Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Setting WIFI Raspberry Pi Zero W Pertama Kali

Raspberry Pi Zero W merupakan versi upgrade Raspberry Pi Zero yang memiliki modul WIFI. Sedangkan Raspberry Pi Zero sendiri merupakan versi mini dari Raspberry Pi. Spesifikasinya sedikit lebih rendah dari Raspberry Pi diantaranya clock CPU yang ‘hanya’ 1GHz dan RAM yang ‘hanya’ 512 Mb. Jika hanya untuk sistem kendali elektronik tentunya sudah over features, tapi kalau untuk kebutuhan komputasi tingkat tinggi misal untuk mengoperasikan aplikasi Office atau melakukan komputasi DSP (Digital Signal Processing) atau AI (Artifial Intelegence) tentunya Anda harus berhitung ulang.

Saat Anda pertama kali memegang Raspberry Pi Zero W, tentu akan sedikit bingung untuk menyetting WIFI-nya. Bagaimana bisa kita melakukan remote SSH kalau Raspi Zero-nya belum terhubung ke jaringan. Pakai kabel LAN juga ngga bisa karena tidak ada port RJ45 di Raspi Zero W. Kalau Anda punya adapter mini HDMI to HDMI dan micro USB to USB, Anda dapat dengan mudah menampilkan ke layar monitor HDMI Anda (atau TV) dan melakukan aktivitas konfigurasi dengan keyboard atau mouse (harus salah satu karena port-nya juga satu). Kalau mau dua-duanya bekerja tentunya Anda harus punya micro USB extender. Hmm, agak susah juga carinya. Memang agak ribet sih Raspberry Pi Zero ini. Tapi memang Raspi yang ini tujuan utama desainnya adalah simplifikasi, jadi ada beberapa hal yang ‘dikorbankan’ .

Tapi tenang, diantaranya kesulitan tentu ada kemudahan, bukan? 🙂 Ada cara yang sangat mudah yang dapat Anda coba, katakanlah saat Anda tidak punya adapter mini HDMI, tidak punya adapter micro USB, tidak punya monitor HDMI. Caranya sangat mudah, cukup setting konfigurasi WIFI dalam sebuah file dengan nama wpa_supplicant.conf ke dalam micro SD Raspberry Anda, nantinya Raspberry Pi Zero W Anda akan otomatis me-load konfigurasi ini saat booting. Jika access point (AP) WIFI saat itu tersedia dan username/password WIFI-nya benar maka Raspberry Pi Zero W akan otomatis konek ke WIFI AP tersebut. Jika laptop Anda terhubung pula ke WIFI AP tersebut maka Anda dapat langsung me-remote Raspi Anda menggunakan protokol SSH melalui aplikasi Putty atau terminal client yang lain.

Konfigurasi Raspberry Pi Zero W

Untuk teknisnya sebagai berikut:

  1. Masukkan micro SD Anda ke adapter USB to micro SD (kalo yang ini wajib punya ya)
  2. Buat file baru di notepad atau notepad++, isi dengan konfigurasi sbb:

country=ID
ctrl_interface=DIR=/var/run/wpa_supplicant GROUP=netdev
update_config=1

network={
ssid=”nama_ssid_wifi_anda”
scan_ssid=1
psk=”password_wifi_anda”
key_mgmt=WPA-PSK
}

3. ‘Save as’ ke drive micro SD Anda (biasanya drive E:) dengan nama “wpa_supplicant.conf “

4. Masukkan micro SD ke Raspberry Pi Zero W Anda dan booting up raspi Anda

5. Pastikan WIFI AP Anda memberikan IP secara otomatis (DHCP) ke client yang terhubung

6. Untuk mengetahui IP Raspberry Pi Zero W, Anda bisa masuk ke web admin WIFI AP Anda (biasanya 192.168.1.1) atau cara yang kedua bisa menggunakan aplikasi IP scanner (misal Angry IP Scanner) di laptop Anda

7. Jika sudah tahu IP address Raspi Pi Zero, running aplikasi Putty di laptop, kemudian lakukan SSH. Jika ditanya username password ketikkan ‘pi’ untuk username dan ‘raspberry’ untuk password jika Raspberry Anda masih menggunakan settingan default

Selamat, Anda kini sudah bisa me-remote Raspberry Pi Zero W dan bisa segera memprogramnya. Sudah ngga sabar lagi kan? 🙂

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of