Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

USB to ESP01 Adapter untuk Pemrograman ESP8266 – ESP01

Untuk memprogram chip ESP8266 khususnya tipe ESP01 pada dasarnya Anda membutuhkan sebuah USB to TTL module. Anda bisa menggunakan USB to TTL berbasis CH340 atau PL2303. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang Cara Upload Arduino Sketch ke ESP8266-ESP01. Di artikel tersebut dijelaskan tentang cara memprogram ESP-01 dan skema rangkaian uploader/programmer-nya. Perhatikan bahwa di artikel tersebut USB module yang digunakan adalah USB to TTL berbasis chip PL2303 yang menggunakan beberapa kabel jumper yang dikoneksikan ke board ESP-01. Cukup sederhana namun terlihat kurang rapi dan jika Anda jarang menggunakannya, pasti akan malas merakitnya kembali, he he he…..

Buat Anda yang ingin praktis, bisa beli USB to ESP01 adapter berbasis chip CH340 sebagai konverter USB to TTL 3,3V-nya. Modul ini bisa beli di sini. Barangnya cukup kompak dan harganya pun relatif murah. Cuma, sayangnya modul adapter ini hanya didesain untuk komunikasi ke board ESP01 saja. Jadi sebenarnya hanya bisa buat kirim AT command ke ESP01 atau sekedar cek print out karakter (Serial.print/println kalau pakai script Arduino) dari ESP01. Kurang lebih seperi ini bentuk USB to ESP01 adapter

usb to esp01 adapter

Modifikasi USB to ESP01 Adapter

Tapi jangan kuatir dengan sedikit modifikasi Anda sudah dapat mengubahnya programmer EP01 yang sederhana. Caranya cukup menghubungkan pin GPIO0 ke GND saat akan mengupload program ke ESP01 (programming mode), dan melepasnya saat menjalankan program (running mode). Cuma memang Anda masih perlu mereset power saat akan beralih mode, bisa dengan plugout/plugin USB atau dengan mencabut board ESP-nya. Tapi saya pikir cara pertama lebih safe ketimbang cara yang kedua 🙂 .

modifikasi usb to esp01 adapter untuk programming

Untuk mudahnya, Anda bisa menyolder dua buah kabel pendek, satu ke pin GPIO0 dan satunya lagi ke pin GND (Ground) ESP01. Jadi Anda tinggal sambung-putus aja kedua kabel ini sesuai kebutuhan. Kurang lebih jadinya seperti ini:

hasil solder modifikasi usb to esp01 adapter untuk programming

Untuk selanjutnya Anda bisa memprogram ESP01 ini seperti biasa, seperti upload sketch Arduino jika menggunakan software Arduino IDE (bisa lihat di artikel Cara Upload Sketch Arduino ke ESP8266 ESP01 jika belum paham)

Demikian sedikit tutorial sederhana tentang USB Module untuk Pemrograman ESP8266 – ESP01 kali ini, yang pada akhirnya mendatangkan inspirasi baru bagi saya untuk membuat USB to ESP01 adapter sendiri yang sudah support mode programming atau minimal bikin adapter untuk USB to ESP01 di atas supaya bisa mudah melakukan programming tanpa harus menyolder sendiri. Nantikan ya, nanti akan saya publish di blog saya ini atau di toko online saya…

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!