Official StoreTekan tombol di atas untuk membeli semua alat dan bahan eksperimen di web ini

Memperbaiki CNC Shield Arduino Nano V4

CNC shield V4 Arduino Nano merupakan sebuah modul atau papan elektronik untuk mengendalikan perangkat CNC (Computer Numerical Control). Shield ini didesain khusus untuk Arduino Nano, jadi kalau misal mau digunakan untuk promini atau Uno sebenarnya bisa, hanya harus disesuaikan pinoutnya. CNC Shield ini sudah memasuki versi 4 (V4) tapi ternyata masih ada kesalahan desain sehingga tidak bisa langsung dipakai dan tidak kompatibel dengan library GRBL (library opensource CNC arduino).

Sebelumnya saya jelaskan cara penggunaanya, ada baiknya saya jelaskan dulu cara memperbaiki shield ini supaya bisa dipakai. Heran juga ya, diproduksi massal dan dijual umum tapi ada kesalahan desain. Berikut ini pin-pin yang harus Anda jumper manual supaya CNC shield V4 ini dapat digunakan

Pada intinya kita akan memaksa pin MS1, MS2, dan MS3 driver motor A4988 ke +5V. Dengan kata lain kita akan mengeset motor stepper ke mode 16 langkah (step) atau 1/16 segmen (mode paling presisi). Jika ada kebutuhan lain bisa Anda sesuaikan secara manual (lihat tabel di bawah)

MS1MS2MS3Microstep Resolution
GndGndGndFull step
5VGndGndHalf step
Gnd5VGndQuarter step
5V5VGndEighth step
5V5V5VSixteenth step

Apakah perbaikan di atas sudah cukup? Ternyata tidak, penderitaan kita belum berakhir :). Masih ada kesalahan lain yang cukup fatal, yakni pin STEP dan DIR driver A4988 tertukar. Duh!

Anda bisa melakukan perbaikan dengan mengubah jalur pcb. Tapi saya rasa ini akan sedikit merepotkan. Lebih baik kita ubah saja di source code library-nya.

Jika Anda belum punya library Grbl, bisa Anda unduh terlebih dulu di https://github.com/grbl/grbl. Jika sudah diunduh silahkan diinstal terlebih dahulu ke Arduino IDE Anda. Kemudian edit file cpu_map_atmega328p.h di folder grbl/cpu_map/ menjadi seperti berikut:

#define X_STEP_BIT 5 // Uno Digital Pin 2
#define Y_STEP_BIT 6 // Uno Digital Pin 3
#define Z_STEP_BIT 7 // Uno Digital Pin 4

#define X_DIRECTION_BIT 2 // Uno Digital Pin 5
#define Y_DIRECTION_BIT 3 // Uno Digital Pin 6
#define Z_DIRECTION_BIT 4 // Uno Digital Pin 7

Duh, fatal sekali yah 🙁 . Saya sebenarnya jual juga sih shield ini, tapi malu juga ngejualnya 🙂 . Tapi buat Anda yang butuh cepat barang yang sudah jadi, bisa beli di sini. Tapi ya itu, Anda masih harus memperbaikinya dengan cara di atas. Ke depannya nanti akan kita buat sendiri CNC shield yang full compatible dengan library grbl. Nantikan ya ….

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x