Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Cara Menginstal Driver USB to TTL Converter PL2303

USB to TTL PL2303 adalah sebuah perangkat berwujud dongle usb yang dapat mengubah protokol USB bus menjadi serial TTL/UART (dan sebaliknya). Perangkat ini biasanya digunakan untuk melakukan interfacing antara laptop/komputer (digital) dengan dunia luar (digital/analog). Dengan adanya perangkat konverter semua data digital dari laptop dapat dikeluarkan ke dunia luar dalam level tegangan TTL (0V dan 5V) untuk kemudian diolah mikrokontroller menjadi sesuatu yang lain (menghidupkan lampu, menampilkan data di LCD, mendeteksi penekan tombol, dll).

Konverter USB to TTL ini bentuknya mungil, mungkin sekitar 4 cm x1 cm, dan cukup populer di kalangan hobbiest dan profesional elektronika mengingat kehandalan dan harganya yang cukup ekonomis. Anda bisa cek harganya di toko Online arduino saya, harganya cukup miring dan sangat terjangkau dibanding kompetitornya usb to TTL berbasis chip CH340 atau FTDI. Jual usb to TTL PL2303 klik di sini . Khusus untuk FTDI memang ada tambahan pin DTR dan CTS (dapat digunakan untuk memprogram arduino pro mini)

Cara Menginstal Driver USB to TTL PL2303

Sebagai sebuah perangkat eksternal tentunya konverter USB to TTL ini membutuhkan driver agar functionality-nya terbaca oleh sistem operasi (Windows, Linux, dll). Sebagaimana dapat di-download di web resminya, driver usb tersebut berlaku untuk keluarga PL2303 dengin sufiks HX, HXA, XA, SA, TA dst.  Saya sendiri juga kurang paham maksudnya, he he he.  Anda dapat mendownload driver usb to ttl pl2303 di sini. Untuk sementara baru tersedia driver untuk sistem operasi Windows aja ya, untuk yang Linux saya belum tahu karena kurang familiar dengan sistem operasi tersebut. Untuk menginstalnya juga cukup mudah, tinggal double click aja file installer yang Anda download tadi, kemudian ikuti langkah-langkah instalasinya.

Nah, permasalahannya  ternyata driver di atas tidak support untuk perangkat usb to ttl versi lama. Saya kurang tahu cirinya, tapi jika setelah Anda download driver di atas USB to TTL Anda tidak dapat berfungsi dengan baik (ada tanda pentung kuning di Control Panel-Device Manager), berarti  USB to TTL converter Anda termasuk golongan versi yang lama. Bagaimana langkah-langkah mengatasinya?

Tenaaang, drivernya sudah saya re-upload ke google Drive, buat jaga-jaga kalau misalnya angga ada yang maintain. Silahkan download di sini. Setelah berhasil di download, ekstraklah file tersebut dan mulai instalasi seperti biasa. Klik-klik aja tombol’Next’ sampai instalasi selesai,kemudian cek di Control Panel -Device Manager. Perhatikan ada tanda pentung warning di  ‘Prolific USB-to-Serial Comm Port’ (Com XX)

instalasi usb to ttl pl2303 - warning di device manager

Ini menandakan bahwa perangkat USB Anda belum bisa bekerja alias drivernya ngga cocok. Langkah berikutnya adalah update driver. Simak berikut step by step-nya:

instalasi usb to ttl pl2303 - update driver di device manager

Kemudian ‘Browse my computer for driver software’, dan akan muncul jendela di bawah

instalasi usb to ttl pl2303 - let me pick drivers

Klik ‘Let me pick from a list of available drivers on my computer’ untuk memilih sendiri driver yang support tipe usb versi lama, sbb:

instalasi usb to ttl pl2303 -pilih drivers 2008

Pilih driver yang tahun 2008 seperti pada gambar di atas, kemudian klik tombol ‘Next’

instalasi usb to ttl pl2303 - berhasil

Sudah selesai, installation done, warning tanda pentung kuning sudah hilang, dan konverter usb to ttl sudah dapat digunakan. Jika Anda membutuhkan konverter USB to TTL PL2303 murah silahkan beli di sini

 

Incoming search terms:

cara download driver usb to ttl converter pl2303, drive usb to ttl

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!