Tutorial Sederhana LED Pingpong Arduino Uno

Salah satu dosen elektronika pernah berkata mengatakan bahwa “Jangan mau dibodohi dan dibuat capek oleh mesin, karna hanya kita yang bisa merintah mesin”. Mesin dibuat memang untuk memudahkan manusia dimana mesin akan berjalan apabila kita (manusia) memberinya perintah. Hanya saja kelebihan mesin dibanding manusia adalah mesin bekerja dengan proses bisa lebih cepat dari manusia.

Terkadang kita perlu sekali membuat perintah yang sangat panjang dan berulang – ulang untuk mesin. Hal ini sangat kurang efektif dimana yang seharusnya bekerja adalah mesin, tapi kita malah yang capek mengetik perintah yang sama dan berulang – ulang. Nah dalam artikel ini kita akan merancang LED pingpong dan memrogramnya dengan program yang singkat namun tetap jalan dong hehe. LED pingpong sendiri memiliki skenario LED nyala mati berjalan. Salah satu metode dari bahasa C++ untuk perulangan adalah dengan memanfaatkan syntax for. Nah sebelum lanjut ke tutorial nya sebelumnya siapkan alat – alatnya sebagai berikut :

  1. Laptop
  2. Proteus 1.8.10
  3. Arduino IDE

Nah setelah semua alat sudah ready, tanpa basa – basi lagi ke tutorialnya.

  1. Pertama – tama rangkai dulu rangkaiannya di Proteus.

2. Kemudian mulai program arduino nya.

//LEDPingpong.ino
//===Deklarasi Variabel===
char
i,  
led[] = {2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13};

void setup() 
{
    for(i=0; i<12; i++) {
      pinMode(led[i], OUTPUT);
      digitalWrite(led[i], HIGH);
    } //i
    delay(1000);
}//setup

//===Program Utama===
void loop() 
{
  for(i=0; i<12; i++){
    digitalWrite(led[i], 1);        //nyalakan led sesuai kode
    delay(200);
    digitalWrite(led[i], 0);        //matikan semua led
  }//i
  for(i=11; i>=0; i--){             //reverse
    digitalWrite(led[i], 1);       	//nyalakan led sesuai kode
    delay(200);
    digitalWrite(led[i], 0);        //matikan semua led
  }//i
}

Jika dirasa sudah cukup yakin tidak ada error Compile file dan tunggu hingga selesai meng-compile file. Copy saja alamat file .hex yang didapet dari proses Compile. kemudian Paste – kan alamat file ke arduino di Proteus. Setelah itu jalankan dari Proteus dan lihat hasilnya.

Nah sudah berhasil belum? Jika berhasil maka akan muncul 12 LED menyala kemudian setelah 2 detik LED akan mulai program pingpong-nya. Gimana? Menarik bukan?, nah coba sekarang bikin custom program sendiri menggunakan rangkaian yang sama.

Demikian tutorial sederhana LED pingpong Arduino Uno (program ringkas) semoga bermanfaat. Dan juga teruslah mencari trial dan error.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *