhasil memperbaiki printer saya tanpa harus dibawa ke reparasi printer. Lumayan kan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!