Tutorial Membuat Game Tebak Angka dengan Python

Pada tutorial kali ini kita akan membuat salah satu game yang menyenangkan menggunakan bahasa Python. Yaitu game tebak angka. Jadi di dalam game ini kita akan menebak angka yang sudah diacak oleh program kita. Setiap tebakan kita salah, komputer akan memberikan petunjuk apakah angka itu mendekati atau malah menjauh.

Pada materi ini kita akan menggunakan struktur pemilihan dan perulangan seperti:

1. “if else”
2. Perulangan “for”
3. Perulangan “while”

Pertama

Membuat angka acak menggunakan modul “random” yang kemudian dilanjutkan dengan memanggil fungsi randint() untuk mendapatkan angka acak sesuai range yang kita definisikan.

import random

angka_acak = random.randint(1, 100)

Variabel “angka_acak” akan menyimpan hasil angka random.

Agar lebih memperjelas program yang dibuat, kita bisa menambahkan kode seperti ini agar program kita terlihat lebih menarik. Tambahkan di bawah setelah variabel “angka_acak”.

print('=' * 40)
print('Kami telah memiliki angka, silakan tebak!')
print('=' * 40)

Kedua

Membuat batas maksimal permainan, hal ini dilakukan agar saat kita menebak dengan salah, batas permainan tersebut akan terus mengurang sampai batas yang ditentukan. Jika misal kita tidak bisa menjawab sampai 5 kali, maka permainan akan berakhir.

batas_percobaan = 5

Ketiga

Membuat perulangan dan struktur pemilihan. Perulangan pada permainan ini menggunakan perulangan “for” dengan ketentuan perulangan “for” akan berhenti jika batas percobaan sudah habis.

for percobaan in range(batas_percobaan):
    jawaban = int(input(f'\n[Percobaan {percobaan + 1}] Masukkan angka: '))

    if jawaban == angka_acak:
        print('Selamat, tebakanmu benar!')
        break
    else:
        print('Tebakanmu terlalu', 'kecil' if jawaban < angka_acak else 'besar')
else:
    print(f'\nSayang sekali, kamu sudah salah menebak sebanyak {batas_percobaan}x!')

Jika jawaban yang kita pilih terlalu kecil dari angka yang sudah diacak, maka akan menampilkan pesan “Tebakanmu terlalu kecil”. Dan sebaliknya jika tebakan terlalu jauh, maka akan menampilkan pesan “Tebakanmu terlalu besar”.

Kemudian jika semua perintah itu sudah habis dieksekusi, maka dilanjutkan dengan berakhirnya permainan. Dan jika kita berhasil menebak angka dengan tepat, maka permainan akan berakhir.

Hasil program Game Python setelah dijalankan

Di sini kita berhasil menebak angka dengan benar di percobaan yang ke 4. Sungguh seru bukan. Itulah tadi tutorial membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python. Meskipun sederhana setidaknya kita merasa puas bisa membuat game kita sendiri. Sekian tutorial kali ini, sampai bertemu kembali di tutorial selanjutnya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *